Kuliah Jurusan Akuntansi.? Ini Keterampilan yang Dibutuhkan Menjadi Ahli Akuntansi

558

Les Bahasa Inggris di Bandung – Jurusan akuntansi merupakan salah satu jurusan yang  cukup populer di banyak universitas. Selain memiliki banyak peminatnya, jurusan akuntansi juga memiliki peluang karir yang menjanjikan. Maka tidak heran jika jurusan yang satu ini menjadi idaman bagi banyak calon mahasiswa.

Untuk dapat menjadi seorang ahli akuntansi dengan karir yang baik tentu akan dibutuhkan banyak keahlian di bidang akuntansi. Apa saja keahlian tersebut.? Simak selengkapnya sebagai berikut.

 

Keterampilan yang Dibutuhkan Menjadi Ahli Akuntansi

Hal dasar yang harus dimiliki oleh seorang ahli akuntansi yang akan menjadi persyaratan yang harus dipenuhi ketika melamar kerja adalah ijazah atau sertifikat lulusan sekolah akuntansi. Setelah menjenjang karir untuk menjadi seorang akuntansi, ada beberapa keahlian yang akan dibutuhkan. Apa saja itu.? Berikut beberapa diantaranya.

 

Kemampuan Analisis

Seorang yang bekerja sebagai akuntansi dibutuhkan kecermatan dan berorientasi pada detail. Seorang akuntansi akan dituntut untuk mampu menyaring sejumlah data keuangan yang besar dan kuat guna memastikan setiap detail akurat dan terbaru. Jika tidak, maka hasil laporan keuangan tidak akan konsisten.

 

Berpikir Kritis

Sebagai seorang yang bekerja sebagai akuntansi tentunya akan sangat sering menghadapi kesalahan, ketidak sesuaian dan ketikan akuratan mengenai data keuangannya. Jika hal tersebut terus terjadi dan tidak terdeteksi maka akan berdampak serius pada perusahaan dan klien. Maka dari itu, untuk menjadi seorang ahli akuntansi harus mampu mengatasi situasi kritis dengan mempertimbangkan semua variabel pengukuran dan potensi risiko. 

 

Komunikasi interpersonal yang baik

Selain memiliki keahlian dalam menganalisis data, seorang akuntansi juga harus mampu menjelaskan temuan mereka kepada rekan kerja maupun klien yang banyak diantaranya tidak memiliki pemahaman yang baik mengenai konsep keuangan secara terperinci. Maka dari itu, seorang akuntansi ahli, pada dasarnya berfungsi sebagai penerjemah data keuangan. 

 

Kemahiran Spreadsheet atau Microsoft Excel

Dulu seorang akuntansi memang harus memiliki kemampuan yang baik dalam menulis dan mendapatkan masalah keuangan. Namun di zaman sekarang ini, seorang akuntan bukan hanya dibutuhkan kemampuan menjabarkan data secara tertulis saja, namun juga harus mampu mengolah aplikasi pengolah data salah satunya seperti microsoft excel. Maka dari itu lah, mengapa dalam mata kuliah akuntansi kerap kali ditemukan pembelajaran mengenai rumus pengolahan data menggunakan microsoft excel atau google Spreadsheet.

Baca juga Jurusan Biologi, Karir dalam Bidang Kesehatan, Lingkungan, dan Penelitian

Memiliki kredibilitas dan integritas

Ketika membangun karir, anda membutuhkan kepercayaan diri maupun kepercayaan dari orang lain terkait pengelolaan data keuangan. Apabila anda mampu memperoleh kepercayaan dari orang lain, maka kredibilitas sikap yang perlu dipertahankan, khususnya jika Anda berprofesi sebagai akuntan yang memegang kewenangan penting. 

Dengan membangun diri yang kredibel, itu Anda juga menanamkan investasi yang untuk masa depan yang cerah dalam karier.

 

Memiliki Ketahanan Kuat

Tugas dari seorang akuntansi mungkin terdengar mudah bagi beberapa kalangan orang, namun nyatanya tugas seorang akuntansi jauh lebih berat dari yang terlihat. Seorang akuntan akan dituntut untuk bekerja dengan tepat waktu yang ketat yang menyesuaikan dengan kebutuhan dari banyaknya klien dari perusahaan tempat bekerja.

Tantangan yang paling sulit bagi seorang akuntansi adalah dapat menyelesaikan tugas tepat pada waktunya. Maka tidak heran jika seorang akuntansi harus memiliki ketahanan yang kuat, sebab dalam bekerja, ia kerap kali mendapatkan waktu lembur untuk menyelesaikan tugasnya.

Itulah beberapa keahlian yang harus dapat dimiliki oleh seorang akuntansi terutama bagi mereka yang bekerja di perusahaan perusahaan besar yang memiliki arus kas yang cukup besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here