Materi Dasar Belajar Bahasa Inggris yang Penting untuk Dikuasai

391

Kursus Toefl Bandung – Sama halnya dengan mempelajari berbagai hal lainnya, dimana belajar bahasa inggris juga perlu diawali dengan belajar hal hal dasar. Ada banyak hal dasar yang memang perlu untuk dipelajari ketika hendak memulai belajar bahasa inggris dari nol. Nah pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas mengenai beberapa hal dasar bahasa inggris. Ingin tau apa saja itu? Simak selengkapnya sebagai berikut.

 

Materi Dasar Belajar Bahasa Inggris yang Penting untuk Dikuasai

Meskipun ada sangat banyak materi yang memang harus dikuasai untuk bisa menjadi mahir dalam bahasa inggris, namun berikut kami merangkum setidaknya ada 5 materi dasar yang penting dan perlu untuk diketahui ketika memulai belajar bahasa inggris dari nol. Berikut kami merangkum beberapa diantaranya.

 

Memperdalam Pemahaman Bentuk Kata (Tenses)

Tenses atau bentuk kata merupakan landasan utama dalam mempelajari bahasa Inggris. Tenses digunakan untuk mengindikasikan waktu terjadinya suatu peristiwa, seperti masa lalu, masa kini, atau masa depan. Menyadari pentingnya pemahaman tenses, materi ini diberikan prioritas di awal pembelajaran bahasa Inggris.

Memahami seluruh 16 tenses yang wajib dipelajari akan membawa kamu ke tingkat penguasaan bahasa Inggris sebesar 60%. Oleh karena itu, tenses seringkali menjadi fokus utama dalam buku-buku pembelajaran bahasa Inggris.

 

Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan (Listening)

Setelah memahami tenses, tahap selanjutnya dalam mempelajari bahasa Inggris adalah meningkatkan kemampuan mendengarkan atau listening. Kemampuan ini dikembangkan melalui kegiatan mendengarkan kosakata dalam kalimat bahasa Inggris.

Dengan rutin mendengarkan, secara alami kamu akan terbiasa dengan istilah-istilah bahasa Inggris dan mampu memahami percakapan dalam bahasa Inggris.

 

Mengasah Keterampilan Membaca (Reading)

Setelah kemampuan mendengarkan terasah, penting bagi kamu untuk memperkaya kemampuan membaca atau reading. Membaca berbagai teks dalam bahasa Inggris, seperti procedure text dan descriptive text, akan membantu kamu dalam memahami struktur kata yang terbentuk dalam bahasa Inggris.

Melalui membaca, kamu akan mengembangkan kosakata bahasa Inggris dengan lebih luas. Teks-teks berbahasa Inggris akan memberikanmu sumber referensi yang berharga dalam menulis dan mengoreksi kalimat-kalimat dalam bahasa Inggris, sehingga kamu dapat mengembangkan keterampilan berbahasa Inggris dengan baik.

 

Melatih Keterampilan Menulis (Writing)

Menulis atau writing adalah aspek penting dalam belajar bahasa Inggris. Dengan menulis dalam bahasa Inggris, kamu dapat mengevaluasi sejauh mana kemampuanmu dalam berbahasa Inggris, baik dalam tata bahasa maupun kosakata.

Contohnya, mempelajari kalimat aktif (active voice) dan kalimat pasif (passive voice) merupakan hal mendasar dalam memahami bahasa. Melalui kegiatan menulis, kamu dapat melatih cara penulisan kalimat bahasa Inggris yang benar dan memperbaiki kelemahan yang ada.

Baca juga Tips Tepat Belajar Conversation Paling Cepat

Mengasah Keterampilan Berbicara (Speaking)

Setelah memperoleh pemahaman yang baik mengenai empat dasar-dasar belajar bahasa Inggris sebelumnya, tahap terakhir adalah mengembangkan keterampilan berbicara atau speaking. Hal ini dapat dilatih melalui membiasakan diri berbicara menggunakan bahasa inggris, maka cobalah untuk mencari lawan bicara kamu untuk belajar berbicara menggunakan bahasa inggris.

Kurang lebih itulah 5 materi dasar dalam bahasa inggris yang memang perlu untuk dipelajari dan dikuasai jika ingin menjadi mahir dalam berbicara menggunakan bahasa inggris. Namun jika kamu ingin menjadi mahir berbahasa inggris dalam waktu singkat, sebaiknya belajarlah di bawah bimbingan ahlinya dengan mengikuti kursus, les atau sekolah bahasa inggris. Selain akan mempermudah proses belajar, belajar bahasa inggris di bawah bimbingan ahli juga akan memudahkan kamu mengatasi kesulitan dalam belajar bahasa inggris, karena biasanya para ahli memiliki solusi yang tepat dalam belajar untuk tiap hambatan dan masalah yang dihadapi oleh para pelajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here