Mahir Bahasa Inggris Dengan Program English For Specific Purpose (ESP)

315

Kampung Inggris – Ada banyak metode dan program pembelajaran bahasa inggris yang  dapat diikuti untuk bisa mahir berbahasa inggris. Salah satunya adalah dengan program English For Specific Purpose atau ESP. English For Specific Purpose atau ESP ini merupakan program pembelajaran yang lebih mengacu ke pendekatan pembelajaran bahasa inggris yang dimana hal hal yang diajarkan serta metode pengajarannya didasari dengan alasan dari para pembelajar ingin mahir dalam bahasa inggris.

Artinya, ESP ini merupakan tujuan khusus atau pendekatan dalam pelajaran bahasa dan pengguna bahasa inggris di bidang dan kajian khusus yang sesuai dengan kebutuhan bidang ilmu dan profesi dari penggunanya. Misalnya, anda ingin belajar bahasa inggris untuk keperluan pekerjaan sebagai tour guide, dokter, hukum, psikolog, teknik dan lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk menyiapkan pembelajar untuk menggunakan Bahasa Inggris baik untuk tujuan akademik, professional atau lingkungan kerja, dan perancangan program berdasarkan analisis kebutuhan. 

 

Kelebihan English for Specific Purposes Dibanding Kursus Bahasa Inggris Lain

Secara umum, ESP ini akan diajarkan kepada pelajaran bahasa asing untuk kegunaan di bidang tertentu. Yang menjadi kelebihan dan keunggulan dalam belajar menerapkan program ESP ini adalah dapat membuat anda belajar bahasa inggris sebagai media komunikasi secara lisan maupun tulisan, yang  berdasarkan dari kebutuhan masing masing.

Pening untuk anda ketahui, jika ESP ini berbeda dengan pengajaran bahasa inggris lainnya seperti General English. ESP merupakan metode atau materi pembelajaran yang dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan dari pembelajar nya, sehingga menciptakan ilmu pembelajaran yang lebih spesifik.

 

Manfaat English for Specific Purposes untuk Karyawan

Para manajer atau staf perusahaan yang berperan dalam interaksi dengan para partner atau client kerja yang berasal dari luar negeri, tentu akan lebih sering berinteraksi dengan warna asing, karena memang peran dan  tugas utamanya adalah menangani client tersebut. itulah mengapa, penting halnya untuk praktek speaking bahasa inggris.

Selain itu, kemampuan berbahasa inggris amatlah penting, sehingga siapa saja yang memiliki keunggulan tersebut, sering  kali dipromosikan oleh perusahaan untuk menempati posisi manager. Bagi tingkat junior dengan kemampuan berbahasa inggris akan sangat membantu perusahaan dalam memberikan informasi lebih cepat darilembaga yang dikelolahnya.

Bagi ingkat junior yang belajar bahasa inggris, pastinya akan mendapatkan peluang posisi akan dinaikkan menjadi manajer ketika posisi tersebut memang sedang kosong. Maka dari itu lah, sangat penting untuk menginvestasikan  diri dengan mahir berbahasa inggris.

 

Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Berdasarkan Bidang Keperluan

Belajar bahasa inggris dengan program ESP sebenarnya tidka jauh berbeda dengan belajar bahasa inggris program GE atau General English, hanya saja materi yang dipelajari lebih spesifik. Memilih program ESP ini paling pas bagi anda yang ingin mahir bahasa inggris dalam waktu singkat, sebab tidak semua materi belajar bahasa inggris harus dikuasai dalam hal ini.

Adapun beberapa upaya yang bisa diterapkan untuk mahir bahasa inggris dalam waktu singkat seperti

1. Membaca

Untuk memudahkan anda dalam memahami dan menguasai materi belajar dengan program ESP, anda bisa melatih diri dengan cara sering membaca. Karena program yang  diterapkan dalam hal ini adalah ESP, maka anda bisa membaca materi yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran.

 

2. Mengamati

Yang  dimaksud mengamati dalam hal ini adalah materi apa saja yang perlu anda pelajari yang berdasarkan dengan keperluan anda di lapangan nantinya. Jika anda belajar bahasa inggris untuk keperluan pekerjaan sebagai dokter, tentu anda akan membutuhkan materi pembelajaran yang berkaitan dengan obat, instruksi kesehatan, dan lain lainnya.

 

3. Menulis

Sama halnya dengan materi dalam belajar GE, melatih kemampuan belajar bahasa inggris dengan program ESP ini juga akan menuntut anda untuk dapat menulis dengan baik dan benar dalam bahasa inggris. Belajar menulis dalam belajar bahasa inggris ini akan sangat membantu untuk melatih kemampuan anda dalam menuliskan kosakata dengan ejaan yang baik dan benar.

Baca juga Waktu Terbaik Untuk Belajar Bahasa Inggris yang Efektif

4. Praktek berbicara

Menulis dan berbicara sudah menjadi dua hal wajib untuk dipelajari dalam bahasa inggris dengan program belajar apapun. Maka praktek bicara ini sudah menjadi hal yang wajib untuk dilakukan dalam belajar bahasa inggris. Praktek bicara akan lebih baik apabila anda telah menguasai materi menulis bahasa inggris, karena menulis menjadi dasar atau instruksi bagi anda dalam pengucapannya.

Nah itulah sekilas penjelasan mengenai program ESP dalam belajar bahasa inggris. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here