Memahami Perbedaan “Award” dan “Reward” dalam Bahasa Inggris

1000

Kursus Speaking Bandung – Dalam bahasa Inggris, seringkali terdapat kata-kata yang memiliki kemiripan dalam arti, tetapi digunakan dalam konteks yang berbeda. Dua kata yang seringkali membingungkan banyak orang adalah “award” dan “reward”. Meskipun keduanya terdengar mirip, keduanya memiliki penggunaan dan makna yang sedikit berbeda. Artikel ini akan membahas perbedaan antara “award” dan “reward” serta memberikan contoh-contoh penggunaannya dalam kalimat.

 

Apa itu Award?

Kata “award” merupakan bentuk kata benda (noun) dalam bahasa Inggris yang merujuk pada pengakuan atau penghargaan atas sebuah pencapaian. Dalam konteks ini, “award” diberikan kepada seseorang atau kelompok sebagai bentuk penghormatan atas prestasi yang telah mereka capai. Penghargaan ini bisa berupa bentuk fisik, seperti medali atau trofi, atau bisa juga berupa pengakuan dalam bentuk lain.

 

Contoh kalimat menggunakan kata “award”

She received an award for her outstanding performance in the competition. (Dia menerima penghargaan atas penampilannya yang luar biasa dalam kompetisi.)

The scientist was honored with a prestigious award for his groundbreaking research. (Ilmuwan tersebut dihormati dengan penghargaan bergengsi atas penelitiannya yang revolusioner.)

The team’s hard work and dedication were recognized with an award at the ceremony. (Kerja keras dan dedikasi tim diakui dengan penghargaan dalam acara tersebut.)

The award ceremony will take place next week to celebrate artistic achievements. (Upacara penghargaan akan berlangsung minggu depan untuk merayakan pencapaian di bidang seni.)

His novel received the highest literary award in the country. (Novelnya mendapatkan penghargaan sastra tertinggi di negara tersebut.)

 

Apa itu Reward?

Kata “reward” juga merupakan kata dalam bahasa Inggris yang memiliki arti serupa dengan “award”, tetapi digunakan dalam konteks yang sedikit berbeda. “Reward” merujuk pada insentif atau kompensasi yang diberikan kepada seseorang sebagai imbalan atas tindakan atau usaha yang dilakukan. Ini dapat berupa bentuk penghargaan dalam bentuk uang, barang, atau manfaat lainnya.

 

Contoh kalimat menggunakan kata “reward”

The company offers financial rewards to employees who achieve their quarterly targets. (Perusahaan memberikan imbalan finansial kepada karyawan yang mencapai target kuartal mereka.)

Parents often use rewards to encourage good behavior in their children. (Orangtua sering kali menggunakan imbalan untuk mendorong perilaku baik pada anak-anak mereka.)

The detective was given a substantial reward for solving the complex case. (Detektif tersebut diberikan imbalan yang besar atas penyelesaian kasus yang rumit.)

The online platform rewards loyal customers with exclusive discounts. (Platform online tersebut memberi imbalan kepada pelanggan setia dengan diskon eksklusif.)

Volunteers who dedicate their time to community projects deserve recognition and rewards. (Sukarelawan yang mendedikasikan waktu mereka untuk proyek komunitas layak mendapatkan pengakuan dan imbalan.)

The school’s academic excellence is often rewarded with scholarships for deserving students. (Keunggulan akademis sekolah sering kali dihargai dengan beasiswa untuk siswa-siswa yang pantas.)

The successful completion of the project was met with a bonus reward for the team. (Penyelesaian proyek yang sukses disambut dengan imbalan bonus untuk tim.)

Baca juga Penjelasan “Once, Twice, Thrice” Dalam Bahasa Inggris Lengkap Contohnya

Perbedaan Utama

Perbedaan utama antara “award” dan “reward” terletak pada konteks penggunaannya. “Award” lebih fokus pada pengakuan terhadap pencapaian atau prestasi, sedangkan “reward” lebih berfokus pada memberikan imbalan atas tindakan atau usaha yang dijalankan. Meskipun keduanya bisa berupa bentuk penghargaan, baik dalam bentuk fisik maupun non-fisik, penggunaan keduanya memiliki konotasi yang berbeda.

Penting untuk memahami perbedaan antara “award” dan “reward” agar dapat menggunakan keduanya dengan tepat dalam komunikasi bahasa Inggris. Dengan memahami konteks penggunaannya, kita dapat menghindari kebingungan dan menyampaikan pesan dengan lebih jelas dan akurat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here