Jangan Sampai Salah! Ini Dia Perbedaan Jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris

0
168

Jika kamu suka belajar bahasa inggris, mungkin kamu akan berfikir untuk mengambil jurusan kuliah yang berhubungan dengan bahasa inggris. Biasanya ada dua jurusan yang langsung terfikirkan, yaitu sastra inggris dan pendidikan bahasa inggris. Tapi kamu tau ga sih apa beda dari keduanya? Jangan sampai karena kamu salah memahami jurusan ini, kamu jadi mengambil jurusan yang tidak sesuai dengan keinginanmu.

Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas perbedaan jurusan sastra inggris dan pendidikan bahasa inggris. Yuk kita bahas bersama-sama!

  1. Sastra Inggris

Sastra inggris adalah jurusan bahasa inggris yang berfokus kepada pembelajaran kebahasaan-nya. Di dalam jurusan ini kamu akan mempelajari bentuk struktur kalimat, penerjemahaan,  interpretasi yang bisa kita ambil dari suatu kalimat, cerita, ataupun dalam karya sastra lainnya, dan segala hal yang berfokus kepada bahasa itu sendiri.

Nantinya kamu akan memilih penjurusan yang sesuai dengan minatmu, dan setiap kampus memiliki penjurusan yang berbeda-beda. Namun, mata kuliah pasti yang akan kamu pelajari adalah linguistic dan literature. Jika linguistic fokus kepada dunia kebahasaannya, literature berfokus kepada segala hal yang bisa kita lihat dari karya sastra.

Lulusan dari jurusan ini memiliki prospek kerja yang luas. Kamu bisa jadi interpreter, translator, tour guide, diplomat, dan masih banyak lagi. Jadi kalo kamu emang mau fokus ke pembelajaran bahasanya, lebih baik kamu mengambil jurusan ini.

  1. Pendidikan Bahasa Inggris

Sementara itu, pendidikan bahasa inggris lebih fokus kepada dunia keguruannya. Di dalam jurusan ini kamu pasti akan belajar dasar-dasar bahasa inggris seperti mata kuliah reading, speaking, writing, listening, grammar, dan masih banyak lagi. Namun, kamu juga akan mempelajari mata kuliah yang berhubungan dengan keguruan seperti metode mengajar yang baik, kurikulum pengajaran, bagaimana kamu membuat silabus pengajaran, dan segala hal yang berhubungan dengan keguruan.

Biasanya akan ada penjurusan juga di dalam jurusan ini. Kamu bisa memilih fokus pengajaran yang kamu inginkan. Apakah kamu ingin mengajar murid SMP atau SMA. Namun seoerti sastra inggris tadi, penjurusan di setiap kampus pun akan berbeda satu dengan yang lainnya.

Itu dia perbedaan jurusan sastra inggris dan pendidikan bahasa inggris. Kesimpulannya sastra inggris akan fokus kepada dunia bahasa dan sastra nya, sedangkan pendidikan bahasa inggris akan berfokus kepada dunia keguruannya. Jadi kamu lebih minat kemana nih, guys? Boleh isi dikolom komentar ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here