Mengenal Jurusan Aeronautika dan Astronautika (Teknik Penerbangan)

328

Kampung Inggris Bandung – Teknik aeronautika adalah program studi yang  akan mempelajari seputar pengetahuan mengenai kedirgantaraan yang mencangkup perancangan, pembuatan dan pengoperasian pesawat dan wahana antariksa lainnya. Fokus utama pada jurusan ini adalah teknik pesawat terbang.

Meskipun setiap kampus atau institusi pendidikan yang  menyediakan jurusan  teknik aeronautika ini menawarkan konsentrasi yang berbeda beda, akan tetapi secara keseluruhannya akan mempelajari mengenai hal yang sama yaitu mengenai bidang teknik, mesin, dan teknologi. 

Pada jurusan ini, kamu tidak akan mempelajari mengenai wahana luar angkasa, sebab ada program atau jurusan khusus yang akan mempelajari hal tersebut yaitu astronautika.

Banyak yang beranggapan jika jurusan Aeronautika dan Astronautika merupakan dua jurusan yang  sama, padahal kedua jurusan tersebut merupakan jurusan yang berbeda. Memang, kedua jurusan tersebut sama sama mempelajari mengenai wahana yang  dapat terbang di udara. Akan tetapi, pada dasarnya ada berbagai jenis wahana yang dapat terbang  di udara. Jenis dari wahana dalam pembahasan inilah yang membuat kedua jurusan ini jadi berbeda, dimana aeronautika hanya mempelajari wahana yang terbang di dalam atmosfer bumi. Sedangkan astronautika mempelajari wahana yang dapat terbang di luar atmosfer bumi.

 

Keunggulan Teknik Aeronautika

Dalam memilih  jurusan pendidikan yang akan dijalani, tentunya tidak sembarangan dilakukan tanpa adanya pertimbangan yang dilakukan terlebih dahulu. Ada banyak hal yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih suatu jurusan, salah satunya adalah jumlah dari peminatnya.

Semakin banyak peminat dari suatu jurusan maka akan semakin menunjukkan jika jurusan tersebut memiliki banyak keunggulan. Begitu juga dengan jurusan teknik aeronautika yang dimana menawarkan banyak keunggulan di bidangnya. 

Sebagai salah satu jurusan yang memiliki banyak peminat, jurusan ini menawarkan jenjang karir yang cukup menjanjikan, sebab sudah menjadi keperluan sumber daya manusia di bidang teknik penerbangan yang selalu dibutuhkan.

Sehingga tidak akan salah jika kamu memilih jurusan yang satu ini untuk menunjang karirmu di masa depan nanti, terlebih lagi jika kamu memang tertarik dengan pesawat terbang, maka jurusan yang satu ini sangat direkomendasikan buat kamu.

Ada beberapa keunggulan yang perlu kamu ketahui mengenai jurusan Teknik Aeronautika ini yaitu

  1. Jenjang karir yang menjanjikan.
  2. Menjadi jurusan yang banyak diminati. 
  3. Jenjang pendidikan yang linear. 
  4. Meningkatkan kedisiplinan dalam berbagai hal.
  5. Menawarkan gaji yang fantastis di dunia kerjanya

Baca juga Mengenal Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)

Prospek Kerja Jurusan Teknik Penerbangan

Banyak yang beranggapan jika jurusan Teknik Penerbangan ini hanya akan mengetahui bidang yang sangat  spesifik yaitu mengenai pesawat. Kenyataannya, program studi jurusan ini mempelajari ilmu dasar keteknikan yang cukup luas yang mampu membentuk lulusan yang memiliki kemampuan kritis di bidang teknik mesin, maka bukanlah hal yang tidak mungkin jika para lulusannya bekerja di luar teknik penerbangan sebagaimana fokus pada ilmu pendidikannya.

Secara umum, terdapat dua sektor lapangan kerja bagi lulusan Program Studi Aeronotika dan Astronotika di Indonesia, yaitu sektor industri kedirgantaraan dan sektor lembaga penerbangan.

Mengingat industri kedirgantaraan yang mencakup industri global, maka kesempatan akan terbuka untuk memasuki dunia ketenagakerjaan internasional. Maka jika membahas mengenai prospek kerja yang dapat diperoleh oleh para lulusannya, maka kita akan membahas banyak hal terkait prospeknya yang sangat luas.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai jurusan Aeronautika dan Astronautika (Teknik Penerbangan) yang mungkin akan menjadi pertimbangan kamu nanti ketika hendak memilihnya sebagai jurusan pendidikan yang dapat menunjag karir mu di masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here