Jangan Sampai Salah! Beberapa Kata dalam Bahasa Inggris yang Masih Sering Salah Pengucapannya

0
246

Kalian pasti sering mendengar kata – kata seperti focus, determine, dan student kan? Nah, apakah kalian sudah benar mengucapkanny?

Banyak sekali orang Indonesia yang sebenarnya tahu makna dari berbagai kata dalam Bahasa Inggris, tapi sayang sekali masih banyak yang salah mengucapkannya. Hal ini bisa menyebabkan kalian sulit untuk dipahami lawan bicara kalian.

Tapi tidak perlu malu! Mari disimak penjelasan beberapak kata dalam Bahasa Inggris yang masih sering salah pengucapannya!

  1. Focus \ ˈfō-kəs \

(fokus)

Kata pertama yang pengucapannya sering salah ialah focus. Seperti yang kalian tahu, kata ini bermakna ‘fokus’ dan pasti kalian sudah sering menggunakannya. Tapi, sayang sekali masih banyak yang mengucapkannya fo-kyus, padahal dibacanya fo-kes (e-nya dibaca seperti e dalam kata ‘jemari’)

  1. Determine \ di-ˈtər-mən \

(menentukan)

Kata berikutnya ialah determine yang berarti ‘menentukan’. Banyak sekali orang yang mengucapkannya deter-MAIN karen pengejaannya yang mirip dengan kata mine. Pengucapannya yang benar adalah di-ter-men (e-disini dibaca seperti ‘e’ dalam kata ‘menari’.)

  1. Student \ ˈstü-dənt \

(murid)

Kata selanjutnya adalah student yang berarti ‘murid’. Karena terdapat huruf ‘u’ yang seringkali dibaca ‘A’ dalam Bahasa Inggris seperti dalam kata under, banyak orang yang berasumsi cara mengucapkan kata student ialah stA-den. Pengucapan yang benar ialah stu-dent dengan huruf ‘u’ dibaca biasa.

  1. Work \ ˈwərk \

(bekerja)

Kalian pasti sudah sangat mengenal kata work yang berarti ‘bekerja’. Tapi tahukah kamu kalau cara mengucapkannya ialah wErk dengan e dibaca seperti ‘e’ dalam kata ‘jemari’. Sedangkan, banyak orang yang mengucapkannya wOrk dengan ‘o’ dibaca jelas.

  1. Walk \ ˈwȯk \

(berjalan)

Kalian pasti sudah tahu kan kata walk berarti berjalan bukan? Tapi tahukah kalian kalau ‘l’ dalam kata walk tidak dibaca? Jadi cara mengucapkannya yang benar ialah cukup wOk yaa.

  1. Hoax \ ˈhōks \

(kabar palsu)

Sekarang ini, kata hoax banyak sekali berseliweran di media sosial. Kata ini memiliki arti kabar palsu atau kabar yang tidak benar. Masih banyak orang yang menyebut kata ini dengan hoAx dimana huruf ‘a’ dibaca dengan jelas. Padahal, cara menyebutkannya yang benar ialah hOks. Jadi, huruf ‘a’ nya tidak dibaca yaa.

  1. Event \ i-ˈvent \ Even \ ˈē-vən \

(kejadian)           (bahkan)

Banyak orang yang masih menganggap pengucapan kedua kata ini sama, padahal berbeda lohh. Untuk event, cara pengucapannya ialah i-vEnt dengan E diucapkan seperti huruf ‘e’ dalam kata ‘merah’.  Sedangkan even, diucapkan diucapkan i-ven dengan ‘e’ dibaca seperti huruf ‘e’ dalam ‘jemari’.

  1. Laugh \ ˈlaf \ Love \ ˈləv \

(tertawa)              (kasih sayang)

Kita semua tahu kalau love berarti kasih sayang. Tapi, apakah kalian sudah mengucapkannya dengan benar? Cara mengucapkan love dengan benar ialah lev dengan ‘e’ dibaca seperti huruf ‘e’ seperti kata ‘jemari.’ Jadi jangan bilang I lOv you lagi ya apalagi I lope you hehe :). Jangan juga mau bilang  I love you tapi mengucapkannya I lAf you, itu mah artinya tertawa.

Nah, sekian penjelasan beberapa kata yang masih sering salah pengucapannya. Jangan sampai salah lagi yaa.

Sumber:

Merriam-webster.com

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here