Jenis-Jenis Frasa Bahasa Inggris (Bag 3)

559
Jenis-Jenis Frasa Bahasa Inggris (Bag 3)
Jenis-Jenis Frasa Bahasa Inggris (Bag 3)

Dalam 2 pembahasan sebelumnya, kita telah membahas sedikitnya 8 jenis frasa. Dengan kata lain, ada 3 frasa lainnya yang belum kita bahas. Untuk itu, Anda bisa menyimak jenis-jenis frasa bahasa Inggris (bag 3) di bawah ini, untuk menjelaskan ke-3 frasa tersebut.

Jenis-Jenis Frasa Bahasa Inggris (Bag 3)

Sebagaimana dalam bahasa Indonesia, dalam bahasa Inggris juga dikenal adanya frasa. Namun khusus dalam bahasa Inggris ini, frasa terbagi ke dalam 11 jenis. Dimana 8 diantaranya telah dibahas sebelumnya dalam 2 pembahasan/materi terdahulu.

Dengan demikian, ada 3 jenis frasa lagi yang belum kita jelaskan secara detil. Dimana ke-3 frasa yang dimaksud antara lain:

1.Interjectional Phrase

Jenis-jenis frasa bahasa Inggris (bag 3) ini diawali dengan interjectional phrase. Dimana jenis frasa yang satu ini memiliki lebih dari 1 kata, dan diakhiri dengan tanda seru (!). Biasanya, jenis frasa interjectional phrase ini digunakan untuk mengungkapkan perasaan ataupun emosi.

Contohnya yaitu seperti berikut ini:

  • Too bad! i was going to take you to lunch, if you dont decide go out this afternoon” (sayang sekali! tadinya saya akan mengajakmu makan siang, jika kamu tidak memutuskan untuk pergi siang ini)
  • Proud of me! my son won gold medal in math olympiad” (bangganya saya! anak saya memenangkan medali emas pada olimpiade matematika)

2. Prepositional Phrase

Selain interjectional phrase, jenis-jenis frasa bahasa Inggris (bag 3) yang lainnya yaitu prepositional phrase. Jika sebelumnya kamu menyimak materi mengenai Kaidah Penggunaan Preposisi In, On, dan At dalam bahasa Inggris, pastinya kamu sudah mengetahui apa itu yang dimaksud dengan preposisi, bukan?

Dimana preposisi ini bisa berupa in, on, at, by, dan yang lainnya. Dengan kata lain, prepositional phrase ini merupakan salah satu jenis frasa, yang terdiri dari preposisi objek, serta kata lainnya yang masih berkaitan dengan objek.

Khusus untuk penggunaan objek, dalam prepositional phrase ini, objek tersebut bisa berupa kata benda (noun), maupun kata ganti (pronoun). Bukan hanya itu saja, selain menggunakan preposisi, jenis prepositional phrase ini juga bisa dibuat dengan menambahkan modifiers pada kalimat. Tujuannya tak lain adalah untuk memodifikasi objek.

Beberapa contoh dari prepositional phrase ini antara lain:

  • I put that book on the table” (saya menaruh buku tersebut di atas meja)
  • My mother was baking the cookies in the oven” (ibuku sedang memanggang biskuit/cookies di oven)
  • By coming home late, you wont get dinner” (dengan pulang terlambat, pastinya kamu tidak akan kebagian makan malam)

3.Gerund Phrase         

Jenis frasa lainnya, yang merupakan frasa terakhir dari 11 jenis frasa bahasa Inggris dikenal dengan nama gerund phrase. Dimana jenis gerund phrase ini terdiri dari gerund, modifiers, dan juga kata lainnya yang  berkaitan.

Jika kamu belum mengetahui mengenai apa itu gerund, bisa dibilang gerund adalah gabungan dari verb dan juga “ing” (verb + ing). Dimana gerund ini biasanya berupa kata benda. Baik itu kata benda berupa objek, maupun subjek.

Untuk lebih memahami mengenai gerund phrase ini, maka kamu bisa menyimak 2 contoh berikut ini. Antara lain:

  • Reading book in the dark, will make your eyes quickly damage” (membaca buku di kegelapan, akan membuat matamu cepat rusak)
  • His hobby is fishing in the lake” (hobinya adalah memancing di danau)

Itu dia 3 jenis frasa yang termasuk ke dalam jenis-jenis frasa bahasa Inggris (bag 3), yang juga menjadi 3 frasa terakhir dari 11 jenis frasa bahasa Inggris. Dengan menyimak materi ini dan 2 materi sebelumnya mengenai jenis frasa bahasa Inggris ini, semoga bisa membantumu dalam membuat frasa bahasa Inggris, yang disesuaikan dengan jenisnya masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here