Mahir Berbahasa Inggris dengan Materi Grammar

320

Kampung Inggris Bandung – Belajar grammar atau tata bahasa merupakan suatu hal yang penting dalam mempelajari bahasa inggris. Pasalnya, grammar merupakan aturan aturan yang digunakan dalam membentuk sebuah kalimat dan memperjelas arti dari kalimat itu sendiri.

Tanpa adanya pemahaman terkait grammar dalam belajar bahasa inggris akan cukup sulit menjadi mahir dalam berbahasa maupun menulis menggunakan bahasa inggris. Lantas bagaimana cara belajar grammar dalam bahasa inggris.? Selengkapnya akan kami tuntas sebagai berikut

 

Definisi Grammar

Sebelum membahas mengenai tips belajar grammar dalam bahasa inggris, tidak ada salahnya jika lebih dulu kita mengenal grammar secara definisinya.

Grammar merupakan struktur penyusunan kalimat. Dengan penyusunan yang tepat maka kalimat akan menjadi ungkapan yang sempurna. Sebenarnya, struktur tata bahasa ini tidak hanya digunakan dalam bahasa inggris saja melainkan di semua jenis bahasa.

Dalam bahasa indonesia, grammar ini dikenal dengan istilah SPOK atau subject ,predikat, objek dan keterangan.

Pembelajaran mengenai tata bahasa ini sebenarnya sudah dipelajari sejak lahir, dimana ketika lahir kita akan sering mendengar orang orang berbicara di dekat kita sehingga seiring dengan bertambahnya usia kemampuan menata bahasa akan terjadi dengan sendirinya.

Untuk kita yang mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa kedua tentu saja akan mengalami kesulitan untuk dapat menyesuaikan tata letak kata dalam merangkai kalimat yang tepat. Namun selalu ada jalan untuk dapat mahir berbahasa inggris.

 

Tips Belajar Grammar untuk Jadi Mahir Bahasa Inggris

Ada banyak cara yang  dapat  dilakukan untuk belajar grammar agar mahir berbahasa inggris dan berikut kami telah merangkum beberapa cara mudah belajar grammar.

 

Pelajari tata bahasa dasar terlebih dahulu

Sebelum mempelajari tata bahasa yang lebih kompleks, lebih dulu pastikan jika anda telah mempelajari tata bahasa dasar seperti misalnya verb tenses (waktu kerja), prepositions (kata depan), articles (kata sandang), adjective clauses (klausa kata sifat), dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan mempelajari tata bahasa dasar, akan lebih mempermudah anda dalam memahami tata bahasa yang lebih kompleks.

 

Gunakan sumber belajar yang bervariasi

Ada banyak sumber belajar tata bahasa yang tersedia seperti misalnya website, aplikasi, buku, hingga berbagai bentuk video pembelajaran seputar belajar bahasa inggris. Pilihlah sumber pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar anda dan cobalah untuk menggunakan dan menggabungkan beberapa narasumber pembelajaran untuk memperkaya pemahaman tentang tata bahasa inggris yang baik dan benar.

 

Praktekkan tata bahasa dalam percakapan dan tulisan

Praktek adalah hal yang sangat penting untuk melatih diri agar mampu berbahasa inggris dengan baik dan benar. Cobalah untuk membuat kalimat kalimat pendek dengan tata bahasa yang baru anda pelajari, lalu berlatihlah dalam percakapan atau penulisan.

Baca juga Mengasah Keterampilan Menulis Bahasa Inggris dengan Mudah dan Efektif

Perbaiki kesalahan Anda

Catatlah setiap kali anda melakukan kesalahan dalam pengucapan atau penulisan kalimat dengan menggunakan bahasa inggris. Cobalah untuk memahami kesalahan tersebut dan cari tau bagaimana cara menggunakan tata bahasa yang baik dan benar. Perbaiki kesalahan tersebut di masa depan, sehingga Anda tidak membuat kesalahan yang sama lagi.

 

Berlatih secara konsisten

Berlatih secara konsisten sudah menjadi hal yang harus anda lakukan ketika belajar berbahasa inggris yang baik dan benar. Pembelajaran yang menjadi rutinitas sehari hari akan membuat anda terbiasa dengan bahasa inggris. Dengan berlatih secara konsisten juga akan membuat anda menjumpai banyak kesalahan yang akan membuat anda bisa belajar jadi lebih banyak sehingga anda akan lebih cepat mengerti akan tata cara berbahasa inggris yang benar.

Dalam belajar grammar, Anda harus dapat menguasai tata bahasa dasar terlebih dahulu, menggunakan sumber belajar yang bervariasi, berlatih dalam percakapan dan tulisan, memperbaiki kesalahan Anda, dan berlatih secara konsisten. Dengan pemahaman yang baik tentang tata bahasa, kemampuan dalam berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris akan meningkat dengan signifikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here