Mari Kita Pelajari Comparison Degree dalam Bahasa Inggris!

0
138

Kamu pernah ga sih membandingkan dua hal yang berbeda? Misalnya aja membandingkan siapa yang paling tinggi nilai di kelas atau perbandingan yang lainnya. Dalam artikel kali ini kita akan membahas tingkat perbandingan di dalam bahasa inggris atau biasa disebut comparison degree.

Kamu penasaran? Yuk langsung kita bahas bersama-sama!

Apa Itu Comparison Degree?

Comparison degree atau tingkat perbandingan adalah sebutan yang digunakan untuk membandingkan sesuatu. Entah satu hal itu adalah sesuatu yang setara dengan yang lainnya, lebih dari perbandingannya, atau sesuatu yang paling lebih diantara yang lainnya.

Bentuk Comparison Degree

  1. Positive (Setara)

Bentuk yang pertama adalah membandingan sesuatu yang setara. Perbandingan ini disebut perbandingan yang positive. Jika kita menggunakan perbandingan ini, artinya kita menyatakan bahwa dua hal yang kita bandingkan ini memiliki tingkat yang setara.

Ciri bentuk comparison degree positive adalah penggunaan as…as. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat contoh dibawah ini!

Example:

Jennie is as beautiful as Rose.

Jennie secantik Rose.

  1. Comparative (Lebih)

Bentuk comparison degree yang kedua adalah comparative atau lebih. Bentuk tingkat perbandingan yang satu ini menyatakan bahwa satu hal itu lebih daripada yang lainnya. Entah lebih pintar, lebih panjang, lebih tinggi, dll.

Ciri bentuk comparison degree yang berbentuk comparative adalah penggunaan more/er yang diikuti dengan than. Perbedaan kata yang menggunakan more dan –er adalah jumlah suku katanya.

Apabila kata tersebut memiliki satu suku kata saja maka kamu tinggal tambahkan –er. Namun apabila kata tersebut memiliki lebih dari satu suku kata, maka kamu harus gunakan more…than. Agar lebih jelas mari lihat contoh dibawah ini:

Example:

Kesha’s house is smaller than mine.

Rumah Kesha lebih kecil dibandingan dengan rumahku.

Kesha’s house is more beautiful than mine.

Rumah Kesha lebih indah dibandingkan dengan rumahku.

  1. Superlative (Paling)

Tingkat perbandingan yang terakhir adalah superlative. Tingkatan perbandingan ini menyatakan bahwa sesuatu itu adalah hal yang paling. Entah paling pintar, paling besar, paling kecil, dll. Apabila kita memakai bentuk yang satu ini, kita harus menyatakan tempat kita membandingkan sesuatu itu. Entah paling pintar dikelas, atau paling besar di kota Bandung, dll.

Tingkatan perbandingan yang satu ini ditandai dengan penggunaan the most/ the –est….in/on/at. 

Sama seperti comparative, perbedaan penggunaan the most dan the –est dapat dilihat melalui jumlah suku kata suatu kata. Untuk lebih rincinya mari kita lihat contoh dibawah ini:

Example:

Sasa is the tallest student in the class.

Sasa adalah murid tertinggi dikelas.

Sasa is the most famous student in the class.

Sasa adalah murid yang paling terkenal di kelas.

Nah.. Sekarang kamu sudah tahu kan apa itu comparison degree, dan bagaimana cara menggunakannya? Coba tulis di kolom komentar contoh kalimat dari masing-masing bentuk comparison degree ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here