Memahami Perbedaan Antara “Older” dan “Elder” dalam Bahasa Inggris

1137

Kampung Inggris – Salam sejahtera, pembaca setia. Hari ini, kita akan membahas suatu aspek penting dari kosakata Bahasa Inggris, yaitu perbedaan antara kata “older” dan “elder”. Seringkali, kita bingung membedakan kata-kata yang terdengar mirip dalam Bahasa Inggris. Kedua kata ini, “older” dan “elder”, mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda, dan Anda mungkin pernah mencari tahu makna serta penggunaannya. Meski keduanya memiliki arti yang sama, mari kita telusuri perbedaan dan contoh penggunaannya.

 

Older

Kata “older” merupakan bentuk perbandingan (comparative form) dari kata “old” yang berarti “lebih tua”. Kata ini digunakan untuk merujuk pada sesuatu yang lebih tua, baik itu benda, manusia, atau binatang.

Contoh Kalimat

He is older than his sister. (Dia lebih tua dari adik perempuannya.)

The antique shop sells older furniture. (Toko antik menjual perabotan yang lebih tua.)

I prefer older movies over new releases. (Saya lebih suka film-film yang lebih tua daripada rilisan terbaru.)

She is older than me by three years. (Dia lebih tua daripada saya selama tiga tahun.)

The older generation often reminisces about the past. (Generasi yang lebih tua sering mengenang masa lalu.)

Older books tend to have a unique charm. (Buku-buku yang lebih tua cenderung memiliki daya tarik yang unik.)

In many cultures, elders are highly respected. (Di banyak budaya, orang tua lebih tua sangat dihormati.)

The antique clock in the living room is older than the one in the bedroom. (Jam antik di ruang tamu lebih tua daripada yang di kamar tidur.)

Sarah is my older sister; she is two years senior to me. (Sarah adalah kakak perempuan saya; dia dua tahun lebih tua dari saya.)

 

Elder

Perbedaan utama antara “older” dan “elder” terletak pada peran gramatikalnya dalam sebuah kalimat. Kata “elder” bisa berfungsi sebagai kata sifat (adjective) atau kata benda (noun). Sebagai kata sifat, “elder” berarti “lebih tua”, sedangkan sebagai kata benda, “elder” merujuk pada “orang yang lebih tua” atau “sesepuh” dalam suatu keluarga atau komunitas.

Contoh Kalimat

Respecting our elders is a traditional value in many societies. (Menghormati orang tua adalah nilai tradisional di banyak masyarakat.)

The elder members of the community often guide the younger ones. (Anggota yang lebih tua dalam komunitas sering membimbing yang lebih muda.)

She is the elder of the two sisters. (Dia adalah kakak dari dua saudara perempuan itu.)

The council seeks advice from the village elder in important matters. (Dewan mencari nasihat dari sesepuh desa dalam hal-hal penting.)

Elders play a vital role in preserving cultural traditions. (Sesepuh memainkan peran penting dalam mempertahankan tradisi budaya.)

In many indigenous cultures, elders are revered for their wisdom. (Di banyak budaya pribumi, orang tua lebih tua dihormati karena kebijaksanaannya.)

The elder generation witnessed significant historical events. (Generasi yang lebih tua menyaksikan peristiwa sejarah yang signifikan.)

The elder members of the community provide valuable wisdom and guidance. (Anggota yang lebih tua dalam komunitas memberikan hikmah dan panduan yang berharga.)

In many cultures, it is customary to respect our elder family members. (Dalam banyak budaya, menghormati anggota keluarga yang lebih tua adalah kebiasaan yang lazim.)

Baca juga Penggunaan dan Contoh Ditransitive Verb dan Lingking Verb dalam Bahasa Inggris

Singkatnya, meskipun “older” dan “elder” memiliki arti yang serupa, “elder” lebih spesifik digunakan untuk merujuk pada seseorang yang lebih tua dalam konteks keluarga atau masyarakat. Sementara “older” digunakan untuk merujuk pada segala hal yang lebih tua tanpa memandang hubungan sosial atau keluarga.

Semoga penjelasan ini membantu Anda memahami perbedaan antara “older” dan “elder”. Jangan ragu untuk berlatih menggunakan kata-kata ini dalam percakapan sehari-hari Anda untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda. Terima kasih atas perhatiannya dan sampai jumpa pada pembahasan berikutnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here