Kata Kerja Bahasa Inggris (Verb), Arti, Contoh, dan Jenisnya

326

Kursus Speaking Bandung – Verb atau kata kerja merupakan salah satu komponen yang penting dalam belajar bahasa inggris. Kata kerja ini digunakan untuk menyatakan suatu aksi atau keadaan dari pada subjek dalam satu kalimat. Maka dari itu, memahami mengenai verb menjadi suatu hal penting untuk fasih berbicara atau menulis dalam bahasa inggris. Untuk mengenal lebih jauh mengenai Verb dalam belajar bahasa inggris, yuk kita bahas dengan tuntas di bawah.

 

Jenis Verb

Dalam bahasa inggris, verb terbagi menjadi 3 jenis yang meliputi verb, regular verb, irregular verb, dan modal verb. 

Regular verb merupakan bentuk kata kerja beraturan yang mempunyai aturan pasti untuk membentuk simple past tense dan past principle dalam kata kerja tersebut. Kata kerja yang membentuk bentuk lampau dan participle dengan menambahkan -ed pada akhir kata. Contohnya adalah walk (berjalan) yang membentuk bentuk lampau walked dan participle walked. 

Irregular verb adalah kata kerja yang ditandai oleh bentuk past tense dan past participlenya tidak konsisten. Dimana kata kerja bentuk kedua dan ketiga tidak berubah. Contoh Begin, began, begun

Modal verb adalah kata kerja bantu. Pada dasarnya, fungsi utama dari modal verb adalah untuk menjelaskan tentang kebutuhan atau kemungkinan. Contohnya adalah can, must, dan might.

 

Bentuk Verb

Dalam bahasa inggris., verb terbagi menjadi beberapa bentuk seperti infinitive, base form, gerund, present participle, dan past participle. 

Infinitive adalah bentuk dasar dari kata kerja yang berfungsi sebagai kata benda, keterangan maupun sifat. Peran dari infinitive verb. Yaitu untuk menyatakan sebuah pendapat, tujuan, tindakan atau jawaban atas suatu pertanyaan Contohnya adalah to eat, to drink, dan to sleep. 

Base form adalah bentuk kata lerja dasar atau bentuk pertama dari kata kerja, seperti misalnya be, do, eat, drive dan lain lain. Bentuk asal biasanya akan mengikuti kata “to” dalam rangkaian sebuah kalimat.

Gerund adalah Gerund adalah kata benda yang dibuat dari kata kerja dasar ditambah dengan “ing” pada bagian akhir dari sebuah kata yang digunakan sebagai subjek, objek maupun objek preposisi dalam kalimat. Contohnya adalah swimming, reading, dan studying. 

Present participle adalah bentuk kata kerja yang ditambahkan -ing pada akhir kata dan digunakan dalam kalimat present continuous tense. Contohnya adalah eating, drinking, dan sleeping. 

Past participle adalah bentuk kata kerja yang digunakan dalam kalimat pasif atau passive voice atau saat membuat kalimat dalam perfect tenses.

 

Regular dan Irregular Verb

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika regular merupakan bentuk verb yang memiliki bentuk lampau atau tidak berubah dari bentuk aslinya namun dengan penambahan –ed pada bagian akhirnya, sebagai contoh walk-walked-walked, watch-watched-watched, dan talk-talked-talked. Sementara irregular verb memiliki bentuk yang tidak konsisten atau selalu berubah seperti misalnya go-went-gone, eat-ate-eaten, dan speak-spoke-spoken. 

Baca juga Belajar Memahami Subject and Predicate dalam Belajar Bahasa Inggris

Tenses

Verb juga memiliki peranan yang penting dalam pembentukan kalimat tenses dalam bahasa inggris. Tenses sendiri akan digunakan untuk menyatukan waktu dari suatu aksi atau keadaan dari subjek yang terjadi. Tenses yang umum digunakan dalam bahasa inggris ialah present tense, past tense, future tense, perfect tense, past perfect tense, dan future perfect tense.

 

Pola Kalimat

Verb juga mempengaruhi pola kalimat dalam bahasa Inggris. Pola kalimat dalam bahasa Inggris dapat berupa kalimat afirmatif, negatif, atau interogatif. Dalam kalimat afirmatif, verb biasanya ditempatkan setelah subjek. Contohnya adalah “She eats rice for breakfast.” Dalam kalimat negatif, verb biasanya ditempatkan setelah kata bantu atau kata kerja negatif seperti don’t, doesn’t, atau can’t. Contohnya adalah “I don’t like coffee.” Dalam kalimat interogatif, verb biasanya ditempatkan di awal kalimat. Contohnya adalah “Do you like pizza?”

Nah itulah sekilas penjelasan mengenai Verb atau kata kerja dalam belajar bahasa inggris yang penting untuk dipahami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here