Materi Belajar Complex Sentence dalam Belajar Bahasa Inggris

288

Les Bahasa Inggris untuk Karyawan – Menguasai tata bahasa Bahasa Inggris dengan baik adalah tujuan yang harus dicapai oleh setiap individu. Alasan di balik pentingnya tata bahasa yang baik adalah karena kemampuannya dalam meningkatkan kredibilitas personal seseorang. Namun, jangan khawatir, penguasaan tata bahasa tidaklah sesulit yang dibayangkan. Kamu dapat mempelajarinya melalui pendekatan per komponen.

Salah satu komponen tata bahasa yang dapat dipelajari adalah kalimat kompleks atau yang dikenal dengan sebutan “complex sentence”. Sudahkah kamu mengetahui apa itu kalimat kompleks? Mari kita cari tahu pengertian serta contoh-contoh kalimat kompleks di bawah ini.

 

Pengertian Kalimat Kompleks

Kalimat kompleks adalah jenis kalimat yang terdiri dari satu klausa induk (independent clause) dan satu atau lebih klausa anak (dependent clause). Perbedaannya terletak pada fakta bahwa klausa induk dapat berdiri sendiri sebagai kalimat utuh, sedangkan klausa anak bergantung pada klausa induk untuk memperoleh makna yang lengkap.

Dalam kalimat kompleks, kedua jenis klausa ini biasanya disatukan dengan menggunakan tanda koma atau kata penghubung (konjungsi). Untuk memahami lebih jauh mengenai kedua jenis klausa ini, berikut ini penjelasannya secara rinci.

 

Jenis Jenis Complex Sentence

Jika kamu tertarik untuk memperdalam pemahamanmu tentang tata bahasa Bahasa Inggris, salah satu topik yang perlu kamu pahami adalah jenis-jenis complex sentence atau kalimat majemuk bertingkat. Dalam artikel ini, kita akan membahas dua komponen penting dalam complex sentence, yaitu independent clause dan dependent clause.

 

Independent Clause

Independent clause, juga dikenal sebagai main clause, adalah komponen dalam complex sentence yang memiliki kemampuan untuk berdiri sendiri sebagai kalimat yang lengkap dan memiliki makna utuh. Artinya, independent clause dapat menjadi kalimat tersendiri dan tidak bergantung pada komponen lainnya dalam kalimat. Independent clause umumnya terdiri dari subjek dan predikat yang saling berkaitan.

 

Contoh

“I went to the store to buy some groceries.” (Saya pergi ke toko untuk membeli beberapa barang kebutuhan.)

“She is studying for her exams.” (Dia sedang belajar untuk ujian-ujiannya.)

 

Dependent Clause

Dependent clause, juga dikenal sebagai subordinate clause, adalah komponen dalam complex sentence yang bergantung pada independent clause untuk memberikan makna yang lengkap. Dependent clause tidak dapat berdiri sendiri sebagai kalimat yang mandiri karena masih membutuhkan informasi tambahan dari independent clause.

Dependent clause seringkali diawali dengan kata penghubung (konjungsi) seperti “that,” “because,” “although,” “if,” dan sebagainya. Fungsi dependent clause dalam complex sentence adalah untuk memberikan informasi tambahan, menggambarkan hubungan sebab-akibat, kondisi, waktu, atau kontras terhadap independent clause.

 

Contoh

“I will go to the park if the weather is nice.” (Saya akan pergi ke taman jika cuacanya bagus.)

“She cried because she was sad.” (Dia menangis karena dia sedih.)

Baca juga Mengenal Causality Conjunction dalam Belajar Bahasa Inggris

Kombinasi Independent Clause dan Dependent Clause

Dalam complex sentence, independent clause dan dependent clause sering kali digabungkan untuk membentuk kalimat yang lebih kompleks dan menyampaikan informasi yang lebih lengkap. Kedua jenis klausa ini dapat dihubungkan menggunakan tanda koma atau kata penghubung (konjungsi).

 

Contoh

“Although it was raining, they decided to go for a walk.” (Meskipun hujan, mereka memutuskan untuk pergi jalan-jalan.)

“I will call you later because I am busy right now.” (Aku akan meneleponmu nanti karena sekarang aku sibuk.)

Dengan memahami perbedaan antara independent clause dan dependent clause, kamu akan lebih mampu mengenali dan menggunakan complex sentence dengan tepat dalam tulisan dan percakapan Bahasa Inggrismu. Jangan ragu untuk berlatih dan menjelajahi berbagai contoh kalimat kompleks untuk meningkatkan pemahamanmu tentang tata bahasa Bahasa Inggris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here