Kiat Sukses Menghadapi Tes IELTS

464

Kursus Ielts Bandung – Jika kamu memiliki rencana ingin pergi kerja atau melanjutkan studi ke luar negeri, maka satu persyaratan yang harus kamu penuhi adalah mengantongi sertifikat IELTS atau International English Language Testing System.

IELTS ini merupakan serangkaian tes yang dirancang sedemikian rupa untuk menguji kemampuan kami dalam mendengar, berbicara, membaca dan  menulis menggunakan bahasa Inggris. Sederhananya, tes ini adalah tes untuk membuktikan bahwa kamu benar benar sudah fasih dalam berbahasa inggris.

Banyak orang yang terkadang merasa sudah mampu berbahasa inggris dengan baik dan benar, namun justru mengalami kegagalan dalam menyelesaikan tes IELTS tersebut. Maka dari itu lah, tips sukses menghadapi tes IELTS dibutuhkan.

 

 IELTS merupakan serangkaian tes yang dirancang sedemikian rupa untuk menguji kemampuan anda dalam mendengar, berbicara, membaca dan menulis Bahasa Inggris. Tes IELTS biasanya dibagi menjadi 4 sesi berbeda, yaitu: tes menulis hingga membaca peta dan diagram. Mulanya tes IELTS memang terlihat sulit. Namun jika kamu terus berlatih dan melakukan persiapan yang baik, kamu pasti bisa mendapatkan skor yang sesuai dengan keinginan kamu. Kali ini artikel akan membagikan informasi seputar tips menghadapi tes IELTS agar kamu bisa melakukan persiapan matang dan mendapatkan hasil yang diinginkan.

 

Kiat Sukses Mengikuti Tes IELTS

Sebelum kamu akan melanjutkan langkah untuk ikut tes IELTS, alangkah baiknya jika lebih dulu kami menyimak informasi penting sebelum kamu akan mendaftarkan diri. Setidaknya kamu tau jika nilai tes IELTS ini hanya berlaku selama 2 tahun, dan bahkan ada beberapa universitas yang mewajibkan hasil nilai tes IELTS dalam kurun waktu hanya satu tahun. Maka dari itu, sebaiknya kamu mengikuti tes ini secepatnya sebelum tahun keberangkatan kamu ke luar negeri.

Ujian tes IELTS ini hanya diadakan seminggu sekali dan biasanya akan diadakan pada hari sabtu dan hasil tes IELTS baru akan didapatkan setelah kurang lebih selama 13 hari setelah tes usai. Maka dari itu, persiapan matang memang perlu untuk dilakukan sebelum akan mengikuti tes. Berikut beberapa kiat sukses ikut tes IELTS.

 

Selalu Dengarkan Berbagai Aksen Bahasa Inggris

Perlu untuk kamu ketahui jika rekaman pada sesi listening hanya akan diputar satu kali saja. Selain dari itu, akan ada banyak akses Inggris yang akan digunakan ketika memasuki sesi listening, baik akses orang Amerika, New Zealand, Australia dan Inggris. Maka dari itu, sangat penting bagi kamu untuk dapat memahami Bahasa Inggris dengan berbagai aksen. 

 

Teruslah berlatih

Tidak hanya masalah kemampuan kamu dalam menjawab tiap pertanyaan saja, namun dalam tes kecepatan kamu dalam mengerti soal dan menjawab pertanyaan juga akan dibutuhkan. Sebab dalam tes listening, kamu akan diberikan waktu selama 40 menit dan 10 menit terakhir yang hanya diperuntukkan untuk menyalin jawaban. Maka dari itu, sebelum mengikuti tes, pastikan kamu sudah melatih diri kamu untuk menjawab yang berdasarkan dengan waktu yang akan diberikan ketika tes nanti.

Pahami apa yang menjadi problem kamu dalam mengikuti tes nantinya, misalnya kamu belum fasih dalam membaca bahasa inggris, maka kamu perlu melatih diri kamu untuk membaca bahasa inggris lebih banyak.

 

Siapkan strategi

Dengan mempersiapkan strategi yang tepat, maka kamu bisa mengaktifkan waktu sebaik mungkin ketika menghadapi tes IELTS. Umumnya, setiap orang memiliki strategi tes yang efektif bagi dirinya sendiri. Maka dari itu, pastikan kamu juga memiliki itu.

Baca juga Tips Sukses Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

Menulis seperti native speaker

Membaca dan menulis adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan dalam mengikuti tes bahasa inggris. Maka dari itu, diri kamu sudah terbiasa membaca berbagai topik, seperti misalnya iklan, majalag, berita, artikel, panduan dan lain lain.

Setelah kamu sudah terbiasa dengan membaca, pastikan juga kamu sudah membiasakan diri kamu untuk menulis dalam bahasa inggris. Sebab untuk menyelesaikan tes, kamu akan dituntut untuk menuliskan jawaban atas setiap soal yang telah diberikan sebelumnya.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk bisa sukses mengikuti tes IELTS. Selamat mencoba dan semoga membantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here