Mengenal Jenis, Fungsi dan Cara Penggunaan Noun Dalam Belajar Bahasa Inggris

328

Les Bahasa Inggris di Bandung – Ketika anda belajar menguasai bahasa inggris, maka pembelajaran dasar yang akan anda pelajari adalah mengenai tata bahasa. Dimana tata bahasa yang akan dipelajari akan berkaitan dengan Subject and predicate, noun, verb, adjective, adverb dan lainnya. Namun pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas mengenai noun. Lantas apa itu noun, dan apa fungsinya dalam bahasa inggris.? Selengkapnya akan kami ulas sebagai berikut.

 

Mengenal Jenis, Fungsi dan Cara Penggunaan Noun

Pada dasarnya, noun merupakan sebuah kata benda yang kerap digunakan untuk menamai tempat, orang, benda maupun ide. Noun menjadi elemen penting yang akan merangkai kata menjadi sebuah kalimat yang sempurna, kalimat dimana dapat mudah untuk dimengerti oleh lawan bicara. Melalui artikel kali ini, kami akan mengulas lebih dalam mengenai noun.

 

Tipe-tipe Noun

Pada dasarnya, boun dalam bahasa inggris ini dibagi menjadi beberapa tipe yang meliputi

Common Noun

Common noun merupakan jenis noun yang digunakan untuk menunjukkan orang, tempat atau benda secara umum seperti dog, city, dan teacher.

 

Proper Noun

Proper noun merupakan jenis noun yang biasanya akan digunakan untuk menunjukkan nama orang, tempat, atau benda secara spesifik. Contohnya ahmad (nama orang) dan Bandung (nama kota)

 

Countable Noun

Countable noun merupakan jenis noun yang digunakan untuk menghitung jumlah benda yang dapat dihitung secara langsung misalnya one apple, two apple, dan seterusnya.

 

Uncountable Noun

Sementara Uncountable noun berikan jenis noun yang digunakan untuk menunjukkan benda yang jumlahnya tidak dapat terhitung seperti misalnya air, beras, dan gula.

 

Collective Noun

Collective noun merupakan jenis noun yang digunakan untuk menyebut sekelompok orang, binatang, atau benda. Contohnya family, team , dan herd.

 

Fungsi Noun dalam Kalimat

Dalam penggunaan noun ketika berbicara dalam bahasa inggris, noun akan mewakili beberapa fungsi seperti

 

Sebagai Subject

Noun dapat digunakan sebagai subjek dalam sebuah kalimat. Seperti misalnya The dog barks loudly (Anjing menggonggong dengan keras).

 

Sebagai Object

Noun juga dapat digunakan sebagai objek dalam sebuah kalimat seperti misalnya She loves her cat very much (Dia sangat mencintai kucingnya).

 

Sebagai Possessive Noun

Noun juga dapat berfungsi sebagai possessive noun, yang menunjukkan kepemilikan seperti misalnya The girl’s bag is very heavy (Tas gadis itu sangat berat).

 

Sebagai Object of Preposition

Noun juga dapat menjadi objek dari preposisi seperti misalnya He is sitting on the chair (Dia sedang duduk di atas kursi).

 

Sebagai Predicate Noun

Noun juga dapat digunakan untuk sebagai predicate noun, yang menunjukkan karakteristik atau identitas subjek seperti misalnya She is a doctor (Dia seorang dokter).

Baca juga Mempelajari Noun (Kata Benda) dalam Bahasa Inggris

Tips dalam Menggunakan Noun

Untuk menjadi mahir berbahasa inggris dan memahami noun sebenarnya bukanlah hal yang sulit, asalkan anda mempelajarinya secara bertahap. Maka dari itulah dalam kelas belajar bahasa inggris materi yang akan diberikan secara bertahap agar dalam proses pembelajaran dari setiap materi dapat berjalan dengan mudah. Untuk menggunakan noun dengan baik, berikut beberapa tips yang dapatĀ  diterapkan.

  1. Pastikan noun yang digunakan sesuai dengan konteks kalimat.
  2. Pastikan noun digunakan dalam bentuk yang tepat, baik itu singular atau plural.
  3. Hindari penggunaan noun secara berlebihan dalam sebuah kalimat.
  4. Periksa tata bahasa dan ejaan noun secara teliti.

Dalam belajar bahasa inggris, penggunaan dan pemahaman mengenai noun menjadi hal yang sangat penting. Tanpa adanya pemahaman mengenai tata bahasa akan membuat ungkapan tampak seperti tidak beraturan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here