Membangun Karir dalam Bidang Desain Grafis, Jurusan dan Keterampilan yang Dibutuhkan

409

Kursus Ielts Bandung – Desain grafis merupakan salah satu bidang yang sangat menarik dan kreatif. Bidang ini tidak selalu berkaitan dengan desain visual semata, akan tetapi juga berkaitan dengan teknologi dan komunikasi. Maka dari itu, profesi desain grafis memiliki prospek yang cukup menjanjikan.  Melalui kesempatan kali ini, kami akan mencoba mengulas mengenai jurusan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk membangun karir di bidang desain grafis. Maka bagi anda yang memiliki minat terhadap desain grafis, perlu simak artikel ini sampai selesai.

 

Membangun Karir dalam Bidang Desain Grafis

Memilih jurusan perkuliahan di bidang desain grafis akan memberikan cukup banyak peluang karir setelah kuliah nanti.  Berikut beberapa jurusan dan keterampilan yang akan dibutuhkan dalam berkarir di bidang desain grafis.

 

Jurusan

Ada beberapa jurusan perkuliahan yang akan memberikan peluang karir di bidang desain grafis yang meliputi

Desain Grafis

Jurusan kuliah desain grafis merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin mempelajari keterampilan di bidang desain grafis seperti misalnya tipografi, ilustrasi, fotografi, branding, dan lain-lain. Mahasiswa jurusan ini juga akan belajar tentang teknologi dan software yang digunakan dalam desain grafis, seperti Adobe Photoshop, Illustrator, InDesign, dan lain-lain.

 

Seni Rupa

Jurusan seni rupa dapat menjadi pilihan yang juga cocok bagi mereka yang ingin membangun karir di bidang desain grafis. Mahasiswa yang memilih jurusan ini akan mempelajari mengenai keterampilan dasar dalam seni seperti halnya menggambar, melukis, dan membuat seni instalasi. Mereka juga akan mempelajari teknik-teknik desain visual, tipografi, dan komunikasi visual.

 

Teknologi Informasi

Memilih jurusan teknologi informasi juga dapat membangun karir di bidang desain grafis. Mahasiswa dengan jurusan ini akan mempelajari  mengenai hal hal yang berkaitan dengan dasar dasar teknologi, pemrograman dan database yang dapat berguna dalam pembuatan website dan aplikasi.

Dengan mempelajari beragam aplikasi tersebut dapat membuka peluang menjadi desain grafis yang menggunakan aplikasi desain.

 

Keterampilan

Untuk membangun karir di dunia desain grafis, terdapat beberapa keterampilan yang akan dibutuhkan yang meliputi

 

Keterampilan Desain

Keterampilan desain merupakan kemampuan untuk memahami prinsip prinsip desain, seperti misalnya tipografi, layout, komposisi, warna, dan sebagainya. Kemampuan ini akan sangat dibutuhkan dalam membantu desainer grafis untuk menciptakan desain yang menarik, efektif, dan mudah dipahami oleh klien atau pengguna.

 

Keterampilan Teknis

Keterampilan teknis menjadi kemampuan yang juga akan dibutuhkan untuk mengoperasikan software desain grafis dan teknologi terkait. Seorang desainer grafis harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang software desain grafis, seperti Adobe Photoshop, Illustrator, dan InDesign. Selain dari itu, mereka juga harus dapat  memahami format file dan resolusi gambar dengan cara membuat file yang siap untuk dicetak.

Baca juga Pilihan Karir yang Tersedia untuk Lulusan Jurusan Psikologi

Keterampilan Pemasaran

Meskipun keterampilan pemasaran tidak secara langsung dapat mempengaruhi kinerja, namun seorang yang ingin membangun karir di dunia desain grafis setidaknya memahami dasar dasar dari keterampilan pemasaran agar dapat memasarkan karya desain mereka dengan baik, baik itu melalui media sosial, website pribadi, atau portofolio. Selain itu, mereka juga harus mampu membangun hubungan baik dengan klien dan mempertahankan hubungan tersebut.

 

Kesimpulan

Membangun karir dalam bidang desain grafis membutuhkan keterampilan dan pengetahuan yang luas. Selain memilih jurusan yang tepat, seperti Desain Grafis, Seni Rupa, atau Teknologi Informasi, seorang desainer grafis juga harus memiliki keterampilan desain seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Dengan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memadai, seorang desainer grafis dapat membangun karir yang sukses dan berkembang di masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here