Kaidah Penggunaan “As” dalam Bahasa Inggris

5552
Kaidah Penggunaan “As” dalam Bahasa Inggris
Kaidah Penggunaan “As” dalam Bahasa Inggris

Jika dalam bahasa Indonesia, kamu mengenal adanya kata sambung (konjungsi). Maka dalam bahasa Inggris, kata sambung (conjunction) ini terdiri dari beberapa macam. Salah satunya yaitu dengan kata sambung “as” yang akan kita bahas dalam ulasan mengenai kaidah penggunaan “as” dalam bahasa Inggris berikut ini.

Kaidah Penggunaan “As” dalam Bahasa Inggris

Seperti diketahui, dalam bahasa Inggris, conjunction (kata sambung) seperti as, but, or, if, although, maupun kata sambung “for” terbagi ke dalam 3 jenis. Diantaranya coordinating conjunction, subordinating conjunction, dan juga correlative conjunction.

Kaidah penggunaan “as” dalam bahasa Inggris sendiri merupakan salah satu konjungsi yang termasuk ke dalam subordinating conjunction. Dimana conjuntion yang satu ini berfungsi untuk menghubungkan anak kalimat dengan induk kalimat.

Selain “as”, dalam subordinating conjunction ini juga terdapat kata sambung lainnya seperti because, after, since, then, although, untill, even though, how, while, whether, before, dan juga kata sambung “then”.

Namun khusus untuk kali ini, kita akan membahas mengenai penggunaan kata sambung “as”, yang mana jika digunakan dalam sebuah kalimat, conjunction “as” ini akan bisa digunakan untuk beberapa hal berikut ini. Antara lain:

1.Digunakan Sebagai Klausa Waktu

Kaidah penggunaan “as” dalam bahasa Inggris ini bisa digunakan sebagai klausa untuk menjelaskan waktu. Dimana penggunaan kata sambung “as” sebagai klausa waktu ini biasanya digunakan untuk menjelaskan 2 peristiwa yang terjadi pada waktu yang bersamaan.

Salah satu contoh dari conjunctionas” sebagai klausa waktu ini antara lain:

  • He left the house just as the the storm comes” (dia pergi dari rumah tepat saat badai datang)
  • They came to the restaurant just as the food was served” (mereka datang ke restoran tepat saat makanan telah disajikan)

2. Klausa yang Digunakan untuk Menjelaskan Sebuah Alasan

Selain digunakan sebagai klausa untuk menjelaskan waktu, kaidah penggunaan “as” dalam bahasa Inggris juga sering digunakan untuk menjelaskan sebuah alasan. Dimana conjunction “as” yang digunakan untuk menjelaskan sebuah alasan ini biasanya akan ditulis  di awal kalimat, dan dipakai sebagai pengganti kosakata “because”.

Contoh dari penggunaan kata sambung “as sebagai penjelasan dari sebuah alasan ini antara lain:

  • As the exams will come, so its good for us to study from now on” (karena ujian akan segera tiba, maka ada baiknya kita belajar dari sekarang)
  • As the holiday will be only a few weeks more, its good idea for us to plan a vacation spot from now on” (karena liburan akan tiba beberapa minggu lagi, ada baiknya kita merencanakan tempat liburan dari sekarang)

3. Digunakan Sebagai Perbandingan Benda/Orang  

Selain kedua klausa diatas, conjunction “as” ini juga sering digunakan untuk sebagai comparison (perbandingan). Baik itu yang digunakan sebagai perbandingan kata benda, maupun orang. Untuk lebih memahami mengenai penggunaan kata sambung “as” yang digunakan sebagai perbandingan (comparison) ini antara lain:

  • My cat eyes as preety as your eye’s cat” (mata dari kucing saya seindah mata dari kucing milikmu)
  • The dress she was wearing as beuatifull as mine” (gaun yang dia kenakan seindah gaun milikku)

4. Sebagai Kata Depan    

Bukan hanya digunakan di tengah kalimat saja, conjunction “as” ini juga bisa digunakan sebagai kata depan, dan dipakai bilamana tidak ingin menggunakan kosakata “to be”. Meskipun demikian, kata sambung “as” dan juga “to be” ini sebenarnya tidak memiliki makna yang sama.

Adapun contoh dari kata sambung “as” sebagai kata depan ini antara lain:

  • As a housewife, i understand how its difficult to take care of the house” (sebagai seorang rumah tangga, saya paham betul bagaimana sulitnya mengurus rumah)
  • As a beginner, i learned a lot from my seniors to do the job” (sebagai seorang pemula, saya belajar banyak dari senior saya dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut)

5. Untuk Menjelaskan Fungsi dari Sebuah Benda    

Bisa dibilang, kata sambung “as” ini bisa menjadi beragam klausa bilamana digunakan dalam sebuah kalimat. Dimana selain sejumlah klausa diatas, conjunction “as” juga sering digunakan untuk menjelaskan fungsi dari sebuah benda. Beberapa contohnya antara lain:

  • I bought the dog as a guard when i’m not home” (saya membeli anjing sebagai penjaga ruma, saat saya tidak ada di tempat)
  • I use the Google Map as the guide when i’m lost” (saya menggunakan Google Map sebagai petunjuk bilamana saya tersesat)

6. Untuk Menjelaskan Pekerjaan Seseorang

Selain sebagai sejumlah klausa diatas, kata sambung “as” juga sering digunakan untuk menjelaskan tentang pekerjaan seseorang. Beberapa contohnya seperti berikut ini:

  • I work in a hospital as a nurse” (saya bekerja di rumah sakit sebagai seorang perawat)
  • My father work in the mining as a miner” (ayahku bekerja di pertambangan sebagai seorang penambang)

Itu dia beberapa kaidah penggunaan “as” bahasa Inggris yang mungkin sering kamu temukan dalam sebuah kalimat. Bisa dibilang, mempelajari kata sambung “as” ini sama pentingnya dengan mempelajari mengenai Pengertian dan Jenis-Jenis Literasi Bahasa Inggris. Untuk itu, ada baiknya kamu mempelajari kata sambung (conjunction) tersebut untuk meningkatkan skill berbahasa Inggrismu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here