Mengenal Adverb of Frequency dan Contohnya

272

Kursus Ielts Bandung – Dalam perjalanan pembelajaran bahasa Inggris, terdapat beberapa fokus utama yang perlu ditekankan, seperti memperluas kosakata dan belajar menyusun kalimat yang tepat serta benar. Sama halnya dengan bahasa Indonesia, kalimat dalam bahasa Inggris juga membutuhkan unsur subjek, predikat, objek, dan keterangan.

Kali ini, mari kita membahas salah satu jenis kata keterangan yang penting dalam bahasa Inggris, yaitu adverb of frequency atau kata keterangan keteraturan waktu. Apa sebenarnya adverb of frequency ini? Dan mengapa ia dianggap sebagai kata keterangan yang penting? Mari kita bahas lebih detail.

 

Definisi Adverb of Frequency

Seperti namanya, adverb of frequency adalah kata keterangan yang digunakan untuk menunjukkan seberapa sering atau seberapa intens sebuah kegiatan dilakukan atau sedang terjadi. Jawaban yang menggunakan kata keterangan ini umumnya berupa angka atau fraksi yang mengindikasikan frekuensi suatu kegiatan.

Dalam mengajukan pertanyaan terkait adverb of frequency, kita dapat menggunakan kalimat tanya seperti “How often” (seberapa sering), “How frequently” (seberapa frekuensinya), dan “How many times” (berapa kali) untuk memperoleh informasi yang diinginkan. 

Secara umum, adverb of frequency dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu adverb of definite frequency (keteraturan waktu pasti) dan adverb of indefinite frequency (keteraturan waktu tidak pasti). Meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama dalam menjelaskan intensitas atau frekuensi suatu kegiatan, namun terdapat perbedaan dalam spesifikasi waktunya.

 

Mari kita lihat contoh-contoh pertanyaan berikut

How often do you go to the gym? (Seberapa sering Anda pergi ke gym?)

How frequently does she study for her exams? (Seberapa sering dia belajar untuk ujiannya?)

How many times a week do they practice basketball? (Berapa kali dalam seminggu mereka berlatih basket?)

How often do you eat out at restaurants? (Seberapa sering Anda makan di restoran?)

How frequently does he visit his grandparents? (Seberapa sering dia mengunjungi kakek neneknya?)

How often do you clean your room? (Seberapa sering kamu membersihkan kamarmu?)

How many times a month do they go on vacation? (Berapa kali dalam sebulan mereka pergi berlibur?)

How often do you have team meetings? (Seberapa sering Anda mengadakan rapat tim?)

How frequently does she go shopping for groceries? (Seberapa sering dia pergi berbelanja bahan makanan?)

How often do you go for a run in the morning? (Seberapa sering Anda berolahraga lari di pagi hari?)

 

Macam-Macam Adverb of Frequency

Adverb of Definite Frequency

Merupakan jenis kata keterangan yang digunakan untuk menyatakan frekuensi sebuah kejadian atau peristiwa dalam waktu yang spesifik. Beberapa contohnya meliputi

 

Every (setiap)

Kata “every” dalam adverb of definite frequency perlu disertai dengan kata lain yang menjelaskan waktu secara spesifik. Contohnya, “every day” (setiap hari) atau “every month” (setiap bulan).

 

Once, twice, three times, etc. (sekali, dua kali, tiga kali, dan seterusnya)

Kata-kata seperti “once” (sekali), “twice” (dua kali), dan angka lainnya digunakan untuk mengindikasikan frekuensi secara pasti. Misalnya, “twice a week” (dua kali seminggu) atau “once a month” (sekali sebulan).

 

Yearly/Annually, Monthly, Weekly, Daily, Hourly (setahun sekali, setiap bulan, setiap minggu, setiap hari, setiap jam)

Kata-kata seperti “yearly” (setahun sekali), “monthly” (setiap bulan), “weekly” (setiap minggu), “daily” (setiap hari), dan “hourly” (setiap jam) digunakan untuk menyatakan frekuensi dengan interval waktu yang spesifik.

Baca juga Pengertian, Contoh dan Fungsi Kata Literally

Adverb of Indefinite Frequency

Jenis kata keterangan ini berbeda dengan adverb of definite frequency, karena tidak menyatakan frekuensi dengan waktu yang spesifik. Beberapa contoh adverb of indefinite frequency meliputi

 

Always (selalu)

Kata “always” mengindikasikan bahwa suatu kejadian terjadi tanpa henti atau dengan frekuensi yang sangat tinggi.

 

Constantly (selalu, terus-menerus)

Kata “constantly” memiliki makna serupa dengan “always”, yaitu menyatakan bahwa suatu kejadian terjadi secara berkelanjutan atau tanpa henti.

 

Usually, Normally, Frequently, Regularly, Often (biasanya, sering)

Kata-kata seperti “usually” (biasanya), “normally” (secara normal), “frequently” (sering), “regularly” (secara teratur), dan “often” (sering) digunakan untuk menggambarkan frekuensi suatu kejadian yang terjadi dengan frekuensi yang cukup tinggi.

Dengan pemahaman yang lebih luas mengenai berbagai jenis Adverb of Frequency ini, kita dapat mengungkapkan kejadian atau kegiatan dalam bahasa Inggris dengan lebih akurat dan rinci. Teruslah berlatih dan meluaskan pengetahuan Anda dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here