Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

531

Kursus Speaking Bandung – Tidak semua orang tahu bahwa ada jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Prodi ini cukup asing di telinga banyak orang, tapi ternyata sangat dibutuhkan lho di dunia industri. Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) masuk ke golongan Saintek dan punya prospek kerja yang cukup luas di dunia kerja. Seperti apa sih jurusan ini? Yuk, kenalan dengan jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)!

 

Mengenal Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Kesehatan dan keselamatan kerja atau yang biasa disingkat dengan K3, merupakan ilmu pengetahuan yang akan mempelajari bagaimana cara meminimalisir risiko kecelakaan dan penyakit di tempat kerja. Para lulusan dari jurusan K3 ini akan dibutuhkan hampir di semua perusahaan terutama perusahaan besar yang melibatkan banyak jiwa dalam operasionalnya. Lantas apa itu sebenarnya jurusan K3 ini.? yuk kenal lebih dalam jurusan ini sebelum kamu memilihnya.

 

Mata Kuliah Jurusan K3

Sebenarnya, S3 merupakan satu jurusan yang masih berada di dalam golongan saintek, maka dari itu, mata kuliah yang akan diajarkan pun tidak akan jauh dari sains. Namun meski demikian, di jurusan ini kamu juga akan mempelajari mengenai ilmu yang lainnya seperti Psikologi dan Kesehatan.

Di bangku kuliah jurusan K3 ini, kamu akan mempelajari lebih mendalam mengenai hubungan lingkungan kerja dengan kondisi fisik manusia. Kamu juga akan mempelajari mengenai mata kuliah terkait bahaya dan resiko psikososial yang akan membahas mengenai cara melindungi pekerja dari bahaya internal di tempat kerja yang disebabkan oleh beban kerja yang terlalu berat, pelatihan yang kurang, serta konflik antar karyawan atau dengan atasan. Kalau tidak diatasi, pekerja bisa mengalami gangguan kesehatan mental.

 

Prospek Kerja Lulusan Kuliah K3

Sebelum anda akan melangkah lebih jauh untuk memilih jurusan K3 ini, tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih jauh mengenai prospek kerja yang dapat diperoleh oleh para lulusan dari jurusan K3.

 

Koordinator kesehatan dan keselamatan kerja

Satu prospek kerja yang sudah cukup identik dari lulusan jurusan K3 adalah sebagai koordinator kesehatan dan keselamatan kerja. Di posisi ini, kamu akan memiliki tanggung jawab atas regulasi K3 di sebuah perusahaan.

Tugas utama yang akan kamu dapatkan di posisi ini adalah menganalisis segala jenis lingkungan kerja dan prosedur kerja yang tertera.   Seorang koordinator K3 juga perlu memeriksa kepatuhan perusahaan terhadap peraturan mengenai keselamatan, kesehatan, dan juga lingkungan kerja.

Di sini, kamu juga nantinya akan dituntut merancang program untuk mencegah penyakit atau cedera pada pekerja serta kegiatan yang dapat membawa kerusakan terhadap lingkungan di kantor.

Baca juga Mengenal Lebih Jauh Jurusan Jurnalis

Environmental specialist

Prospek kerja dari lulusan K3 selanjutnya adalah menjadi Environmental specialist atau pakar lingkungan, yang dimana bertugas untuk memantau dampak populasi terhadap lingkungan. Deskripsi kerja mereka meliputi identifikasi masalah lingkungan dan merekomendasikan solusi yang menurut mereka terbaik.

Tujuan utama dari profesi ini adalah yakni untuk meningkatkan kondisi kehidupan lingkungan. Mereka biasanya dapat ditemukan bekerja di pembangkit listrik atau pabrik kimia.

 

Analis quality control

Prospek kerja dari lulusan K3 selanjutnya adalah sebagai Analis quality control, dimana di posisi ini kamu akan memiliki tugas untuk melakukan pengujian dan menentukan kualitas dari seluruh bahan baku, produk setengah jadi serta produk jadi.

Selain dari 3 prospek kerja tersebut, tentunya masih ada banyak lagi prospek kerja lainnya yang bisa diperoleh bagi para lulusan K3. Nah bagaimana./ setelah kamu mengenal lebih dalam mengenai jurusan K3 ini, apakah kamu masih tertarik ingin memilihnya.? Selama itu sesuai dengan minat kamu, jangan pernah ragu untuk memilihnya, karena jurusan yang didasari dengan minat yang tinggi akan memberikan hasil yang lebih baik, baik di tahap pembelajaran maupun prospek kerja setelah lulus nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here