Memahami Pengertian, Rumus, dan Contoh Penggunaan Simple Present Tense

255

Kampung Inggris Bandung – Ketika belajar mengenai bahasa inggris, ada banyak hal yang memang perlu dan penting untuk dipelajari, salah satunya adalah bentuk tense. Tense sendiri terdiri dari 16 jenis yang meliputi simple present tense, present continuous tense, present perfect tense, present perfect continuous tense, simple past tense, past continuous tense, past perfect tense, past perfect continuous tense, simple future tense, future continuous tense, future perfect tense, future perfect continuous tense, simple past future tense, past future continuous tense, past future perfect tense, dan past future perfect continuous tense.

Setiap jenis tense memiliki rumus dan materi pembelajaran yang berbeda beda. Nah pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai simple present tense. Sedangkan untuk pembahasan mengenai jenis tense lainnya akan dibahas pada artikel selanjutnya.

 

Memahami Pengertian, Rumus, dan Contoh Penggunaan Simple Present Tense

Simple present tense merupakan bentuk waktu yang digunakan untuk menggambarkan suatu kejadian yang sedang terjadi pada saat ini atau kejadian yang berulang secara rutin (kebiasaan). Tenses ini adalah salah satu yang paling umum digunakan dalam Bahasa Inggris.

Rumus yang digunakan untuk membentuk kalimat dalam tense ini umumnya melibatkan penggunaan kata kerja dalam bentuk dasar atau Verb 1. Namun, terdapat pengecualian pada kata ganti orang ketiga tunggal, di mana Verb 1 ditambahkan dengan akhiran -s atau -es. Berikut ini adalah rumus-rumus tersebut

 

Kalimat positif (affirmative)

Subject + Verb (bare infinitive) + Object

 

Contoh

 I eat an apple. (Saya makan apel.)

She reads a book.( Dia membaca buku.)

They play football.( Mereka bermain sepak bola.)

 

Kalimat negatif (negative)

Subject + do/does + not + Verb (bare infinitive) + Object

 

Contoh

I do not eat an apple. ( Saya tidak makan apel.)

She does not read a book. (Dia tidak membaca buku.)

They do not play football. (Mereka tidak bermain sepak bola.)

Baca juga Materi Dasar Belajar Bahasa Inggris yang Penting untuk Dikuasai

Kalimat tanya (interrogative)

Do/Does + Subject + Verb (bare infinitive) + Object + ?

 

Contoh

Do I eat an apple? (Apakah saya makan apel?)

Does she read a book? (Apakah dia membaca buku?)

Do they play football? (Apakah mereka bermain sepak bola?)

Dalam Simple Present Tense, kata kerja (verb) pada umumnya ditambahkan akhiran -s atau -es ketika merujuk pada orang ketiga tunggal (he, she, it). Namun, terdapat beberapa pengecualian yang perlu diperhatikan. Misalnya, kata kerja yang berakhiran dengan -ss, -x, -ch, -sh, atau -o akan ditambahkan akhiran -es pada orang ketiga tunggal. Contoh: “Dia melempar bola” (He passes the ball). Selain itu, kata kerja yang berakhiran dengan konsonan-y akan mengubah y menjadi -ies ketika merujuk pada orang ketiga tunggal. Contoh: “Dia mencoba yang terbaik” (She tries her best).

Dengan memahami pengertian, rumus, dan contoh penggunaan Simple Present Tense, kita dapat menggunakan tense ini dengan tepat dalam berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. 

Sebagai materi dasar dalam belajar bahasa inggris, tense menjadi satu hal yang harus memang dipelajari ketika memulai belajar bahasa inggris sebagai pemula. Tanpa pemahaman dan belajar tense sebagai landasan dasar akan mempersulit kita untuk dapat memahami dan menguasai bahasa inggris dengan baik dan cepat. Maka dari itu, pastikan anda tidak lupa untuk mempelajari bentuk bentuk tense ketika belajar bahasa inggris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here