Jangan Salah Pilih, Ketahui Dulu Apa Itu Jurusan Sistem Informasi

490

Kampung Inggris Bandung – Di era teknologi berkembang seperti sekarang ini,, banyak hal yang telah dikemas dalam bentuk digital, mulai di sektor pendidikan hingga bisnis atau usaha. Maka tidak heran jika jurusan perkuliahan yang berkaitan dengan hal tersebut semakin banyak diminati, seperti halnya dengan jurusan sistem informasi. Jurusan sistem informasi ini secara tidak langsung masih memiliki hubungan dengan jurusan Ilmu Komputer dan Teknologi Informatika. Dimana sama sama mempelajari mengenai komputer. Namun meski demikian, tentu jurusan sistem informasi ini memiliki perbedaan dari kedua jurusan tersebut. apa yang menjadi perbedaannya.? Mari kita bahas secara detail.

 

Mengenal Jurusan Sistem Informasi

Sistem informasi atau manajemen informatika ini merupakan jurusan yang akan menggabungkan ilmu komputer dengan bisnis dan juga manajemen. Dimana pada jurusan ini kamu akan belajar bagaimana mengidentifikasi kebutuhan dan proses bisnis perusahaan berdasarkan data. Di jurusan ini, kamu juga akan mempelajari cara merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang berdasarkan dengan data yang telah diperoleh.

 

Mata Kuliah Jurusan Sistem Informasi

Apa materi kuliah yang akan dipelajari oleh para mahasiswa yang duduk di bangku jurusan sistem informasi.? Nah sebelum kamu akan memutuskan untuk memilih jurusan ini sebagai jurusan di bangku perkuliahan nanti, kamu sudah sepatutnya tau materi pembelajaran yang akan kamu terima nantinya.

Di jurusan sistem informasi ini, kamu akan ditempa untuk menjadi seorang yang mampu memenuhi kebutuhan perusahaan atau organisasi tempat kamu bekerja nantinya, sehingga materi yang akan diajarkan akan mengkombinasikan kemampuan manajemen, bisnis dan juga teknologi informasi.

Hasilnya, materi yang akan diberikan tersebut akan membuatmu dapat menjadi seorang yang mampu menjawab kebutuhan pemrograman aplikasi dari perusahaan, administrasi, bisnis hingga akuntansi atau keuangan.

Pada jurusan ini kamu mungkin akan mendapati materi pembelajaran yang akan menyangkut pembelajaran mengenai sistem operasi, aplikasi, jaringan komputer dan juga konsep bisnis dan manajemen.

 

Prospek Kerja Sistem Informasi

Sebagai jurusan yang akan berhadapan langsung dengan perkembangan zaman, akan ada banyak prospek kerja yang dapat dipilih di masa mendatang. Apa saja prospek kerja dari para lulusan sistem informasi ini.? berikut beberapa diantaranya.

 

Computer Engineering

Computer Engineering atau teknik komputer ini juga menjadi salah satu prospek kerja dari para lulusan jurusan sistem informasi. Sebagaimana dalam metode pembelajaran jurusan sistem informasi juga akan mempelajari mengenai ilmu komputer, maka lulusannya juga dapat mendapatkan prospek kerja sebagai orang yang akan berhubungan teknik komputer.

Seorang teknik komputer ini akan bertugas membangun jaringan yang nantinya digunakan untuk transfer data, mengembangkan teknik-teknik membuat komputer agar lebih cepat, mobile, dan lain sebagainya.

 

Data Analyst

Sebagai lulusan dari jurusan sistem informasi, kamu akan memiliki peluang berkarir sebagai Data Analyst atau Business Data Analyst. Seorang Data Analyst ini akan bertugas sebagai pengumpul data yang nantinya dari data tersebut akan dilakukan pengklasifikasian/ pengorganisasian. Intinya, profesi ini akan menjadi seorang analisa data dari sebuah perusahaan yang nantinya akan menjadi informasi yang sangat bermanfaat bagi perusahaan.

Baca juga Pembahasan Lengkap Tentang Kuliah Jurusan Perawat

Database Administrator

Prospek kerja dari lulusan sistem informasi selanjutnya adalah menjadi Database Administrator dimana akan bertugas untuk merancang mengimplementasikan, memaintenance, dan melakukan perbaikan pada database. Untuk menjalani profesi ini, setidaknya kamu memiliki pemahaman dasar mengenai pemrograman, sebab hal tersebut akan dibutuhkan di sini.

Selain dari beberapa prospek kerja tersebut, tentunya masih ada banyak lagi prospek kerja lainnya yang akan menjadi pilihan dari para lulusan jurusan sistem informasi ini. Setelah mengetahui secara detail mengenai jurusan kuliah sistem informasi tersebut, apakah kamu tertarik ingin menjadikannya sebagai jurusan pilihan di masa kuliah nanti.? Apapun pilihanmu, pastikan hal tersebut merupakan pilihan yang sesuai dengan minat kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here