Konsep Mudah Memahami Tenses Dalam Bahasa Inggris!

2756

Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh orang Indonesia saat belajar bahasa inggris adalah memahami tenses.

Sejak SD hingga kuliah kita selalu diajarkan untuk menghafalkan 16 rumus tenses satu persatu. Seringkali cara ini membuat struktur kalimat dalam bahasa inggris terasa sulit untuk dipelajari. Namun, disamping menghafalkan rumus, bagaimana jika kita mencoba memahami tenses?

Artikel kali ini akan membahas tentang konsep mudah untuk memahami tenses dalam bahasa inggris. Mari kita mulai pembahasannya!

  1. Konsep waktu (time) dalam tenses

Jika kita amati lebih jauh, tenses di dalam bahasa inggris itu erat kaitannya dengan konsep waktu.

Berdasarkan konsep waktunya, kita bisa lihat bahwa waktu yang terlibat disini adalah waktu yang terjadi dan waktu yang belum/ tidak terjadi.

  1. Waktu yang terjadi:

Tenses yang melibatkan waktu yang terjadi disini maksudnya adalah saat kamu melihat atau membuat suatu kalimat, kamu tahu bahwa hal itu terjadi. Baik terjadi di masa lalu, ataupun sedang dan sering terjadi. Dari pemahaman ini kita bisa membaginya ke dalam past tense dan present tense:

  • Past Tense [Masa lampau]
  • Present Tense [Sekarang]

 b. Waktu yang belum/ tidak terjadi:

Sementara waktu yang belum terjadi disini adalah suatu kejadian yang memang belum atau tidak terjadi saat kita mengatakannya. Secara singkat, bisa dibilang hal tersebut adalah rencana dan prediksi di masa depan. Kita bisa menyebutnya dengan  future tense dan past future tense:

  • Future Tense [Rencana]
  • Past Future Tense [Prediksi] 
  1. Konsep konteks kejadian (event) dalam tenses

Setelah kita memahami konsep waktu dalam tenses, selanjutnya beralih ke konsep kejadian di dalam tenses. Yang kita perhatikan disini adalah konteks saat suatu kejadian itu terjadi.

Apakah kejadiannya sering terjadi hingga menjadi kebiasaan? Atau mungkin saat kita mengatakannya kejadian itu sedang berlangsung? Bisa juga sudah selesai terjadi, atau sudah terjadi namun masih berlanjut dalam durasi tertentu.

Konsep ini bisa kita bagi ke dalam empat bagian yaitu:

  • Simple 
  • Continues [Sedang berlangsung]
  • Perfect [Sudah selesai terjadi]
  • Perfect continues [Sudah terjadi dan masih berlanjut dalam durasi tertentu] 
  1. Time + Event

Nah.. 16 tenses yang seringkali kita hafalkan itu adalah penggabungan dari empat konsep waktu dan empat konsep event. Untuk lebih mudahnya kamu bisa lihat tabel dibawah ini:

TIME Past Present Future Past Future
EVENT
Simple Simple Past Simple Present Simple Future Simple Past Future
Continues Past Continues Present Continues Future Continues Past Future Continues
Perfect Past Perfect Present Perfect Future Perfect Past Future Perfect
Perfect Continues Past Perfect Continues Present Perfect Continues Future Perfect Continues Past Future Perfect Continues

 

Tulisan berwarna biru menandakan konsep waktu, sedangkan yang berwarna oren menandakan konsep konteks kejadian terjadi. Nantinya, saat kamu melihat struktur kalimat bahasa inggris, kamu bisa memahaminya lewat penggabungan konsep time + event ini.

Jadi gimana? Kamu lebih paham ga sama konsep tenses sejauh ini? Sejujurnya, kalo kamu paham akan konsepnya, kamu ga perlu bersusah payah menghafalkan rumusnya lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here