Jurusan PGSD, Untukmu yang Mau Jadi Guru

442

Kursus Toefl Bandung – Apa jurusan yang bagus.? Mungkin itu adalah pertanyaan yang akan terlintas di benak kamu ketika hendak melangsungkan pendidikan ke bangku perkuliahan. Pada dasarnya, semua jurusan perkuliahan yang dihadirkan di berbagai universitas  semuanya bagus dan memiliki prospek pekerjaan yang berbeda beda. Sama halnya dengan jurusan PGSD atau Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, dimana jurusan ini juga akan memberikan prospek kerja yang cukup menjanjikan oleh para lulusan jurusan PGSD ini. 

lantas apakah lulusan jurusan PGSD hanya bisa jadi guru pendidikan sekolah dasar.? Tentu saja tidak, sebab ada banyak prospek kerja yang dapat diperoleh dari  lulusan PGSD ini. ingin tau lebih dalam mengenai jurusan PGSD.? Simak selengkapnya sebagai berikut.

 

Apa itu Jurusan PGSD?

Sebelum membahas mengenai apa prospek kerja dari lulusan PGSD ini, ada baiknya jika lebih dulu kamu mengetahui sedikit tentang PGSD. PGSD atau Pendidikan Guru Sekolah Dasar merupakan bidang ilmu yang memberikan bekal mengenai bagaimana cara menjadi tenaga pendidik yang sekaligus pengajar dari para siswa dan siswi sekolah dasar.

Sesuai dengan namanya PGSD atau Pendidikan Guru Sekolah Dasar ini merupakan sebuah jurusan yang akan mempersiapkan para mahasiswa untuk menjadi Guru Sekolah Dasar. Nah bagi kamu yang mungkin ingin terjun ke dunia pendidikan, jurusan ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pada jurusan ini, kami bisa mempelajari semua materi yang akan dipelajari oleh  para siswa siswi di bangku SD, seperti misalnya matematika, bahasa indonesia, IPS, IPA dan lain sebagainya.

Selain mempelajari beragam materi pembelajaran, para mahasiswa juga akan diberikan pengetahuan mengenai cara memahami karakter dan pengembangan kepribadian siswa, seperti misalnya sopan santun, disiplin, berjiwa sosial dan lain lain.

 

Mata Kuliah Jurusan PGSD

Secara umum, mata kuliah untuk jurusan PGSD ini sebenarnya sama halnya dengan pelajaran yang sebelumnya pernah diberikan di masa masa sekolah dasar, namun lebih mengutamakan 4 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan juga IPS.

Selama duduk di bangku perkuliahan tepatnya pada jurusan PGSD, para mahasiswa juga akan diberikan pemahaman mengenai karakteristik anak SD yang membutuhkan keterampilan khusus untuk mengajar dan memahamkan konsep pengetahuan kepada mereka.

 

Peluang Kerja Lulusan Kuliah Jurusan PGSD

Banyak yang beranggapan jika lulusan kuliah dari jurusan PGSD hanya dapat menjadi seorang guru dari sekolah dasar. Apakah benar demikian.? Sebelum kamu salah dalam menilai hal tersebut, berikut kamu merangkum beberapa peluang kerja yang dapat kamu miliki setelah lulus kuliah dari jurusan PGSD nanti.

 

Guru Sekolah Dasar

Bagi kamu lulusan kuliah dengan jurusan PGSD, pastinya sudah memiliki peluang kerja yang lebih besar untuk menjadi seorang guru sekolah dasar. Sebab memang sudah menjadi tujuan utama dari jurusan PGSD ini untuk membimbing para mahasiswa agar dapat menjadi seorang guru sekolah dasar yang profesional.

Tidak hanya di indonesia, namun bagi para lulusan kuliah PGSD ini juga akan memperoleh kesempatan untuk membimbing para siswa di luar negeri yang tentu untuk mencapainya, kamu harus sesuai dengan kualifikasi guru pendidikan dasar yang dibutuhkan di negara yang menjadi tujuan kerja. 

 

Konsultan Pendidikan Anak

Selain menjadi seorang guru di sekolah dasar, bagi kamu lulusan kuliah jurusan PGSD ini juga dapat berkesempatan bekerja sebagai konsultan pendidikan anak di tingkat pendidikan dasar. Sebagaimana seperti yang kita ketahui, tidak sedikit para calon siswa yang kerap kali merasa bingung dalam menentukan tahap pendidikan selanjutnya. Maka disinilah peran dari seorang konsultan pendidikan anak yang dapat memberikan solusi atau perencanaan pendidikan yang baik kepada anak.

Konsultan pendidikan ini umumnya akan bertugas untuk membantu para pelajar dalam memilih jurusan dan tempat pendidikan yang diminatinya, baik itu di dalam maupun di luar negeri.

Prospek kerja PGSD sebagai konsultan ini memungkinkan untuk dilakukan. Sebab, seorang lulusan PGSD dibekali ilmu psikologi pendidikan dan anak, sehingga memahami seperti apa dunia pendidikan dan kondisi psikologis seorang anak. 

Baca juga Mengenal Jurusan Fisioterapi di Bangku Perkuliahan

Pegawai Negeri Sipil (PNS) 

Menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS menjadi prospek kerja selanjutnya. Ada banyak sekolah negeri maupun kedinasan di sektor pendidikan yang membuat lulusan PGSD semakin banyak dibutuhkan. Pada lulusan PGSD dapat diangkat menjadi PNS sebagai tenaga pengajar di sekolah-sekolah negeri yang dikelola pemerintah. 

Selain dari 3 prospek kerja dari lulusan PGSD yang telah kami jelaskan tersebut, pastinya masih ada lagi prospek kerja lainnya yang dapat kamu pilih selepas kuliah dari jurusan PGSD nanti. 

Pastikan jika apa jurusan yang kamu ambil merupakan jurusan yang memang menjadi jurusan yang sesuai dengan minat kamu agar nantinya pelajaran selama kamu kuliah akan terasa menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here