Jurusan Kuliah Pendidikan, Cocok Bagi Kamu yang Ingin Jadi Guru

407

Kursus Toefl Bandung – Setiap orang pastinya memiliki cita cita yang berbeda beda, ada yang ingin menjadi dokter, perawat dan bahkan menjadi seorang guru yang mendidik dan membentuk calon penerus bangsa yang baik. Salah satu hal yang dilakukan oleh kebanyakan orang untuk mencapai cita citanya, adalah dengan memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan cita citanya masing masing.

Namun meski demikian, tidak sedikit yang terkadang merasa salah jurusan ketika telah masuk kuliah. Hal tersebut sebenarnya dapat  dihindari, yaitu dengan cara mengenal jurusan lebih detail mengenai jurusan perkuliahan yang akan diambil. Nah sebelum kamu mengambil jurusan perkuliahan bagi yang suka dengan dunia pendidikan, berikut kami akan memberikan beberapa gambaran jurusan perkuliahan yang cocok untuk kamu pilih.

 

Jurusan Kuliah di Bidang Pendidikan

Bicara mengenai suatu jurusan yang cocok untuk yang suka dunia pendidikan, pastinya ada banyak jurusan yang bisa kamu pilih. Berikut beberapa pilihan jurusan kuliah yang bisa dipilih untuk menjadi seorang guru.

 

Pendidikan Keguruan

Pendidikan kejuruan merupakan cabang ilmu pendidikan. Pendidikan keguruan ini akan meliputi Pendidikan Guru Disiplin ilmu atau bidang studi untuk SMP/SMA, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Guru untuk Anak Usia Dini (PGPAUD), dan Pendidikan Guru untuk Anak dengan Kebutuhan Khusus.

Dengan mengambil jurusan ini, kamu akan memiliki kesempatan untuk mengabdi sebagai guru di sekolah tingkat dasar hingga menengah atas.

 

Bimbingan dan Konseling

Bimbingan dan konseling merupakan satu jurusan yang akan mempelajari mengenai teori dan praktik bimbingan dan konseling dalam hal pendidikan. Nantinya setelah masuk ke dunia pendidikan dan bekerja, kamu akan bertugas dalam membimbing dan membentuk karakter seorang siswa agar dapat tumbuh menjadi lebih baik yang berdasarkan dengan passionnya masing masing.

 

Teknologi Pendidikan

Cabang ilmu pendidikan yang bisa kamu pilih selanjutnya adalah teknologi pendidikan. Di sini kamu akan belajar mengenai perancangan, pengembangan, pengelolaan, dan evaluasi berbagai komponen sistem pendidikan.

Di jurusan ini, kamu juga akan belajar mengenai manajemen pendidikan dan teknologi pendidikan. Jurusan ini paling pas buat kamu yang suka dengan dunia pendidikan dan juga teknologi.

 

Psikologi Pendidikan

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan psikolog yang dimana di jurusan ini kamu akan mempelajari berbagai cara untuk mengenal karakteristik dari seseorang dengan membaca pola dan perilaku mereka. Tujuan utama dari seorang psikolog adalah menyelesaikan masalah mental yang dialami oleh kebanyakan orang.

Nah di jurusan psikolog pendidikan ini, kamu akan belajar mengenai bagaimana manusia belajar dalam situasi pendidikan, psikologi belajar, dan psikologi sosial tentang sekolah sebagai organisasi sosial. 

 

Ilmu Perpustakaan

Jurusan ilmu perpustakaan ini merupakan satu jurusan yang akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan buku atau pustaka. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari kamu mungkin akan belajar berbagai hal yang berkaitan dengan administrasi arsip, bibliografi, pengkatalogan, manajemen perpustakaan, manajemen digital library, dan aplikasi teknologi pengelolaan informasi.

Selain dari beberapa jurusan tersebut, pastinya masih ada beberapa jurusan lainnya lagi yang bisa membantu kamu memasuki dunia pendidikan sebagai tempat untuk bekerja nantinya.

Baca juga Mengenal Jurusan Teknik Industri yang Memiliki Banyak Peminat

Prospek Kerja Jurusan Pendidikan

Apakah para lulusan jurusan pendidikan hanya bisa menjadi seorang guru di suatu sekolah.? Tentu saja tidak, sebab dengan banyaknya pilihan jurusan yang bisa kamu ambil, kamu bisa memiliki banyak pilihan prospek kerja setelah lulus nanti. Berikut beberapa prospek kerja yang bisa kamu pilih setelah lulus kuliah dari jurusan pendidikan seperti

Konselor Edukasi
Penerjemah dan Juru Bahasa
Auditor
Pegawai Negeri Sipil (PNS)
Relawan Pendidikan
Freelancer atau Wirausaha
Content Creator
Jurnalis

Dan masih ada banyak lagi prospek kerja yang bisa kamu pilih. Tentunya juga tergantung dari jurusan pendidikan mana yang kamu pilih semasa kuliah. Maka dari itu, sebaiknya lakukan survey lebih dulu mengenai jurusan jurusan kuliah yang sekiranya akan kamu pilih selama duduk di bangku kuliah nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here