Kosa Kata Bahasa Inggris yang Berhubungan dengan Lebaran

0
831

Puasa udah di 10 hari terakhir nih!! Gimana sama persiapan lebaran kamu? THR aman? Halal bi halal gimana? Semoga persiapan lebarannya aman deh ya.. Tapi ngomongin soal lebaran, kamu tau ga sih beberapa kosa kata bahasa inggris seputar lebaran? Kalau ga tau, kita bahas sama-sama yuk!

1. Shalat Eid
Di hari lebaran hal pertama yang paling penting dan utama dilakukan tentu saja shalat idul fitri di lapangan atau masjid setempat. Dalam bahasa inggris ‘Shalat Eid’ disebut sebagai ‘Eid prayer’.

Example:
My family and I get ready for Eid prayer at 6.00 o’clock.
Keluargaku dan diriku bersiap-siap sholat eid pada pukul 6.

2. Halal Bihalal
Sehabis sholat eid, biasanya para tetangga dan sanak keluarga akan berkumpul untuk mengadakan halal bihalal. Berhubung halal bihalal adalah tradisi yang hanya dilakukan di Indonesia, maka dalam bahasa inggris kita dapat menggunakan kata ‘halal bihalal’ juga. Namun, berhubung tujuan halal bihalal adalah untuk meminta maaf lahir dan batin maka ‘mohon maaf lahir dan batin’ dalam bahasa inggris bisa dilihat sebagai ‘To ask for forgiveness’

Example:
I would like to ask for forgiveness for everything that I had done to you in the past.
Mohon maaf lahir batin atas segala kesalahan yang sudah saya perbuatan di masa lalu ya.

3. THR
Saat berkumpul dengan keluarga dan tetangga ada salah satu tradisi yang sangat sulit untuk dilewatkan, yaitu pembagian THR. Tapi kamu tau ga sih THR kalo di bahasa ingris itu apa? THR adalah singkatan dari ‘Tunjangan Hari Raya (THR)’ yang kalo di dalam bahasa inggris menjadi ‘Religious Holiday Allowance’.

Example:
Mom, can I ask about my religious holiday allowance?
Ibu, bolehkah saya bertanya tentang THR saya?

4. Mudik
Nah.. Hal terakhir yang biasanya orang-orang lakukan pada saat lebaran adalah mudik. Dalam bahasa inggris ‘Mudik’ adalah ‘homecoming’ atau istilah lainnya pulang kampung.

Example:
Homecoming this year is a perfect homecoming ever!
Mudik tahun ini adalah mudik terbaik yang pernah ada!

Nah.. Beberapa istilah bahasa inggris yang berhubungan dengan lebaran udah kita pelajarin sama-sama. Jangan lupa untuk kamu praktekin di lebaran ini yaa! Siapa tahu kamu dapet tambahan THR, hehe..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here