Kesalahan Umum dalam Menggunakan Either dan Neither dalam Bahasa Inggris

235

Les Bahasa Inggris untuk Mahasiswa – Penggunaan kata either dan neither dalam bahasa Inggris seringkali menjadi bumerang bagi sebagian orang. Meskipun terlihat sederhana, seringkali terjadi kesalahan dalam memahami dan menggunakan kedua kata tersebut. Agar penggunaan Either dan Neither tidak menjadi penyebab kesalahan dalam menggunakan bahasa inggris, berikut kami akan memberikan contoh  beberapa kesalahan umum yang sering terjadi dalam penggunaan Either dan Neither.

 

Kesalahan Umum dalam Menggunakan Either dan Neither

Pada dasarnya, penggunaan either dan neither dalam Bahasa Inggris adalah untuk menyatakan alternatif dan penolakan. Kata either seringkali digunakan untuk menyatukan satu dari dua pilihan, sementara neither kerap digunakan untuk menunjukan jika tidak ada pilihan yang diinginkan.

Agar tidak salah dalam penggunaannya, berikut beberapa kesalahan umum yang sering terjadi.

 

Pemilihan Pasangan yang Salah

Salah satu kesalahan yang paling sering terjadi adalah bingungnya antara ‘either…or’ dan ‘neither…nor.’ Penggunaan ‘either…or’ digunakan untuk memberikan dua pilihan atau lebih kepada seseorang, di mana seseorang dapat memilih salah satu di antaranya. Contohnya, “You can either eat an apple or a banana.” Artinya, Anda bisa memilih untuk makan apel atau pisang.

Sementara itu, ‘neither…nor’ digunakan untuk menolak dua pilihan atau lebih. Misalnya, “She neither likes coffee nor tea.” Artinya, dia tidak suka kopi maupun teh.

Kesalahan umum terjadi ketika kedua pasangan ini dicampuradukkan, seperti “She can neither eat either an apple or a banana.” Seharusnya kalimat tersebut menjadi “She can neither eat either an apple or a banana.”

 

Penggunaan untuk Lebih dari Dua Pilihan

Either dan neither pada dasarnya digunakan untuk menyatakan dua alternatif atau pilihan. Salah satu kesalahan yang sering muncul adalah mencoba menggunakan either atau neither untuk lebih dari dua pilihan atau alternatif. Ini adalah penggunaan yang tidak tepat karena either dan neither hanya berlaku untuk dua pilihan.

Contoh kesalahan: “You can choose either red, blue, or green.” Seharusnya kalimat tersebut menjadi “You can choose either red, blue, or green.”

 

Penempatan yang Salah

Penempatan either dan neither juga perlu diperhatikan. Kedua kata tersebut harus ditempatkan sebelum kata benda atau frasa yang mereka rujuk.

Contoh kesalahan: “I want either the red dress or neither the blue one.” Seharusnya kalimat tersebut menjadi “I want either the red dress or neither of the blue ones.”

 

Penggunaan Kata Ganti yang Salah

Either dan neither sering digunakan sebagai kata ganti, tetapi penggunaannya juga sering keliru. Kesalahan yang umum terjadi adalah menggunakan neither saat seharusnya menggunakan either, atau sebaliknya.

Contoh kesalahan: “I like neither of the books, but you can borrow either.” Seharusnya kalimat tersebut menjadi “I like neither of the books, but you can borrow either.”

Baca juga Kesalahan Pemilihan Tempat Les Bahasa Inggris Online yang Perlu Diwaspadai

Penggunaan dengan Kata Kerja Jamak

Ketika either of atau neither of diikuti oleh kata benda jamak, kata kerja yang digunakan haruslah dalam bentuk tunggal.

Contoh kesalahan: “Neither of the options are suitable.” Seharusnya kalimat tersebut menjadi “Neither of the options is suitable.”

Menghindari kesalahan umum dalam menggunakan either dan neither dapat meningkatkan pemahaman bahasa Inggris Anda. Ingatlah perbedaan mendasar antara ‘either…or’ yang menyajikan pilihan, dan ‘neither…nor’ yang menolak pilihan. Selain itu, pastikan penempatan dan penggunaan kata ganti serta kata kerja yang tepat agar kalimat Anda menjadi lebih akurat dan bermakna. Dengan memahami aturan penggunaan keduanya, Anda dapat berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris dengan lebih percaya diri dan tepat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here