Kisah ARYA M. RAMADHAN: Lulusan Pondok Pesantren yang Kuliah di Eropa!

0
808
berkuliah.com

Kamu masih Ingat dengan Postingan Sebelum nya tentang Universita Della Calabria di Italia? Ciao Raga, kenalkan  Arya Maulana Ramadhan dari Karawang,Jawa Barat yang sedang melanjutkan kuliah di Universita Della Calabria (ITALIA). Dia berhasil mendapatkan beasiswa Centro Residenziale beasiswa Berasal Dari pemerintah provinsi di Italia.

Beasiswa ini Memberikan kalian fasilitas gratis tempat tinggal, uang sekolah dan makan serta kalian juga Akan mendapatkan uang sebesar  900,00 euro per semester tapi beasiswa ini hanya berlaku hanya 1 tahun dan ketika kalian ingin mendaftar lagi pada tahun ke 2 kalian harus memperlihatkan nilai-nilai kuliah kamu selama 1 tahun ke belakang yang merupakan tolak ukur beasiswa kalian.

Arya pertama kali memiliki mimpi tersebut, ketika menginjak bangku kelas 2 Madrasah Aliyah (SMA). Waktu itu Arya menceritakan mimpi-mimpi nya itu kepada teman-teman dekatnya dan juga kepada kedua Orang tuanya. Alhamdulillah mereka merespon dengan sangat  baik dan mereka mendukung ketika mulai belajar bahasa Italia di pondok pesantren.

“Saya berjuang untuk mimpi-mimpi saya, karena melihat pemuda-pemuda di Indonesia saja bisa memperjuangkan cintanya untuk seseorang yang dicintai. Nah, maka dari itu saya berpikir kalau mimpi-mimpi saya juga harus di perjuangkan. Di dunia ini tidak ada yang langsung jadi semua itu butuh proses usaha dan doa, dan waktu itu Alhamdulillah saya di bantu sama teman-teman saya untuk selalu bersemangat dan optimis untuk bisa melanjutkan studi di Italia”.

 Proses Persiapan

Berawal dari mencari Informasi di internet tentang  beberapa universitas di Italia lalu akhirnya mendapatkan beberapa informasi tentang studi lanjutan di Italia.kemudian setelah mengetahui adanya forum pelajar Indonesia seperti PPI ITALIA & PPI CALABRIA, Kemudian dari sinilah Arya mulai bertanya-tanya tentang bagaimana berkuliah di Italia, mulai dari kapan mulai pendaftaran, dan apa saja persyaratannya, juga tidak lupa sampai bagaimana kehidupan disana. Berinteraksi dengan Komunitas seperti PPI ini sangat penting untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi seputar beasiswa dan perkuliahan di negeri orang,

 Hal Paling Berkesan

“Yang paling berkesan yaitu saya anak pondok pesantren, tapi bisa berkuliah di Italia, karena biasanya anak pondok pesantren kalau ingin melanjutkan studinya pasti yang terbayang adalah ke Timur Tengah seperti Mesir, Sudan, Maroko, dll. Karena saya ingin memperlihatkan sesuatu yang berbeda kalau anak pondok pesantren juga bisa melanjutkan studi ke Italia”.

Suasana belajar di Italia….

iklim dan Suasana belajar mengajar di italia menerutku cukup menyenangkan karena kita bisa bersosialisai dengan berbagai pelajar Internasional mulai teman kelas sampai teman rumah. Karakter teman-teman saya di kelas juga  sangat menyenangkan, jika diajak ngobrol dan berdiskusi tentang materi pelajaran yang dibahas di kelas mereka juga akan saling membantu

dan juga ketika ada teman yang kuang paham atau tidak paham tentang  pelajaran yang dipelajari. Begitu juga ketika di rumah, teman-teman saya sangat rajin mengajarkan Bahasa Italia. Dosen di sini juga sangat pengertian, ketika kita mulai  tidak paham materi pelajaran yang diajarkan. kita bisa menanyakanke dosen tersebut dan belajar kembali denganya sampai kita paham.

Tips untuk mencari Perlengkapan dan belanja

Tips untuk mencari Akomodasi dan perlengkapan di sini untuk makan-makanan biasanya kita berbelanja di took yang terdapat label Halal dan supermarket terdekat  untuk peralatan seperti baju,tas,jaket,dll  menurut saya menunggu barang yang bagus ketika ada discount summer dan winter supaya uang yang ada bisa di manfaatkan untu yang lebih baik lagi.

bayangkan jika ada barang pada  bulan desember dengan harga 140,00 € dan ketika di bulan January ada Discount besar sebesar 50% jadi barangnya bisa dibeli setengah harga bulan desember dan untuk setengahnya lagi kamu bisa membeli barang lain yang lebih bermanfaat atau nabung untuk jalan-jalan keliling Eropa, jadi menurut pergunakan uang seperlu nya dan sebaik-baiknya.
Traveling di italia dan tipsnya…..

“Alhamdulillah saya baru ke kota  Roma “doing” karena saya ingin menabung untuk  bisa keliling Italia ketika liburan summer biar lebih puas. Animo sepak bola di sini juga sangat bagus, biasanya kalau tim Juventus main di Liga Champions, di kampus membuat acara nonton bareng di kampus.

Dan juga  Karena di sini memang kebanyakan Tifosi(pendukung) Juventus, jadi ketika ada acara nonton barengnya hanya saat tim Juventus main saja. Dan Tips-Tips untuk traveling disini saya dapat dari di sini, yaitu kamu harus bawa surat-surat berharga seperti passport dan visa, tapi saat di sini kamu juga bisa membuat  permesso di sorggiono (surat ijin tinggal).

Dan Ketika visa kalian sudah habis masa berlakunya , kamu  bisa menggunakan  itu untuk mengganti visa kalian yang telah kadaluarsa.nah  Jadi saat kamu ingin berpergian ke luar negara Italia dan ada pemeriksaan beberapa indetitas,kamu juga bisa memeritahu kalau kamu di sini sudah legal dengan dibuktikan surat ijin tinggal di Eropa.

Motivasi dan pesan untuk teman-teman yang memiliki mimpi kuliah di Italia!
Di Italia ada istilah untuk memberikan sebuah semangat yaitu Fino Alla Fine (berjuang sampai akhir)! Jika kamu memiliki mimpi Berjuanglah untuk menggapai mimpi-mimpi kalian, karena mimpi-mimpi itu akan terwujud dengan usaha dan doa yang kita panjatkan. kalau kamu berpikir ingin memperjuangkan sebuah cinta untuk seseorang agar menjadi pacar kalian, mengapa kamu tidak bisa berjuang untuk mewujudkan mimpi-mimpi kamu sendiri?

Kalia harus ingat bahwa Sukses itu akan berbanding lurus dengan Usaha dan Doa. Tetap semangat dan berusaha mewujudkan mimpi yang sudah kamu bangun, jadikan cemoohan orang lain sebagai cambuk kamu untuk sukses dan membuktikan bahwa kamu bisa !

Biaya kampung inggris

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here