Jago Bahasa Inggris dengan Teknik Speech Shadowing

362

Kursus Speaking Bandung – Apakah kamu termasuk orang yang pandai menulis dalam bahasa inggris tapi tidak percaya diri untuk berbicara dalam bahasa inggris karena takut salah.? Jika demikian, maka saat ini kamu sudah berada di tempat yang tepat, karena pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai teknik speech shadowing. Apakah teknik teknik speech shadowing tersebut.? yuk simak selengkapnya sebagai berikut.

 

Apa Itu Speech Shadowing.?

Speech shadowing merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan kelancaran dan penghafalan dalam berbicara menggunakan bahasa inggris. Dengan mengulangi apa yang diucapkan oleh pembicara, kamu bisa menirukan intonasi, ritme dan juga cara penghafalan mereka.

Sederhana, teknik Speech Shadowing ini merupakan terapi wicara untuk meningkatkan kemampuan penghafalan dan kefasihan dalam berbicara menggunakan bahasa inggris secara keseluruhannya.

 

Trik Speech Shadowing yang Efektif

Memang ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menerapkan  teknik Speech Shadowing tersebut, dan berikut beberapa diantaranya.

 

1. Tentukan Native Speaker Favoritmu

Untuk melakukan Speech Shadowing, kamu terlebih dahulu harus menentukan siapa native speaker yang akan kamu tiru cara bicaranya. Kamu bisa memilih native speaker yang sekiranya sudah cukup familiar dengan telinga kamu, yang aksesnya cocok dengan minat kamu dan menyediakan rekaman video yang pas sebagai bahan belajar Speech Shadowing kamu.

Apabila kamu merasa kesulitan dalam menemukan referensi belajar yang bagus, kamu bisa memanfaatkan internet atau youtube untuk mencari rekaman atau video yang pas sebagai bahan untuk belajar Speech Shadowing kamu.

 

2. Pilih Penggalan Video 

Setelah kamu menentukan native speaker yang akan menjadi referensi belajar kamu, maka selanjutnya kamu perlu untuk memilih videomana yang ingin kamu shadow. Ketika kamu menemui video yang terlalu panjang, maka kamu dapat mengambil penggalan dari video tersebut. kamu bisa mengambil bagian video yang hanya berdurasi 1 sampai 2 menit saja.

Jika kamu masih merasa kesulitan dalam mempelajarinya karena durasinya yang terlalu cepat, cobalah untuk menurunkannya, atau memutarnya berulang kali sampai kamu bisa memahami dengan baik apa yang ia ucapkan dan menirunya.

Jika kamu menggunakan platform youtube, maka kamu bisa mengaktifkan subtitle untuk memudahkan kamu dalam memahami pembicaraan.

 

3. Dengarkan Berulang-Ulang Penggalan Video Tersebut

Melakukan pengulangan berkali kali bisa menjadi satu cara yang juga akan sangat membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan Speech Shadowing. Sebelum kamu akan melakukan shadow, sebaiknya cobalah mengulangi video tersebut berkali kali, sampai sekiranya kamu sudah mendapatkan dan menyerap dengan baik materinya.

Mengul;angi video akan membiasakan pendengaran kamu dengan intonasi, atai irama dalam pengucapannya sehingga akan lebih mudah untuk kamu dalam menirunya.

 

4. Gunakan Tahap Jeda Video

Sebagai langkah awal dari shadow, kamu tidak perlu langsung melakukannya secara menyeluruh. Cobalah dimulai dari tahap penyesuaian diri dengan cara melakukannya dalam durasi pendek. Kamu bisa mencoba memutar video selama 10 sampai 15 detik saja dan kemudian pause dan lakukan. Lakukan hal ini secara berulang berkali kali untuk melatih kemampuanmu secara perlahan.

Baca juga Kesulitan Belajar Bahasa Inggris.? Atasi Dengan Trik Ini

5. Lakukan Shadowing Tanpa Pause Video

Apabila dengan metode pause atau meniru dalam durasi pendek sudah mampu kamu lakukan dengan baik, maka tahap selanjutnya kamu bisa melakukannya tanpa adanya jeda pada video.kamu bisa melakukan hal ini secara berkali kali yang sekiranya sudah mampu membuat kamu berhasil shadow tanpa terbata bata dan tanpa ada yang salah dalam pengucapannya.

Dengan melakukan beberapa tahapan tersebut, pastinya masalah dalam  berbicara menggunakan bahasa inggris kamu akan lebih mudah untuk diatasi. Selamat mencoba dan semoga membantu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here