Majas Metafora Bahasa Inggris di dalam Lirik Lagu Barat

0
283

Apa itu majas metafora? Metafora atau yang dalam bahasa inggrisnya metaphor, adalah salah satu jenis majas (gaya bahasa) yang dipakai untuk mengungkapkan sesuatu, namun bukan dalam arti yang sebenarnya.

Kamu masih bingung? Mari kita lihat contohnya!

He broke my heart.

Jika diartikan secara literal, kalimat diatas memiliki makna “Dia mematahkan hatiku.”

Namun kita semua tahu bahwa arti dari kalimat itu bukanlah si laki-laki itu ‘benar mematahkan’ sebuah hati, kan? Itu artinya laki-laki tersebut melakukan suatu hal yang membuat si perempuan sedih atau kecewa.

Majas metafora ini adalah gaya bahasa yang sering sekali digunakan untuk membuat puisi atau pun lagu.

Mari kita bahas beberapa contoh lagu barat terkenal yang memiliki majas metafora di dalam lirik lagunya!

  1. Adele – ‘Easy on Me’

When I am drowning in this silence

Salah satu majas metafora yang terlihat jelas ada pada bagian lirik diatas. Secara literal dapat diartikan sebagai ‘ketika aku tenggelam dalam kesunyian’.

Namun arti sebenarnya adalah ‘kesunyian ini menyiksanya, hingga ia merasa sesak dan kewalahan’.

  1. Shawn Mendes – ‘Stitches’

Your words cut deeper than a knife
now I need someone to breathe me back to life

Lirik diatas secara literal mengartikan bahwa kata-kata seseorang mampu memotong lebih dalam dari sebuah pisau. Padahal kita semua tahu bahwa secara nyata, kata-kata seseorang tidak dapat digunakan untuk memotong sesuatu.

Jadi kata-kata tersebut hanyalah sebuah kiasan untuk mengatakan bahwa ‘kata-kata seseorang itu mampu membuat lawan bicaranya sakit hati.’

  1. Michael Buble – ‘Everything’

You’re a falling star, you’re the getaway car
you’re the line in the sand when I go too far
you’re the swimming pool, on an August day
and you’re the perfect thing to say

Kalau lirik lagu Michael Buble yang satu ini gombalnya bukan main! Dalam liriknya, ia ingin mengatakan bahwa seseorang yang dicintainya sangatlah sempurna. Namun ia menggambarkan kekasihnya itu dengan banyak hal yang indah dan menyenangkan, seperti: “Sebuah bintang jatuh”, “kolam renang di bulan Agustus”, dan lain-lain.

  1. One Direction – “One Thing”

So get out, get out, get out of my head
and fall into my arms instead

Nah, One Direction pun ga mau kalah gombalnya! Di dalam salah satu lirik mereka, mereka menyuruh sang pujaan hati untuk keluar dari kepalanya dan jatuh saja ke lengannya.

Secara literal mungkin sedikit tidak masuk akal. Bagaimana bisa seseorang masuk ke dalam kepala mereka, bukan? Namun arti sebenarnya adalah mereka terus memikirkan sang pujaan hati.

Itu dia beberapa contoh lagu barat terkenal yang memiliki majas metafora di dalam lirik lagunya! Coba sekarang giliran kamu yang menyebutkan lirik lagu favoritmu yang memiliki majas metafora di dalam liriknya! Boleh tulis di kolom komentar, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here