Kenangan Mudik Yang Selalu Dirindukan Di Kampung Halaman

0
257
ilustrasi kumpul keluarga
sumber gambar :https://www.hipwee.com/hiburan/malas-kumpul-keluarga/

Teman semua, ada yang berbeda pada mudik kali ini, dimana biasanya teman teman dalam menghadapi penghujung idul fitri adalah pulang kampung.

Pulang kampung atau yang biasa kita sebut dengan mudik lebaran. Mudik lebaran 2021 seperti mudik tahun sebelumnya, yang mana pemerintah mengeluarkan himbauan untuk tidak mudik atau pulang kampung bagi mereka yang berada di perantauan.

Baik itu kuliah maupun bekerja, ini diterapkan dalam usaha mengurangi dampak penyebaran virus corona. Ya memang sudah dua kali lebaran dalam suasana pandemi ini. Banyak hal yang harus disesuaikan dan dibiasakan.

Meski begitu mari kita kembali mengenang hal hal yang dirindukan dari mudik sebelum pandemi. Kenapa mudik lebaran idul fitri selalu menjadi hal yang paling emosional bagi masyarakat indonesia.

  1. Ajang Silaturahmi Dengan Keluarga

Setiap mudik lebaran bagi masyarakat Indonesia khususnya bagi orang orang yang melakukan perantauan. Mudik selalu memberikan kesan yang emosinal.

Bagaimana tidak setelah setahun tidak berkumpul dengan keluarga, maka pada saat idul fitri lah saatnya untuk kembali ke keluarga. Baik mereka yang bekerja maupun melanjutkan jengjang pendidikannya.

  1. Berkumpulnya Keluarga Besar

Dalam hal ini tidak hanya silaturahmi yang biasa dilakukan saat hari raya idul fitri tiba. Namun berkumpulnya keluarga besar menjadikan mudik ke kampung halaman saat idul fitri  adalah yang sangat emosional.

Dalam sesi berkumpulnya keluarga besar yang tersebar di berbagai kota berkumpul saat idul fitri ini. Sanak saudara yang sudah berkeluarga biasanya pada saat momen idul fitri berkumpul disebuah rumah dikampung halaman.

Dirumah yang memang kalau tidak dirumah ibu bisa berkumpul dirumah nenek.

  1. Berbagi Kebahagiaan Dengan Keluarga Yang Sudah Tidak Lama Bertemu

Momen idul fitri sangat kental dengan THR , dimana setiap orang mengharapkan hal tersebut. Tidak hanya bagi mereka yang bekerja.

Namun bagi mereka juga yang memang memiliki saudara yang sudah bekerja dan dikatakan sedikit lebih meningkat dalam hal keuangan di perantauannya. Bagi bagi THR ini adalah yang ditunggu tunggu saat momen idul fitri.

Selain bagi bagi THR masih banyak sekali hal yang memang jalan untuk berbagi kebahagian saat mudik lebaran pada saat perayaan idul fitri.

  1. Gema Suara Takbir Di Kampung Halaman

Salah satu hal yang dirindukan dari mudik ke kampung halaman pada saat idul fitri adalah gema suara takbir.

Bagaimana tidak setiap masjid melantunkan gema takbir yang membuat semua orang rindu akan hal ini. Berkumpul dengan keluarga pada malam perayaan idul fitri sangatlah berkesan.

So bagi teman teman, jangan sampai tidak menghubungi keluarga di kampung ya pas pelaksanaan malam idul fitri.

  1. Pelaksanaan Solat Idul Fitri Di Kampung Halaman

Setelah semalaman mengumandangkan gema takbir. Perayaan idul fitri ditandai dengan pelaksanaan solat id.

Pelaksanaan solat id di kampung halaman adalah puncak dari setiap kenangan yang menjadikannya sangat emosional, mengingat sekarang kondisi kita bahkan dunia sedang dalam menghadapi covid 19.

Kita tidak tahu lagi kapan pelaksanaan solat idul fitri dilakukan.

Itulah beberapa hal yang dirindukan dari momen perayaan idul fitri sebelum pandemi.

Namun dengan dikeluarkannya surat edaran mengenai pelarangan mudik 2021 menjadikan hal tersebut tidak bisa rasakan dan alami ditahun ini.

Semoga covid 19 di Indonesia cepat berlalu, agar kita semua bisa kembali merasakan mudik lebaran saat perayaan idul fitri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here