Kuliah di Jurusan Arsitektur.? Berikut Peluang Karir Setelah Lulus

463

Les Bahasa Inggris di Bandung – Seorang ahli arsitektur merupakan profesi yang bertanggung jawab dalam merancang dan mengembangka sebuah proyek arsitektur seperti misalnya pembangunan jembatan dan infrastruktur lainnya.

Sebagai seorang ahli arsitektur, anda akan terlibat dalam sebuah tahap proyek, mulai dari perencanaan awal hingga pembangunan dan pemeliharaan. Nah bagi anda yang mungkin memiliki rencana ingin memilih jurusan kuliah arsitektur, perlu tau nih apa saja peluang karir yang dapat diambil selepas kualiah nanti.

 

Apa itu Arsitektur?

Mata kuliah jurusan arsitektur di indonesia memiliki peminat yang cukup banyak. Pasalnya, mahasiswa di program studi arsitektur ini akan mempelajari desain dan rancangan konstruksi pembangunan. Arsitektur lebih cenderung menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas. Sementara realisasi pembangunannya akan dilakukan oleh teknik sipil yang sesuai dengan instruksi dari konsep desain yang telah dibuat atau ditentukan oleh arsitekturnya.

Dalam jurusan kuliah arsitektur ada beberapa mata pelajaran yang mungkin akan menjadi materi pembelajarannya yang meliputi 

Matematika Arsitektur, Estetika Bentuk, Teknik Komunikasi Arsitektur, Gambar Teknik, Arsitektur & Lingkungan, Ilmu Bahan Bangunan, Tata Ruang, Mekanika Teknik, Arsitektur Etnik, Pencahayaan dan lain lain.

 

Peluang Karir

Selepas kuliah dari jurusan arsitektur nanti akan memberikan beberapa pilihan peluang karir yang dapat diambil seperti

 

Desain Arsitektur

Seorang ahli arsitektur dapat bekerja di perusahaan desain arsitektur untuk merancang dan mengembangkan proyek arsitektur mulai dari tahap perencanaan hingga proses pembangunannya. Tugas dalam bidang desain ini adalah merancang gambar dan model tiga dimensi, mengelola proyek dan juga memastikan kepatuhan dengan kode bangunan.

 

Manajemen Proyek Konstruksi

Seorang ahli arsitektur juga dapat bekerja sebagai manager proyek di bidang konstruksi. Tugas utama dari manajemen proyek konstruksi ini adalah merencanakan dan mengelola anggaran, jadwal, dan sumber daya manusia.

 

Konsultasi dan Layanan Desain

Ahli arsitektur juga dapat menjadi seorang konsultan atau penyedia layanan desain untuk perusahaan maupun klien secara individu. Tugas dalam bidang konsultasi ini adalah layanan desain yang meliputi membantu klien dalam merencanakan dan mengembangkan proyek, memberikan saran desain, dan mengelola proyek.

 

Keterampilan yang Diperlukan

Untuk dapat menjadi ahli arsitektur yang sukses, setidaknya anda memiliki sejumlah keterampilan,baik keterampilan teknis maupun non teknis. Berikut beberapa keterampilan yang dibutuhkan untuk dapat menjadi seorang ahli arsitektur.

 

Kreativitas

Seorang ahli arsitektur harus dapat memiliki kemampuan untuk berpikir secara kreatif dan mampu menghasilkan desain yang unik dan fungsional.

 

Keterampilan Komunikasi

Sebagai seorang ahli arsitektur juga setidaknya harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, baik secara lisan maupun secara tertulis, dengan para klein, kontraktor maupun bersama dengan anggota timnya.

 

Keterampilan Manajemen Proyek

Sebagai seorang ahli arsitektur yang akan terlibat dalam banyak proyek, anda akan melibatkan banyak orang penting, mulai dari para klien hingga tim dalam konstruksi. Maka dari itu, keterampilan manajemen proyek yang baik amat dibutuhkan untuk membantu memastikan jika nantinya proyek dapat berjalan dengan lancar dan selesai tempat pada waktunya.

Baca juga Jangan Salah Pilih, Inilah Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Karir di Bidang Teknologi

Kesimpulan

Peluang karir dari seorang ahli arsitektur tergolong cukup menarik dan sangat luas. Dengan mengembangkan keterampilan yang anda miliki di bidang arsitektur akan membuka peluang karir yang menarik dan sukses dalam bidang arsitektur.

Sebagai tips memilih jurusan kuliah yang tepat, sebaiknya pilihlah jurusan yang memang menjadi minat anda, bukan memilih jurusan kuliah yang hanya dikarenakan anda ikut ikut atau banyak yang suka. Percayalah, belajar yang disertai dengan minat dan hobi akan memberikan peluang karir dan kesuksesan yang lebih besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here