Apa Itu TOEFL ? Jenis Tes, Biaya, Kegunaan dan Kemampuan Yang Diujikan

4
1004
townews com

TOEFL adalah jenis tes bahasa inggris yang mengujikan kemampuan listening, structure dan reading. TOEFL singkatan dari Test of English as Foreign Language, merupakan salah satu layanan tes yang terdaftar dari lembaga Educational Testing Service (ETS) sudah berdiri sejak 1947 dan berpusat di New Jersey, Amerika.

TOEFL adalah tes untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris bagi orang yang (di daerah/negara) tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasional atau ibu (non-English native speaker). TOEFL diperlukan baik untuk tujuan akademik dan pekerjaan serta hal umum lainnya (yang berhubungan dengan hal-hal berkenaan dengan pendidikan misal untuk syarat masuk kuliah di dalam ataupun luar negeri, atau umum misal melamar pekerjaan).

Layanan ETS lainnya yang mungkin kamu kenal atau sering dengar adalah TOEIC (Test of English for International Communication) sebuah tes yang mirip dengan TOEFL dimana tes ini biasanya diperlukan untuk syarat bekerja di luar negeri jika bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa pengantar bisnis disana.

TOEFL di Indonesia mempunyai beberapa jenis yang paling sering diminati tesnya :

1. TOEFL ITP (Institutional Testing Program) merupakan jenis TOEFL yang tesnya menggunakan media cetak berupa kertas sebagai tempat soal dan jawabannya atau disebut juga Paper Base Test. Pada tes ini yang diujikan adalah listening, structure dan reading dengan bentuk soalnya semua pilihan ganda.

TOEFL ITP ini yang paling banyak menjadi syarat beasiswa di Indonesia LPDP (dalam negeri), DIKTI dan untuk melamar kerja di BUMN hingga tes CPNS. Tes ini berlaku dan layanan tesnya ada di seluruh lembaga bahasa Inggris di Indonesia.

Tahun 2017 ini biaya layanan tes ini adalah 30 dollar USD atau sekitar 400ribu namun biasanya ada penambahan biaya sekitar 40 sampai 75 ribu disesuaikan dengan daerahnya.

Baca Juga :
5 Tips dari Direktur LPDP Agar Lolos Seleksi Beasiswa Luar Negeri
15 Jenis Pertanyaan Beasiswa LPDP Yang Sering Ditanyakan 2017
Apa Itu IELTS ? Jenis Tes, Biaya, Kegunaan dan Kemampuan Yang Diujikan
Apa 6 Hal Perbedaan TOEFL dan IELTS ? Jenis Tes, Biaya, Kegunaan dan Kemampuan Yang Diujikan

2. TOEFL-IBT (Internet Base Test) yaitu jenis TOEFL yang tesnya menggunakan komputer dan jaringan internet sebagai tempat soal dan jawabannya. Tes ini menggunakan komputer tanpa kertas yang tesnya langsung terhubung dengan website ETS dari Amerika. Tes ini bisa di Indonesia (terutama kota-kota besar) dimana saat kamu tes didepan komputer kamu akan langsung diawasi oleh pengawas lokal.

Pada tes TOEFL IBT ini yang diujikan adalah listening, reading, writing dan speaking. Tentunya hal ini sangat berbeda dengan TOEFL ITP karena di TOEFL ITP hanya ada tes listening, structure dan reading.

TOEFL IBT ini yang paling banyak menjadi syarat beasiswa atau melanjutkan studi ke Amerika. Khusus di Indonesia TOEFL IBT dijadikan juga syarata beasiswa LPDP dan DIKTI luar negeri khusus ke Amerika.

Tahun 2017 ini biaya layanan tes ini adalah 180 dollar USD atau sekitar 2,4 juta namun biasanya ada penambahan biaya sekitar 40 sampai 75 ribu disesuaikan dengan daerahnya.

3. TOEFL Versi Lokal oleh Lembaga Kursus / Balai Bahasa. Dalam hal ini setiap lembaga kursus umum dan balai bahasa perguruan tinggi pada umumnya mempunyai sejenis tes TOEFL versi lokal misalnya ada yang bernama PTSOL, EPT dan ELPT. Yang diujikan sama yaitu kemampuan listening, structure dan reading.

Namun ini adalah sejenis tes TOEFL yang dibuat oleh lembaga lokal dan tidak berlaku internasional. Tujuannya adalah untuk keperluan dilingkungan universitas tersebut saja tidak bisa untuk dilampirkan dalam syarat studi atau kerja di dunia internasional.

Tahun 2017 ini biaya layanan tes ini adalah sekitar 75ribu hingga 100ribu dan disesuaikan dengan perguruan tinggi dan daerahnya.

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here