Jenjang Karir bagi Lulusan Jurusan Bahasa Inggris

0
14
Jenjang Karir bagi Lulusan Jurusan Bahasa Inggris
Jenjang Karir bagi Lulusan Jurusan Bahasa Inggris

Bagi kamu yang saat ini tengah menempuh pendidikan di jurusan bahasa Inggris, namun masih bingung mengenai jenjang karir kamu nantinya. Mungkin informasi mengenai jenjang karir bagi lulusan jurusan bahasa Inggris berikut ini bisa membantumu.

Jenjang Karir bagi Lulusan Jurusan Bahasa Inggris

Jika kamu berpikir bahwa jenjang karir bagi lulusan jurusan bahasa Inggris hanyalah sebagai pemandu wisata (guide) saja, dan tidak bisa menempati posisi yang lebih tinggi lagi, maka kamu salah besar. Karena ternyata, lulusan jurusan bahasa Inggris ini juga memiliki jenjang karir yang bisa dibilang sangat cemerlang, dan menjanjikan.

Apa saja jenjang karir yang dimaksud? Ini dia diantaranya:

1.Guide Menjadi Translater

Jika kamu mengawali karirmu dari seorang pemandu wisata (guide), namun jika kamu bisa terus mengasah kemampuanmu, maka tidak menutup kemungkinan, nantinya kamu bisa menjadi seorang translater (penerjemah).

Apalagi jika jumlah kosakata (vocabolary) dan grammar yang kamu kuasai cukup banyak. Bukan tak mungkin, jika nantinya, kamu diundang ke berbagai forum internasional, maupun konferensi pers, untuk menjadi penerjemah bahasa Inggris. Hanya saja, untuk menempati posisi tersebut, kamu perlu jeli dalam melihat setiap kesempatan yang ada.

2. Pengajar Kursus Bahasa Inggris Menjadi Guru Sekaligus Dosen Bahasa Inggris

Bagi kamu yang memilih untuk pengajar bahasa Inggris setelah kamu lulus jurusan kuliah bahasa Inggris. Khususnya yang memilih untuk menjadi guru bahasa Inggris. Maka jenjang karir bagi lulusan jurusan bahasa Inggris yang bisa kamu raih nantinya yaitu menjadi guru bahasa Inggris di sekolah-sekolah. Jika memungkinkan, kamu bisa melanjutkan pendidikan, hingga menjadi dosen bahasa Inggris di berbagai universitas.

3. Penulis dan Jurnalis Menjadi Editor

Jenjang karir lainnya yang bisa diraih oleh lulusan jurusan bahasa Inggris yaitu menjadi editor bahasa Inggris. Hanya saja, jenjang karir tersebut bisa kamu capai bilamana sebelumnya kamu menggeluti profesi sebagai penulis maupun sebagai jurnalis bahasa Inggris. Namun bagi kamu yang memiliki hobi menulis, dan kebetulan merupakan lulusan bahasa Inggris, maka profesi sebagai penulis dan jurnalis bahasa Inggris bukanlah hal yang sulit.

4. Reporter Berita Menjadi Anchor

Seorang reporter yang seringkali mencari berita dan juga melaporkan berita dalam bahasa Inggris, akan memiliki kesempatan untuk berkarir sebagai anchor di berbagai tv internasional, maupun tv nasional yang khusus menayangkan berita-berita berbahasa Inggris.

Meskipun mungkin, jenjang karir menjadi anchor ini tidaklah mudah. Namun bagi kamu yang memulai karirmu sebagai reporter berita dalam bahasa Inggris. Khususnya yang kamu lakukan setelah kamu lulus kuliah bahasa Inggris. Maka hal tersebut ini bisa menjadi langkah mudah bagimu untuk mendapatkan promosi, sebagai seorang anchor bahasa Inggris.

5. Public Relation Menjadi Pekerja Budaya Internasional, maupun Sebagai Staf Diplomatik

Meskipun jenjang karir bagi lulusan jurusan bahasa Inggris ini tidaklah mudah untuk dicapai. Namun bagi kamu yang merupakan lulusan jurusan bahasa Inggris, dan memiliki kemampuan dalam hal berkomunikasi (public speaking), maka kamu bisa mengawali karir sebagai public relation.

Dimana nantinya, jika skill public speaking dalam bahasa Inggris yang kamu miliki terbilang bagus, maka kamu bisa mencoba untuk melamar sebagai pekerja budaya internasional, yang akan diberangkatkan untuk mewakili Indonesia, ke berbagai forum budaya internasional.

Lebih jauh lagi, kamu juga bisa melamar menjadi staf diplomatik, yang mana dengan profesi tersebut, yang ditunjang dengan skill public speaking dalam bahasa Inggris yang kamu miliki, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk berbicara di forum-forum internasional.

Apakah kamu ingin mencapai jenjang karir yang telah disebutkan diatas? Untuk mencapai jenjang karir tersebut, langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu dengan meningkatkan kemampuan grammar dan kosakata (vocabolary) dalam bahasa Inggris.

Bila perlu, kamu bisa menggunakan salah satu dari 3+ Aplikasi Grammar Bahasa Inggris dengan Pengguna Terbanyak. Khususnya yang digunakan oleh orang-orang yang tengah belajar bahasa Inggris. Sehingga saat kamu lulus kuliah nanti, kamu bisa memulai karirmu dengan mudah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here