Jurusan Bahasa Inggris, dengan Peluang Karir Mendunia

632

Kampung Inggris Bandung – Bahasa inggris merupakan bahasa terbesar di dunia, dan bahkan bahasa inggris menjadi bahasa yang kerap kali digunakan dalam berkomunikasi dengan warga negara asing di belahan dunia. Tidak heran jika dengan menguasai bahasa inggris akan membuka peluang yang cukup lebar untuk jenjang karir yang  dapat diambil selepas kuliah nanti.

 

Prospek Kerja Lulusan Bahasa Asing dan Sastra Inggris

Banyak yang beranggapan bahwa mengambil jurusan bahasa inggris di bangku perkuliahan tidak memiliki prospek kerja yang bagus, padahal lulusan bahasa asing seperti halnya dengan sastra inggris memiliki projek yang justru menanjikan. Mengingat bahasa inggris merupakan bahasa yang digunakan di seluruh dunia, maka ada peluang yang sangat bagus. Apa saja prospek lulusan kuliah bahasa inggris.? Simak berikut beberapa diantaranya.

 

Pengajar

Menjadi lulusan jurusan bahasa asing seperti bahasa inggris, tentu akan memiliki peluang  yang besar untuk dapat menjadi seorang pengajar, seperti guru, dosen, maupun instruktur kursus. Bukan hanya dapat menjadi pengajar bahasa asing  di indonesia saja, namun juga dapat memiliki kesempatan untuk dapat menjadi pengajar bahasa indonesia untuk para penutur bahasa asing yang sedang mendalami bahasa indonesia. 

 

Editor / Penyunting Bahasa

Dengan perkembangan industri, media cetak dan digital, kebutuhan akan penulis dan editor terus meningkat. Terlebih lagi, ada banyak sekali yang saat ini masih menggunakan terjemahan untuk naskah atau karya tulis yang menggunakan bahasa mancanegara ke bahasa indonesia. 

Hasil terjemahan tools, tau aplikasi tenut tidak akurat, beda halnya jika diterjemahkan oleh orang yang fasih dalam berbahasa inggris dengan hasil translate yang akurat lebih besar. Nah disinilah peluang karir bagi para lulusan bahasa inggris yang dimana dapat menjadi editor atau penyunting bahasa dalam sebuah karya tulis.

 

Penulis

Seorang dengan kemampuan bahasa inggris yang baik juga akan memiliki kesempatan untuk menjadi seorang penulis. Saat ini, profesi seorang penulis dalam bahasa inggris memiliki rate yang lebih tinggi dibandingkan dengan penulis bahasa indonesia, karena seorang penulis dalam bahasa inggris di indonesia belum begitu banyak maka ada peluang yang akan terbuka lebar bagi anda seorang lulusan jurusan bahasa inggris.

 

Pustakawan Akademik

Bagi Anda yang suka dengan buku atau dunia akademik, maka profesi yang satu ini sangat cocok untuk anda. Pustakawan akademik bertanggung jawab dalam pelajaran akademis dengan cara mengembangkan pengetahuan khusus seperti dalam pengembangan sistem TIK di berbagai macam proyek perpustakaan.

 

Penerjemah

Salah satu profesi yang sudah sangat identik dengan para lulusan bahasa inggris adalah menjadi penerjemah.tidak jarang, para warganegara asing yang kerap membutuhkan penerjemah ketika mereka datang ke indonesia, baik untuk keperluan liburan, pekerjaan, bisnis dan lain lain. Dengan kemampuan fasih berbahasa inggris, pastinya anda dapat mengambil peluang untuk menjadi seorang penerjemah atau yang kerap disebut dengan kamus berjalan.

Baca juga Psikologi, Jurusan Kuliah dengan Peluang Karir yang Menjanjikan

Asisten Editorial

Pertumbuhan penerbitan digital yang saat ini terus meningkat, membuka kesempatan yang lebih besar untuk dapat menunjang karir di bidang ini, terlebih bagi para lulusan bahasa inggris. Dengan kemampuan berbahasa inggris yang baik dan benar, anda dapat menjadi asisten editorial, di mana tugasnya adalah mendukung para staf editorial senior di bagian administrasi, perencanaan dan produksi buku, majalah, jurnal, maupun materi online.

Dari beberapa prospek tersebut, pastinya masih ada banyak prospek lain yang dapat diraih oleh para lulusan kuliah dengan jurusan bahasa inggris. Dengan gambaran peluang karir bagi para lulusan bahasa inggris tersebut, apakah anda tertarik ingin  mengambil jurusan tersebut? apapun jurusan perkuliahan yang akan anda ambil, pastikan jika hal tersebut disertai dengan minat yang tinggi, karena minat tinggi akan membuat kinerja belajar jadi lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here