Manfaat Mempelajari Kalimat Aktif dan Pasif dalam Bahasa Inggris

307

Les Bahasa Inggris untuk Karyawan РMempelajari kalimat aktif dan pasif ketika belajar bahasa inggris akan memberikan beragam manfaat. Tidak hanya akan mempermudah  menguasai materi bahasa inggris saja, namun beberapa keuntungan lain tentu akan diperoleh seperti

 

Membangun Sebuah Kalimat yang Baik pada Sebuah Artikel

Kegunaan mempelajari kalimat aktif dan pasif dalam bahasa Inggris tidak hanya terbatas pada pembuatan artikel, tetapi juga memiliki implikasi yang luas dalam berbagai aspek penulisan dan komunikasi. Menguasai perbedaan antara kalimat aktif dan pasif adalah kunci untuk menyusun kalimat yang baik dan efektif dalam bahasa Inggris.

Pertama-tama, pemahaman tentang kalimat aktif dan pasif sangat penting dalam membangun sebuah artikel yang berkualitas. Hal ini berlaku tidak hanya dalam bahasa Indonesia, tetapi juga dalam konteks tata bahasa Inggris. Dengan memahami perbedaan dan penggunaan kedua jenis kalimat ini, seseorang dapat menghasilkan rangkaian kalimat yang lebih padu dan jelas dalam artikelnya.

 

Membangun Kerangka Pidato Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

Tidak hanya pada penulisan artikel, penggunaan kalimat aktif dan pasif juga berguna dalam menulis cerita pendek berbahasa Inggris dan menyusun pidato. Terutama ketika terlibat dalam kompetisi pidato dalam bahasa Inggris, penguasaan kalimat aktif dan pasif menjadi kunci untuk menyusun kerangka pidato yang baik dan benar. Banyak peserta dalam kompetisi semacam itu mungkin tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris yang sangat mahir, namun dengan menguasai perbedaan antara kalimat aktif dan pasif, mereka dapat menyusun pidato dengan lebih sempurna dan menggunakan bahasa formal yang sesuai.

Selain manfaat-manfaat di atas, penggunaan kalimat aktif dan pasif dalam bahasa Inggris juga berguna dalam berbagai kegiatan lainnya. Bahkan dalam berbicara (speaking), pemahaman tentang kalimat aktif dan pasif sangat diperlukan. Mengingat berbicara dalam bahasa asing tidak dapat dilakukan dengan sembarangan menyusun kata-kata, pemahaman tentang penggunaan kedua jenis kalimat ini akan membantu seseorang untuk menyampaikan pesan dengan jelas dan efektif.

Oleh karena itu, mempelajari kalimat aktif dan pasif dalam bahasa Inggris merupakan hal yang penting. Kemampuan ini akan memberikan pondasi yang kuat dalam pembuatan artikel, menyusun pidato, menulis cerita, dan berbagai kegiatan komunikasi lainnya. Dengan memahami perbedaan dan penggunaan kalimat aktif dan pasif, seseorang dapat menghasilkan kalimat-kalimat yang berkualitas, padu, dan lebih mudah dipahami oleh pembaca atau pendengar.

Baca juga Mudahnya Belajar Bahasa Inggris Secara Online dan Gratis

Perbedaan antara kalimat aktif dan kalimat pasif 

Kalimat Aktif

Subjek + Verb + Objek

 

Contoh

She (subjek) plays (verb) the piano (objek).

They (subjek) are studying (verb) English (objek).

 

Rumus Kalimat Pasif

Objek + “be” verb (tergantung pada bentuk waktu) + Verb (partisip pasif) + oleh (optional) + Subjek (optional)

 

Contoh

The piano (objek) is played (verb pasif) by her (subjek, opsional).

English (objek) is being studied (verb pasif) by them (subjek, opsional).

Perlu diingat bahwa dalam rumus kalimat pasif, penggunaan “be” verb (is, are, am, was, were, been, being) bergantung pada bentuk waktu kalimat tersebut. Juga, penambahan kata “oleh” (by) untuk menyebutkan pelaku (subjek) adalah opsional dan dapat dihilangkan jika tidak diperlukan atau tidak diketahui.

Hal paling paling penting dalam belajar bahasa inggris atau bahasa asing lainnya, adalah menguasai hal hal dasar menjadi landasan yang terpenting untuk menjadi mahir berbicara bahasa asing, karena melalui hal dasar tersebut, kita bisa mudah mengembangkan diri menjadi orang yang mahir berbicara menggunakan bahasa asing atau bahasa kedua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here