Memahami Perbedaan Gerund dan Infinitive dalam Bahasa Inggris

237

Les Bahasa Inggris di Bandung – Dalam belajar bahasa inggris, ada banyak hal yang memang sangat penting dan perlu untuk dipahami, seperti halnya dengan Gerund dan Infinitive. Sebagaimana seperti yang kita ketahui, keduanya memiliki peranan yang berbeda beda dalam bahasa inggris. Untuk memahami keduanya, yuk kita bahas leih detail.

 

Struktur gerund dan infinitive

1. Gerund (Gerund)

Gerund adalah bentuk kata kerja yang diakhiri dengan akhiran “-ing” dan digunakan sebagai kata benda dalam kalimat. Ini adalah beberapa contoh struktur gerund:

Verb + ing: Contoh: “I enjoy swimming.” (Saya menikmati berenang.) Di sini, “swimming” adalah gerund yang digunakan sebagai objek kata kerja “enjoy.”

Preposition + Gerund: Contoh: “She is good at singing.” (Dia mahir dalam menyanyi.) Di sini, “singing” adalah gerund yang berfungsi sebagai objek preposisi “at.”

Gerund as the Subject: Contoh: “Reading is my favorite hobby.” (Membaca adalah hobi favorit saya.) Di sini, “reading” adalah gerund yang berfungsi sebagai subjek kalimat.

Gerund as Object of Possessive: Contoh: “I appreciate his helping me.” (Saya menghargai bantuannya kepada saya.) Di sini, “helping” adalah gerund yang digunakan sebagai objek kepemilikan (“his”).

 

2. Infinitive (Infinitif)

Infinitive adalah bentuk kata kerja dasar yang biasanya diawali dengan “to” (kecuali dalam beberapa kasus tertentu) dan dapat digunakan sebagai kata kerja, kata benda, atau kata sifat dalam kalimat. Ini adalah beberapa contoh struktur infinitive:

To + Verb (base form): Contoh: “I want to learn.” (Saya ingin belajar.) Di sini, “to learn” adalah infinitive yang digunakan sebagai objek kata kerja “want.”

Bare Infinitive (tanpa “to”): Contoh: “She can swim.” (Dia bisa berenang.) Di sini, “swim” adalah bare infinitive yang digunakan setelah kata kerja modal “can.”

Infinitive as Subject: Contoh: “To succeed requires hard work.” (Untuk berhasil memerlukan kerja keras.) Di sini, “To succeed” adalah infinitive yang berfungsi sebagai subjek kalimat.

Infinitive of Purpose (Tujuan): Contoh: “I went to the store to buy some groceries.” (Saya pergi ke toko untuk membeli beberapa barang belanjaan.) Di sini, “to buy” adalah infinitive yang mengindikasikan tujuan dari tindakan.

Kedua struktur ini memiliki banyak penggunaan yang berbeda dalam bahasa Inggris, dan pemahaman tentang kapan menggunakannya akan membantu Anda dalam berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris.

 

Fungsi gerund dan infinitive

Gerund dan infinitive adalah bentuk kata kerja yang memiliki berbagai fungsi dalam bahasa Inggris. Di bawah ini, saya akan menjelaskan beberapa fungsi utama dari keduanya:

 

Fungsi Gerund

Sebagai Kata Benda (Noun): Gerund dapat digunakan sebagai subjek, objek langsung, objek kata depan, atau objek kepemilikan dalam kalimat. Contoh:

Subjek: “Swimming is good exercise.” (Berenang adalah latihan yang baik.)

Objek Langsung: “I love swimming.” (Saya suka berenang.)

Objek Kata Depan: “She is good at swimming.” (Dia pandai berenang.)

Objek Kepemilikan: “I appreciate his helping me.” (Saya menghargai bantuan dari dia.)

Setelah Beberapa Kata Kerja: Beberapa kata kerja dalam bahasa Inggris diikuti oleh gerund. Ini termasuk kata kerja seperti “enjoy,” “hate,” “love,” “admit,” dan lainnya. Contoh:

“I enjoy reading.” (Saya menikmati membaca.)

“She admitted cheating on the test.” (Dia mengakui mencontek dalam ujian.)

Baca juga Pengertian Adverb of Frequency dalam Bahasa Inggris

Fungsi Infinitive

Sebagai Kata Kerja (Verb): Infinitive digunakan sebagai kata kerja dalam kalimat dan sering diawali dengan kata “to.” Ini dapat digunakan setelah banyak kata kerja modal seperti “can,” “will,” “must,” dan lainnya. Contoh

“She wants to travel.” (Dia ingin berpergian.)

“I can swim.” (Saya bisa berenang.)

Setelah Beberapa Kata Benda: Infinitive juga dapat digunakan setelah kata benda tertentu untuk menggambarkan tujuan atau maksud dari tindakan. Contoh:

“He gave me a book to read.” (Dia memberi saya sebuah buku untuk dibaca.)

“I need a pen to write a letter.” (Saya membutuhkan pena untuk menulis surat.)

Sebagai Kata Sifat (Adjective): Infinitive juga dapat digunakan sebagai kata sifat yang menggambarkan kata benda. Contoh:

“This is a book to remember.” (Ini adalah buku yang patut diingat.)

Penting untuk diingat bahwa penggunaan gerund atau infinitive dalam kalimat tergantung pada konteks kalimat dan kata kerja atau kata benda yang mengelilinginya. Beberapa kata kerja dapat diikuti oleh baik gerund maupun infinitive, dan maknanya dapat berbeda tergantung pada bentuk yang digunakan. Pemahaman konteks dan latihan akan membantu Anda menguasai penggunaan yang tepat dari gerund dan infinitive dalam berbagai situasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here