Jurusan Biologi, Karir dalam Bidang Kesehatan, Lingkungan, dan Penelitian

463

Kursus Toefl Bandung – Pada dasarnya, biologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari mengenai Ilmu Pengetahuan Alam yang mengkaji tentang sel, struktur organ, fungsi organ, dan berbagai fenomena yang terkait dengan makhluk hidup. Lebih dalamnya, biologi juga akan mencangkup pembelajaran dalam memahami tentang sel, struktur organ, fungsi organ, keragaman, perkembangan, hingga evolusi makhluk hidup.

Ketika menginjak bangku perkuliahan pada jurusan biologi metode pembelajaran akan menyangkut hal hal dasar namun lebih dalam dan mendetail., sehingga mata perkuliahan jurusan biologi akan terbagi menjadi beberapa cabang ilmu pengetahuan seperti Bioteknologi, Biologi Molekuler, Genetika, Histologi, Paleontologi, dan Evolusi.

 

Jurusan Biologi dengan Peluang Karir yang Luas

Bagi anda yang mungkin penasaran apa saja yang prospek kerja yang dapat diperoleh bagi para lulusan biologi ini, simak jawabannya sebagai berikut.

 

1. Ilmuwan di Perusahaan

Seorang lulusan biologi akan memiliki peluang kesempatan untuk bekerja sebagai ilmuwan di perusahaan. Sebagaimana seperti yang kita ketahui, saat ini banyak perusahaan yang berbasis biologi membutuhkan lulusan biologi untuk menjadi bagian dari perusahaan. 

Pekerjaan yang dilakukan bisa di laboratorium maupun lapangan. Contoh pekerjaan dari seorang ilmuwan yang bekerja di laboratorium adalah menganalisis mikroba pada makanan dan obat, uji bahan sampel, uji kandungan pada bahan, dan uji produk, lain-lain. 

Sementara seorang ilmuwan yang bertugas dilapangan biasanya akan melakukan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, inventarisasi bahan di suatu daerah, analisis kondisi lingkungan, dan lain-lain.

 

2. Ilmuwan Medis

Dalam dunia medis, seorang ilmuwan juga akan dibutuhkan. Seorang ahli biologi biasanya akan meneliti berbagai hal yang berkaitan dengan kesehatan secara holistik. Beberapa ilmuan yang ahli mengenai mamalia, serangga atau jenis hewan penyebab penyakit lainnya akan dibutuhkan dalam melakukan analisa terkait cara hewan hewan menularkan penyakit ke manusia.

 

3. Ilmuwan Internasional

Menjadi seorang ilmuwan internasional pastinya akan sangat membanggakan. Dapat dikatakan profesi ini sangat diidam idamkan oleh kebanyakan orang terutama bagi para lulusan jurusan biologi. Untuk menjadi seorang ilmuwan internasional biasanya akan melalui riset dengan dosen ketika masih di bangku perkuliahan.

Pada jurusan biologi ini juga biasa kerap kali terjadi pertukaran mahasiswa atau pelajar magang di laboratorium kampus maupun di sejumlah perusahaan luar negeri.

 

4. Guru

Menjadi seorang guru, dosen, pengajar atau pembimbing sebenarnya akan menjadi peluang karir yang bisa diperoleh untuk semua jurusan perkuliahan, termasuk juga dengan jurusan biologi yang dimana para lulusan biologi juga akan memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pengajar maupun dosen ketika lulus kuliah nanti.

 

5. Wirausaha

Bukan hanya lulusan jurusan ekonomi atau marketing saja yang dapat menjadi seorang wirausaha, namun seorang lulusan biologi juga akan demikian. Seorang lulusan biologi dapat mengembangkan pengetahuannya menjadi jasa pelatihan budidaya tanaman yang memiliki nilai jual tinggi. Dengan kemampuan yang dimiliki seorang ahli biologi tentunya akan mampu menciptakan formula tertentu untuk keperluan pertanian dan peternakan, membuat alat yang dibutuhkan oleh petani, fotografer alam dan satwa, dan masih banyak sekali aplikasi biologi untuk wirausaha.

Baca juga Mengenal Jurusan Teknik Mesin dengan Peluang Karir Masa Depan

6. Konsultan

Seorang lulusan biologi juga bisa menjadi seorang konsultan seperti konsultan lingkungan dan konservasi, konsultan perusahaan yang berkaitan dengan R&D (Research and Development), konsultan rancangan serta data penelitian, dan lain sebagainya. Untuk dapat  menjadi seorang konsultan tentukan membutuhkan pengetahuan dan wawasan yang luas mengenai biologi.

Dengan beberapa gambaran prospek kerja dari lulusan biologi tersebut, apakah anda tertarik ingin menjadikan biologi sebagai jurusan kuliah pilihan anda.? Apapun jurusan yang akan anda pilih, pastikan jika hal tersebut didasari dengan minat yang tinggi agar kinerja dalam belajar jadi lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here