Jurusan Teknik Elektro, Peluang Karir dan Inovasi di Bidang Teknologi

373

Les Bahasa Inggris di Bandung – Jurusan teknik elektro merupakan jurusan yang cukup populer di bangku perkuliahan maupun SMK. Dalam jurusan ini akan mempelajari mengenai ilmu elektronika dan teknologi informasi yang meliputi perancangan, pembuatan dan pengembangan sistem elektronik dan komputer.

Para mahasiswa dengan jurusan Teknik Elektro ini akan mempelajari mengenai sirkuit elektronik, komputer, jaringan komputer, sistem kontrol dan lain sebagainya. Terdapat beberapa peluang karir yang dapat dipilih oleh para lulusan teknik elektro.

 

Tahap Belajar Jurusan Teknik Elektro.?

Bagi para mahasiswa jurusan teknik elektro ini akan memiliki tahap pembelajaran yang meliputi

 

Belajar Bidang Bidang Listrik

Seorang mahasiswa jurusan teknik elektro akan mempelajari mengenai rangkaian listrik seperti interaksi antara berbagai komponen listrik seperti resistor, kapasitor, diode, transistor dan induktor dalam suatu rangkaian listrik.

Seorang mahasiswa yang berada di jurusan teknik elektro ini akan mempelajari mata kuliah yang meliputi power engineering, control engineering, electronics, telecommunications dan beberapa mata pelajaran yang berkaitan lainnya.

 

Belajar Hitung Hitungan

Bidang teknik elektro ini juga akan diperkenalkan dengan metode pembelajaran hitung hitungan seperti halnya dengan mata pelajaran matematika. 

 

Magang 

Teknik elektro ini merupakan jurusan yang membutuhkan banyak praktek di dalam laboratorium maupun praktek langsung di lapangan. Untuk membutuhkan praktikum tersebut, banyak kampus yang telah bekerja sama dengan industri agar para mahasiswanya mendapatkan akses kunjungan ke sana dalam program magang, sehingga jurusan teknik elektro ini memiliki peluang karir yang lebih besar.

Tidak jarang, para mahasiswa jurusan ini akan ditarik langsung oleh perusahaan dimana tempat ia magang. Maka tidak jarang selepas kuliah para sarjana akan mendapatkan langsung pekerjaan.

 

Peluang Karir di Bidang Teknik Elektro

Para lulusan kuliah jurusan Teknik Elektro ini akan memiliki banyak peluang karir di berbagai bidang industri. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

 

Electrical Design Engineer

Insinyur desain listrik ini dapat bekerja di industri kedirgantaraan, arsitektur, energi dan sebagainya. Profesi ini tidak jauh berbeda dari profesi insinyur pada umumnya, hanya saja akan lebih berfokus pada sistem kelistrikkan.

Elektrik design engineer ini dapat memberikan layaan pemelihataan maupun pemasangan untuk sistem kelirstikkan yang ada. Ganji dari electrical design engineer ini cukup menjanjikan sekitar 90 juta per tahun namun juga akan dipengaruhi oleh bidang dan perusahaan tempat ia akan bekerja.

 

Robotic Engineer

Industri otomotif dan robotik yang kian terus ditingkatkan sehingga akan membutuhkan peran robotik engineer untuk memproduksi sebuah robot. Seorang robotic engineer ini sebenarnya tidak selalu akan berkaitan dengan pembuatan robot yang dapat menyerupai manusia namun juga dapat mengembangkan kecerdasan buatan untuk memudahkan pekerjaan manusia.

 

Hardware Engineer

Hardware engineer memiliki peran untuk membuat desain untuk perangkat keras komputer dan peralatan fisik lainnya., tugas utama mereka di sini adalah merancang dan mengkompilasi komponen seperti prosesor, hard drive, komputer, papan sirkuit hingga chip agar dapat digunakan secara efisien.

Bekerja sebagai hardware engineer ini akan memiliki kesempatan untuk bersinggungan langsung dengan tekhnologi tekhnologi terbaru. Untuk masalah gaji, tentu gaji di profesi ini cukup besar yang dapat mencapai 90 juta setiap tahunnya.

 

Project Engineer

Project Engineer merupakan profesi yang menggabungkan bidang engineering dan manajemen proyek. Gaji dari profesi ini cukup tinggi hingga mencapai 95 juta per tahun yang mungkin akan lebih besar lagi yang tergantung dari tempat ia bekerja.

Baca juga Mengenal Jurusan Kimia dan Peluang Karir di Industri Kimia

Analis Sistem

Seorang sarjana lulusan teknik elektro ini dapat menjadi seorang analisis sistem. Seorang yang berada pada posisi ini memiliki tanggung jawab penuh dalam memelihara dan meningkatkan sistem organisasi.

 

Pegawai Negeri Sipil

Peluang karir dari lulusan teknik elektro ini dapat menjadi seorang PNS. Dimana yang menjadi minat dari kebanyakan orang. Selain memiliki gaji yang stabil, menjadi PNS juga merupakan karir yang mapan. Para lulusan teknik elektro dapat bekerja di bidang energi dan sumber daya mineral.

Nah itulah beberapa peluang karir yang akan didapatkan oleh para lulusan dari jurusan teknik elektro. Agar peluang karir menjanjikan, sebaiknya pilihlah kampus atau universitas yang memiliki chanel luas dengan perusahaan atau industri yang berkaitan dengan teknik elektro.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here