Mengenal Fakultas dan Jurusan MIPA

418

Kampung Inggris Bandung – Banyak para calon mahasiswa yang kerap kali mempertanyakan mengenai fakultas dengan jurusan MIPA. MIPA merupakan sebuah fakultas yang memiliki baragam jurusan yang berkaitan dengan MIPA atau Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Menjadi mahasiswa di fakultas MIPA ini tentunya menyenangkan, terlebih bagi kamu yang cenderung menyukai hal hal yang berkaitan dengan hitungan dan mempelajari ilmu pengetahuan alam. 

Di fakultas jurusan MIPa ini, para mahasiswa akan mempelajari jurusan ilmu-ilmu eksak alias ilmu pasti. Secara ringkas, fakultas MIPA ini akan menjumpai beberapa jurusan seperti Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Seiring dengan perkembangan zaman, akar pengetahuan di bidang ini semakin bercabang yang juga berkaitan dengan intervensi teknologi dan dunia digital. bidang MIPa dulunya hanya memiliki beberapa jurusan saja seperti Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, namun seiring dengan meningkatnya zaman dan kebutuhan pendidikan yang semakin meluas membuat jurusan di MIPA terus bertambah. 

Beberapa fakultas MIPA kini telah menghadirkan beberapa jurusan baru seperti Geografi, Geofisika, Astronomi dan Meteorologi yang mempelajari kaidah ilmu fisika di dalam dimensi-dimensi yang berbeda (seperti bumi atau luar angkasa). 

 

Jurusan yang Ada Di Fakultas MIPA

Sebelum kamu memutuskan untuk memasuki fakultas dengan jurusan MIPA ini, ada baiknya jika lebih dulu jika kamu mengenal apa saja jurusan yang tersedia di dalamnya. Berikut beberapa jurusan yang mungkin akan kamu temukan di fakultas MIPA.

 

1. Matematika

Satu jurusan yang menjadi jurusan dasar dari fakultas MIPa adalah Matematika. Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari mengenai analisis matematika, aljabar, geometri dan lain sebagainya. Meskipun jurusan matematika ini hanya seputar mempelajari mengenai mata pelajaran hitung hitungan, kamu juga akan memiliki kesempatan untuk mempelajari mengenai komputasi, riset operasi, logika hingga statistika. 

 

2. Fisika

Etika memasuki fakultas MIPA, sudah dipastikan kamu juga akan menemukan jurusan fisika dimana yang merupakan salah satu jurusan IPA. Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari mengenai gejala alam atau materi dalam ruang dan waktu. di jurusan ini, kamu juga mungkin akan mendapatkan materi pembelajaran mengenai perilaku serta sifat materi dalam bidang. Ilmu fisika sangat dibutuhkan dalam mendukung perkembangan teknologi, komunikasi industri, kimia hingga kedokteran.

 

3. Kimia

Kimia juga bisa menjadi satu jurusan yang  juga akan kamu temui di fakultas MIPA. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari mengenai suatu komposisi, struktur, sampai sifat materi dalam atom dan senyawa lainnya yang saling berinteraksi.

 

4. Biologi

Teruntuk kamu yang suka mempelajari mengenai makhluk hidup, maka kamu dapat menemukan jurusan yang sesuai dengan passion kamu du fakultas MIPA yaitu biologi. Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai mata pelajaran yang menyangkut genetika, fisiologi, ekologi, anatomi organisme, dan lainnya yang terkait. Di sini, kamu akan menjumpai materi pembelajaran yang akan membahas mengenai struktur hewan, tumbuhan, manusia, genetika, dan lain lain.

 

5. Statistika

Salah satu jurusan kuliah yang muncul di fakultas MIPA adalah statistika. Jurusan ini akan memberikan banyak bekal bagi para mahasiswa untuk memasuki dunia kerja di berbagai tempat seperti perbankan, manufaktur, BPS, BAPPENAS dan sebagainya.

Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari mengenai beberapa materi pembelajaran yang meliputi metode statistika, numerik, aljabar dll hingga analisis data kategorik.

Baca juga Prospek Kerja Dari Jurusan Filsafat Yang Dikenal Sebagai Induk Semua Ilmu

6. Astronomi

Salah satu jurusan yang terbilang sudah cukup langka dan jarang ditemukan ini mungkin akan kamu temukan di fakultas MIPA sebagai satu jurusan yang tergolong akar dari MIPA. Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan benda benda langit. Seorang lulusan jurusan Astronomi ini akan memiliki peluang karir bekerja di Observatorium atau lembaga antariksa lain. 

Selain beberapa jurusan yang telah dijelaskan tersebut, tentunya akan ada jurusan lain yang mungkin akan ditemukan di fakultas MIPA seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan pendidikan yang terus maju.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here