Jurusan Kuliah yang Bisa Menjadi Basis Karir di Dunia Kesehatan

395

Kampung Inggris Bandung – Mengambil jurusan perkuliahan yang berkaitan dengan medis memang memberikan banyak peluang karir di masa mendatang. Sebab, medis atau kesehatan ini akan tetap dibutuhkan hingga di masa depan nanti yang meskipun beragam teknologi telah canggih. Bicara mengenai jurusan kuliah yang berkaitan dengan dunia kesehatan ini. di bangku kuliah anda akan mendapatkan berbagai jurusan yang bisa dipilih dan berkaitan dengan dunia kesehatan. Apa saja jurusan tersebut.? berikut daftar jurusan kuliah yang bisa menjadi basis karir di dunia kesehatan.

 

Kedokteran

Jurusan kedokteran merupakan jurusan yang menjadi basis bagi semua karir di bidang kesehatan. Dalam jurusan kedokteran ini biasanya akan mempelajari beragam mata kuliah yang berkaitan dengan pengobatan atau medis seperti anatomi dan fisiologi tubuh manusia, patologi, farmakologi, dan ilmu kedokteran lainnya. Seorang dokter dapat memilih untuk mengambil spesialisasi tertentu, seperti bedah, kardiologi, atau neurologi.

 

Keperawatan

Jurusan keperawatan merupakan jurusan yang akan mempelajari tata cara merawat pasien dan memberikan perawatan medis yang dibutuhkan. Seorang perawat akan mempelajari mengenai ilmu kesehatan dasar, perawatan medis dan manajemen kesehatan.  Seorang perawat dapat bekerja di klinik, rumah sakit maupun fasilitas kesehatan lainnya.

 

Kebidanan

Kebidanan merupakan jurusan yang akan mempelajari mengenai cara merawat dan menangani ibu hamil, persalinan dan perawatan bayi yang baru lahir. Seorang bidan dapat bekerja di rumah sakit, klik atau sebagai pendamping persalinan dan memberikan konseling kesehatan reproduksi.

 

Farmasi

Farmasi adalah program studi yang mempelajari tentang obat-obatan. Disini anda akan belajar untuk mengenali struktur senyawa obat dan cara sintesisnya, kemudian mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi. Pastinya disini kamu akan belajar, mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengkombinasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan. 

 

Kesehatan Masyarakat

Di jurusan kesehatan masyarakat ini, anda akan mempelajari cara mencegah dan mengatasi masalah kesehatan masyarakat. Seorang yang profesional kesehatan masyarakat ini dapat bekerja di lembaga pemerintah maupun organisasi internasional untuk memberikan solusi dan strategi terhadap masalah kesehatan masyarakat.

 

Gizi

Jurusan Ilmu Gizi adalah bidang ilmu yang mempelajari pentingnya nutrisi pada kehidupan manusia, terutama hubungan antara asupan makanan dengan kesehatan. Hal lain yang juga akan dipelajari meliputi pemahaman tentang pola makan sehat, gaya hidup, hingga cara memproses makanan. Seorang ahli gizi dapat bekerja di rumah sakit atau di perusahaan makanan dan minuman untuk memberikan konseling tentang pola makan sehat dan gizi.

 

Fisioterapi

Di jurusan ini anda akan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan fungsi gerak, mulai dari menjaga fungsinya agar tetap baik hingga pemulihan fungsi gerak. Seorang yang ahli fisioterapi ini dapat bekerja di rumah sakit atau klinik untuk membantu pasien melakukan latihan dan terapi untuk memperbaiki kondisi fisik mereka.

 

Psikologi

Jurusan psikologi merupakan sebuah program studi yang mempelajari mengenai mental, pikiran, dan juga perilaku manusia. Melalui pengertian tersebut maka bisa diketahui bahwa psikologi merupakan ilmu yang mempelajari alur pikiran manusia. Seorang psikolog dapat bekerja di rumah sakit atau klinik untuk memberikan konseling dan terapi psikologis kepada pasien.

Baca juga Menggali Potensi Jurusan Pendidikan sebagai Pilihan Karir yang Menjanjikan

Teknik Biomedis

Teknik biomedis merupakan jurusan yang akan mempelajari cara merancang dan mengembangkan peralatan medis, seperti misalnya mesin diagnostik dan instrumen bedah. 

 

Radiologi

Jurusan radiologi mempelajari cara menggunakan sinar-X, MRI, dan teknologi lainnya untuk mendiagnosis dan memantau kondisi kesehatan pasien. Para lulusan jurusan ini dapat berkarir di rumah sakit atau klinik untuk membantu dokter dalam mendiagnosis dan merawat pasien.

Nah itulah beberapa jurusan yang dapat dipilih dengan peluang karir di dunia kesehatan. Apapun jurusan yang akan anda pilih, sebaiknya pilihlah jurusan yang emmang menjadi minat anda, agar nantinya proses pembelajaran jadi lebih mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here