Keren! Kawasan Pabrik Kina Tua di Bandung Bersiap Jadi Lokasi Wisata Sejarah.

0
899
instagram\ridwan kamil

“Warga Bandung, kawasan Pabrik Kina di jln Padjajaran segera akan dikembangkan sebagai kawasan wisata Heritage dan ekonomi kreatif hi-tech. Doakan semoga lancar”, tulis Kang Emil di akun media Sosialnya, seperti kawasan yang memiliki aroma sejarah nya seperti kota lama di semarang maupun kota Tua di Jakarta, Bandung pun memiliki kawasan Cagar budaya yang diantara nya berada di jalan padjajaran yang juga merupakan bekas pabrik kina milik belanda d masa colonial yang bernama Bandoengsche Kinine Fabriek N.V.

Pabrik ini didirikan pada tanggal 1896 dan juga salah satu kawasan Industri tertua yang ada di kota bandung, nah dengan latar belakang seperti itu, kota bandungpun menarh perhatian lebih untuk memanfaatkan nya menjadi sebuah daerah yang tidak hanya bernilai historis, dan kemudian berencana membuatnya menjadi kawasan wisata.

Sepert postingan yang di Unggah Oleh sang walikota Ridwan Kamil yang dalam unggahan nya memberi caption memohon doa restu dari warga nya agar diperlancar merubah kawasan tua itu menjadi sebuah kawasan wisata sejarah.” Warga Bandung, kawasan Pabrik Kina di jln Padjajaran segera akan dikembangkan sebagai kawasan wisata Heritage dan ekonomi kreatif hi-tech. Doakan semoga lancar” , tulis Kang Emil.

Dan menurut sejarahnya sendiri, gedung yang beralamat No. 29-30 ini dirancang oleh seorang arsitek belanda yang bernama Gnelig Mijling AW, dan dapat dilihat dari arsitekturnya kental dengan budaya colonial belanda dengan Art Deco nya, kawasan ini digadang-gadang akan sukses menarik para pelancong yang akan datang ke bandung dikarenakan letak jalan pajajaran sendiri sangat dekat dengan jalan cihampelas, dan di bagian bawah nya terdapat terowongan sepanjang 2,5 meter yang juga dapat dilitasi dari bawah jalan pajajaran.

Dari beberapa sumber juga mengatakan bahwa tempat industry ini/pabrik kina ini dulu sangat popular karena dari cerobongnya mengepulkan asap berwarna hitam yang membumbung tinggi dari atas atapnya, asap tersebut keluar sebagai efek dari pembakaran mesin ketel uap manual babcox & Wilcox.

Dan pada akhirnya mesin tersebut diganti dengan mesin uap yang lebih modern dan lebih canggih, karena mendapat protes dari warga yang merasa tercemar dengan polusi asap hitam tersebut. Wah denga rencana pemerintah bandung tersebut pasti bandung akan lebih keren guys, so jadi apakah kamu masih ragu untuk mendatangi bandung guys?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here