Jenis-Jenis Frasa Bahasa Inggris (Bag 1)  

842
Jenis-Jenis Frasa Bahasa Inggris (Bag 1)  
Jenis-Jenis Frasa Bahasa Inggris (Bag 1)  

Jika pada pembahasan mengenai Frasa Bahasa Inggris yang Sering Digunakan Sehari-Hari, kita telah membahas mengenai beberapa contoh dari frasa. Maka kini, kita akan membahas mengenai  jenis-jenis frasa bahasa Inggris (bag 1). Apa sajakah itu?

Jenis-Jenis Frasa Bahasa Inggris (Bag 1)

Seperti diketahui, fungsi frasa dalam sebuah kalimat yaitu untuk membuat kalimat tersebut menjadi lebih hidup. Dimana secara garis besar, frasa dalam bahasa Inggris terdiri dari 11 jenis. Namun karena keterbatasan waktu, maka dalam pembahasan ini, kita akan membahas beberapa diantaranya saja. Antara lain:

1.Noun Phrase (Frasa Kata Benda)      

Jenis-jenis frasa bahasa Inggris (bag 1) diawali dengan frasa kata benda (noun phrase), yaitu frasa yang didahului ataupun yang diikuti dengan kata benda. Dimana jenis frasa ini bisa berupa objek maupun subjek.

Untuk memahami frasa dengan jenis noun phrase ini, maka kamu bisa menyimak 2 contoh berikut ini. antara lain:

  • My parents built a pretty house tree for me in the background” (kedua orangtuaku membuatkan sebuah rumah pohon cantik untukku di halaman). Dimana frasa “pretty house tree” dikategorikan sebagai kata benda (noun)
  • They who lived in that scary old house are 1 old woman and 1 old man” (mereka yang tinggal di rumah tua menakutkan itu adalah 1 orang perempuan tua, dan 1 orang laki-laki tua). Kata “they” (old woman and man) dikategorikan sebagai subjek

2.Adjective Phrase (Frasa Kata Sifat)

Selain frasa dengan kata benda, dalam frasa bahasa Inggris juga kita mengenal adjective verbs, yang tak lain adalah frasa yang dipimpin oleh kata sifat (adjective). Dimana kata sifat tersebut berfungsi untuk memberikan penjelasan tambahan dari sebuah kata ganti (pronoun), maupun dari kata benda (noun).

Jika kamu masih bingung mengenai jenis  frasa adjective verbs ini, maka kamu bisa menyimak beberapa contohnya berikut ini. Antara lain:

  • she has a seductively beautiful smile” (dia memiliki senyuman indah yang membius)
  • his pretty eyes was make me fall in love” (mata indahnya membuatku jatuh hati)
  • i realize that he was a really good person” (saya menyadari, bahwa dia adalah orang yang benar-benar baik)

3. Adverbial Phrase (Frase yang Berfungsi Sebagai Adverb)        

Jenis-jenis frasa bahasa Inggris (bag 1) yang lainnya yaitu adverbial verbs, yang mana frasa dengan jenis ini berfungsi sebagai adverb. Jika kamu masih bingung mengenai adverbs ini, maka bisa dikatakan, bahwa adverbs adalah gabungan dari verb (kata kerja) dan juga kata sifat (adjective).

adapun  contohnya yaitu:

  • they reads the story book very quickly” (mereka membaca buku cerita dengan sangat cepat). Dimana “very quickly” ini dipakai untuk menjelaskan kata “read
  • the nanny feeds the baby very slowly” (pengasuh menyuapi bayi yang diasuhnya dengan sangat hati-hati. Frasa “very slowly” dipakai untuk menjelaskan kata “feeds

4. Absolute Phrase (Frase Absolut)      

Selain ketiga jenis frasa diatas, jenis lainnya yang mungkin sering kamu temui dalam sebuah kalimat yaitu absolute phrase. Dimana jenis frasa yang satu ini merupakan frasa yang mengandung kata benda (noun), kata ganti (pronoun), maupun kata pengubah (modifiers).

Biasanya, absolute phrase ini tidak mengandung kata kerja utama. Hal inilah yang membedakan antara absolute phrase dengan klausa, meskipun terkadang sering dikatakan sama. Karena memang absolute phrase ini tidak memiliki finite verbs (kata kerja terbatas), yang umumnya memiliki kata kerja utama.

Selain itu, dalam frasa jenis absolute ini, biasanya dipisahkan oleh koma untuk menjelaskan kata benda, kata ganti, dan modifiers tersebut, yang ada dalam kalimat yang sama. Beberapa contohnya seperti berikut ini:

  • she with the book on hand, asleep in the chair” (dia dengan buku di tangannya, tertidur di kursi)
  • when night comes, we go to the cinema” (saat malam tiba, kami pergi ke bioskop)

Itu dia beberapa contoh jenis-jenis frasa bahasa Inggris (bag 1) yang bisa kamu pelajari dalam pembahasan ini. Untuk mengetahui jenis-jenis lainnya dari frasa bahasa Inggris ini, kamu bisa mencari tahu hal itu dalam pembahasan selanjutnya, yang akan kita bahas di lain waktu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here