Memberi Saran (giving suggestion) dalam Bahasa Inggris

196

Les Bahasa Inggris di Bandung – Memberi saran adalah keterampilan penting dalam berkomunikasi, terutama saat berbicara dalam Bahasa Inggris. Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, memberi saran merupakan bagian dari materi “giving suggestion”. Saran atau suggestion adalah masukan yang diberikan oleh seseorang dengan harapan bahwa tindakan tersebut akan dilakukan oleh orang lain atau lawan bicara. Dalam situasi formal maupun informal, memberi saran membutuhkan kejelasan dan kebijaksanaan dalam memilih kata-kata yang tepat untuk mencapai tujuan komunikasi.

 

Contoh Memberi Saran dalam Bahasa Inggris

You Should…

You should practice writing every day to improve your skills. (Anda sebaiknya berlatih menulis setiap hari untuk meningkatkan kemampuan Anda.)

You should complete the assignment before the deadline. (Anda sebaiknya menyelesaikan tugas sebelum batas waktu.)

 

I Recommend You To…

I recommend you to read the novel; it’s very engaging and well-written. (Saya merekomendasikan Anda membaca novel ini; itu sangat menarik dan ditulis dengan baik.)

I recommend you to take the online course to enhance your digital marketing knowledge. (Saya merekomendasikan Anda mengambil kursus online untuk meningkatkan pengetahuan pemasaran digital Anda.)

 

I Suggest You To…

I suggest you to exercise regularly and maintain a balanced diet for a healthier lifestyle. (Saya menyarankan Anda berolahraga secara teratur dan menjaga pola makan seimbang untuk gaya hidup yang lebih sehat.)

I suggest you to work on your presentation skills; adding visuals might make it more impactful. (Saya menyarankan Anda memperbaiki keterampilan presentasi Anda; menambahkan visual mungkin membuatnya lebih berkesan.)

 

I Advise You To…

I advise you to update your passwords regularly to ensure the security of your online accounts. (Saya menyarankan Anda untuk secara rutin memperbarui kata sandi Anda untuk memastikan keamanan akun online Anda.)

I advise you to talk to a professional therapist if you’re feeling overwhelmed or stressed. (Saya menyarankan Anda berbicara dengan seorang terapis profesional jika Anda merasa tertekan atau stres.)

 

I Think You Have To…

I think you have to apologize for your mistake to maintain a positive relationship. (Saya pikir Anda harus meminta maaf atas kesalahan Anda untuk menjaga hubungan yang positif.)

I think you have to attend the seminar; it will provide valuable insights into the industry trends. (Saya pikir Anda harus menghadiri seminar; itu akan memberikan wawasan berharga tentang tren industri.)

BAca juga Memahami Ekspresi Menunjukkan Kepedulian dan Simpati dalam Bahasa Inggris

Contoh Dialog

Di sebuah kantor, dua rekan bisnis, Sarah dan David, sedang berbicara tentang strategi pemasaran baru.

Sarah: Good morning, David. I suggest we launch the new marketing campaign next month. It’s the perfect time to attract more customers. (Selamat pagi, David. Saya menyarankan kita meluncurkan kampanye pemasaran baru bulan depan. Ini saat yang tepat untuk menarik lebih banyak pelanggan.)

David: I agree, Sarah. You should prepare a detailed presentation for our next meeting. Visuals will make our proposal more compelling. (Saya setuju, Sarah. Anda sebaiknya menyiapkan presentasi yang rinci untuk pertemuan kita berikutnya. Visual akan membuat proposal kita lebih menarik.)

Dalam memberi saran, penting untuk memahami situasi dan kebutuhan lawan bicara. Penggunaan tata bahasa yang tepat dan sopan sangat diperlukan agar pesan Anda dapat dipahami dengan baik dan tidak menyinggung perasaan orang lain. Dengan memperhatikan contoh-contoh di atas, Anda dapat mengembangkan keterampilan memberi saran Anda dalam Bahasa Inggris secara efektif. Semoga informasi ini bermanfaat untuk memperkaya kemampuan berbahasa Inggris Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here