Kosakata yang Pengucapannya Hampir Mirip, Namun Berbeda Makna

481
Kosakata yang Pengucapannya Hampir Mirip, Namun Berbeda Makna
Kosakata yang Pengucapannya Hampir Mirip, Namun Berbeda Makna

Disadari atau tidak, dalam mempelajari bahasa Inggris, mungkin kamu pernah ataupun seringkali mendengar kosakata yang pengucapannya hampir mirip, namun berbeda makna. Apa sajakah kosakata yang dimaksud? dan apa makna (arti) dari sejumlah kosakata tersebut?

Kosakata yang Pengucapannya Hampir Mirip, Namun Berbeda Makna

Sekilas, mungkin kamu pernah mendengar ada 2 kosakata dalam bahasa Inggris, yang mana saat diucapkan, terdengar hampir sama. Namun ternyata, jika ditulis dan dicari maknanya, keduanya memiliki arti yang berbeda.

Beberapa diantaranya antara lain:

1.Stationery dan juga Stationary

Kosakata yang pengucapannya hampir mirip, namun berbeda makna yang mungkin sering kamu temui yaitu “stationary”, dan juga “stationery”. Beberapa orang menyebutkan bahwa keduanya memiliki makna yang sama, yaitu “alat tulis”.

Namun nyatanya tidak demikian. Karena yang diartikan sebagai “alat tulis” adalah “stationery”. Sementara “stationary” sering digunakan untuk menyebut “sesuatu yang tidak bergerak”. Meskipun pengucapannya hampir mirip, namun cara penulisan dan makna dari kosakata tersebut jelas berbeda.

2. Dessert dan juga Desert        

Sekilas, kedua kosakata tersebut memiliki makna yang sama. Hal ini dikarenakan, cara pengucapannya juga terbilang mirip. Namun ternyata tidak seperti yang kamu kira. Karena makna dari “dessert” yaitu “makanan penutup”. Sedangkan “desert” adalah “padang pasir”.

3. Compliment dan Complement

Kosakata yang pengucapannya hampir mirip, namun berbeda makna lainnya yaitu “compliment” dan juga “complement”. Sekilas, kedua kosakata tersebut tak jauh berbeda. Hanya bedanya, yang satu menggunakan huruf “i” di tengah kalimat, dan yang satu lagi, memakai huruf “e”.

Namun tahukah kamu, selain untuk membedakan keduanya, adanya kedua huruf tersebut memang sengaja dipakai, karena kedua kosakata tersebut memang berbeda makna. Dimana “compliment”  diartikan sebagai “pujian/penghargaan”. Sementara “compliment” diartikan sebagai “penambah/pelengkap dari sesuatu”.

4. Lose dan juga Loose    

Selain kata-kata dalam bahasa Inggris diatas, kata (kosakata) lainnya yang memiliki pengucapan yang hampir mirip, namun berbeda makna yaitu kata “lose” dan juga “loose”. Dimana keduanya merupakan Kosakata Bahasa Inggris yang Sering ada dalam TOEFL.

Meskipun pengucapannya hampir mirip, namun keduanya memiliki makna yang tidak sama. Dimana yang satu yaitu kata “lose” memiliki makna “kehilangan”. Sedangkan “loose” diartikan dengan “membebaskan/melonggarkan”.

5. Assure dan Ensure                    

Kata “assure” diartikan sebagai “sesuatu yang akan terjadi”. Sedangkan kata “ensure” memiliki makna “meminjam sesuatu”. Dari maknanya saja, kita sudah tahu bahwa keduanya jelas berbeda. Meskipun memang saat diucapkan, kedua kata tersebut tidak jauh berbeda.

6. Bowl dan Ball

Kata lainnya yang sering dianggap sama, karena cara pengucapannya yang hampir mirip yaitu kata “bowl” dan juga “ball”. Jika “ball” tentunya digunakan untuk menyebut “bola”. Namun bagaimana dengan “bowl”?

Meskipun banyak yang tahu bahwa makna dari 2 kata tersebut berbeda. Dimana “bowl” ini diartikan dengan “mangkuk”. Namun nyatanya, masih banyak yang masih keliru dalam menyebut arti dari kedua kata tersebut, saat kedua kata tersebut diucapkan secara bersamaan.

Selain kosakata diatas, ada banyak lagi kosakata yang pengucapannya hampir mirip, namun berbeda makna, yang mungkin pernah ataupun sering kamu temui. Baik itu dalam literasi bahasa Inggris, maupun saat melakukan percakapan dengan orang lain.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here