Jenis-Jenis Frasa Bahasa Inggris (Bag 2)

484
Jenis-Jenis Frasa Bahasa Inggris (Bag 2)
Jenis-Jenis Frasa Bahasa Inggris (Bag 2)

Seperti diketahui, frasa dalam bahasa Inggris terdiri dari 11 jenis. Namun karena keterbatasan waktu, maka pada pembahasan sebelumnya, kita hanya membahas 4 jenis diantaranya saja. Meskipun demikian, kamu tidak perlu khawatir, karena kini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai hal itu dalam ulasan jenis-jenis frasa bahasa Inggris (bag 2) berikut ini.

Jenis-Jenis Frasa Bahasa Inggris (Bag 2)

Sebagai pengingat, dalam pembahasan mengenai Jenis-Jenis Frasa Bahasa Inggris (Bag 1) sebelumnya, kita telah membahas mengenai 4 jenis frasa yang terdiri dari noun phrase, adjective phrase, adverbial phrase, dan juga absolute phrase.

Oleh karena itu, dalam pembahasan kali ini kita akan membahas jenis-jenis frasa lainnya, sebagai lanjutan dari pembahasan sebelumnya. Jenis-jenis frasa bahasa Inggris (bag 2) ini antara lain:

1.Participle Phrase

Jenis frasa yang termasuk ke dalam 11 jenis frasa bahasa Inggris dikenal dengan nama participle phrase. Apa itu participle? Secara umum, participle adalah bentuk present tense, past tense dan juga kata pengubah (modifiers).

Jika kamu masih bingung dengan present tense dan past tense, dalam jenis-jenis frasa bahasa Inggris (bag 2) akan dijelaskan sedikit mengenai hal itu. Dimana present tense merupakan verb yang diberi akhiran “ing” (verb + ing). Misalnya kosakata  “swimming”, “reading”, “cooking”, dan yang lainnya.

Sementara past tense merupakan bentuk kedua dari verb. Misalnya kata “left” dari verb “leave”, “made”  dari “make”, “waved”, dari “wave”, dan masih banyak lagi. Selain menggunakan present  tense, past tense, dan juga modifiers, participle phrase juga biasanya ditandai dengan tanda koma (,). Adapun contoh dari frasa yang satu ini antara lain:

  • Swimming in the deep lake, he began to sink” (berenang di danau yang dalam, dia mulai tenggelam). Dimana “swimming” merupakan present tense, dan “began” merupakan past tense dari “begin
  • The dress she’s wearing, decorated with dozen of pearls” (gaun yang dia pakai, dihiasi dari puluhan mutiara). Dimana “wearing” merupakan present tense, dan “decorated” merupakan past tense dari “decorate

2. Infinitive Phrase

Jenis frasa lainnya selain jenis-jenis frasa diatas yaitu infinitive phrase. Dimana frasa yang satu ini merupakan frasa yang terdiri dari infinitive. Jika kamu belum paham mengenai infinitive ini, maka kamu bisa menyimak penjelasan ini.

Infinitive sendiri merupakan gabungan “to” dan juga verb pertama (to + verb), modifiers dan juga kata yang berhubungan lainnya.

Beberapa contoh dari infinitive phrase ini antara lain:

  • He climb the trees, to save a trapped cat” (dia memanjat pohon untuk menyelamatkan kucing yang terperangkap)
  • the patient takes medicine to get well” (pasien meminum obat agar cepat sembuh)

3. Appositive Phrase

Appositive phrase merupakan salah satu dari 11 jenis frasa yang ada dalam bahasa Inggris, yang digunakan untuk menjelaskan kata benda (noun), maupun kata ganti (pronoun). Adapun contoh dari appositive phrase ini antara lain:

  • Izzan, the architect, is buiding a hall in the city center” (Izzan, si arsitek, sedang membangun sebuah aula di pusat kota)
  • My mother, Mrs Farida, wake me up every morning (Ibuku, yaitu Ibu Farida, membangunkanku setiap pagi)

4. Conjuctional Phrase    

Frasa lainnya yang akan dibahas dalam jenis-jenis frasa bahasa Inggris (bag 2) ini yaitu conjunctional phrase. Dimana jenis frasa konjungsional (conjunctional phrase) ini merupakan jenis frasa yang berfungsi sebagai konjungsi (penghubung). Contohnya yaitu seperti berikut ini:

  • She wants to go to the hospital, provide that you accompany her” (dia mau pergi ke rumah sakit, asalkan kamu mengantarnya). Pada kalimat tersebut, “provide that” merupakan sebuah konjungsi, yang memiliki makna “asalkan
  • I ‘ll go to the bank early, so i dont stand in line” (saya akan pergi ke bank, agar tidak mengantri). Kata penghubung (konjungsi) pada kalimat diatas yaitu “so” yang memiliki makna “agar

Itu dia jenis-jenis frasa bahasa Inggris (bag 2) kali ini. Untuk mengetahui jenis frasa yang lainnya, kamu bisa menyimaknya dalam pembahasan tersendiri, yang akan diberikan segera setelah kamu menyimak pembahasan ini. See you soon!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here