Apa Itu IELTS ? Jenis Tes, Biaya, Kegunaan dan Kemampuan Yang Diujikan

5
701
mytrustedtutor com

IELTS adalah salah satu jenis tes bahasa inggris standar internasional yang diselenggarakan oleh beberapa lembaga dari Inggris dan Australia. Kini penyedia tes IELTS resmi telah tersebar ke seluruh dunia.

IELTS merupakan singkatan dari International English Language Testing System. IELTS diselenggarakan oleh Cambridge University, British Council dan IDP Educational Australia. IELTS berdiri sejak tahun 1989 dan hingga sekarang menjadi jenis tes yang paling banyak dipakai di universitas-universitas dunia terutama di eropa dan negara persemakmuran inggris.

IELTS mempunyai dua jenis tes yaitu ;

– IELTS Academic Version, tes IELTS ditujukan kamu yang bertujuan untuk melanjutkan studi dan ingin mendaftar di universitas dan lembaga pendidikan tinggi lainnya. Serta bagi para ahli atau profesional seperti tenaga kesehatan dokter dan perawat yang ingin praktek di negara-negara erpa dan persemakmuran inggris yang berbahasa Inggris.

– IELTS General, tes IELTS ini ditujukan bagi kamu yang berencana untuk melakukan pelatihan-pelatihan non-akademik atau untuk mendapatkan pengalaman kerja, magang atau untuk tujuan imigrasi ke negara-negara yang menggunakan bahasa inggris.

Sertifikat hasil tes IELTS akan diterima oleh sebagian besar lembaga pendidikan dan non pendidikan di berbagai negara seperti Inggris, Australia, Selandia Baru, Kanada, Irlandia,  Akademik Afrika Selatan dan hampir seluruh negara-negara eropa, lebih dari 2.000 lembaga atau institusi akademik di Amerika Serikat, dan berbagai organisasi-organisasi profesi. IELTS juga menjadi syarat jika kamu ada hal-hal yang berkaitan dengan imigrasi ke Australia, Selandia Baru dan Kanada.

Baca Juga :
15 Jenis Pertanyaan Beasiswa LPDP Yang Sering Ditanyakan 2017
5 Tips dari Direktur LPDP Agar Lolos Seleksi Beasiswa Luar Negeri
Apa Itu TOEFL ? Jenis Tes, Biaya, Kegunaan dan Kemampuan Yang Diujikan
Apa 6 Hal Perbedaan TOEFL dan IELTS ? Jenis Tes, Biaya, Kegunaan dan Kemampuan Yang Diujikan

Untuk kamu yang ingin melanjutkan studi ke universitas yang ada di luar negeri, minimal score IELTS yang harus dicapai adalah berkisar 6,0 hingga 7.0 bagi peminat program pascasarjana tergantung universitas dan tergantung jenjang yang mau ditempuh (Studi S1, S2 atau S3).

Kamu yang akan mengambil tes IELTS biasanya diminta untuk melengkapi lembar ujian dan form jawaban berkenaan dengan empat ketrampilan yaitu listening, reading, writing dan speaking. Setelah melaksanakan tes IELTS, kamu yang sudah daftar dan telah melaksanakan ujian IELTS tersebut akan menerima sertifikat laporan skor IELTS. Skor tertinggi pada IELTS bernilai 9, yang artinya orang tersebut benar-benar mampu dalam semua bidang yang diujiankan.

Lama waktu ujian IELTS rata-rata selama 2 jam 45 menit. Biasanya tes akan terbagi dua tes listening, reading dan writing di jadwal tes yang sama kemudian tes speaking di waktu sesi tes yang berbeda.

Biaya tes IELTS sekarang ini berkisar 2,5 hingga 2,6 juta tergantung daerahnya.

Bagi kamu yang ingin melaksanakan ujian IELTS kamu bisa mendaftar di lembaga british council, IDP atau lembaga kursus TBI yang ada dikota besar terdekat dari tempat tinggal kalian. Pada umumnya universitas yang mempunyai balai bahasa yang besar juga mengadakan tes IELTS juga dan kalian bisa mencoba menghubungi balai bahasa universitas terdekat.

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here