Mengenal Jurusan Agroteknologi Sampai Prospek Kerja Lulusannya

535

Kampung Inggris – Agroteknologi merupakan studi ilmu yang akan mempelajari mengenai hal hal yang berkaitan dengan pertanian, namun bukan berarti lulusan Agroteknologi ini ujung ujungnya akan menjadi petani yang menanam padi di sawah. Agar kamu tidak salah menilai prospek kerja dari lulusan Agroteknologi, yuk kenali dulu lebih dalam mengenai jurusan yang satu ini.

 

Agroteknologi/Agroekoteknologi

Di beberapa kampus, jurusan Agroteknologi ini juga kerap kali disebut dengan jurusan Agroekoteknologi yang pada dasarnya kata Agroteknologi dan Agroekoteknologi ini berasal dari  Agronomi dan teknologi. Agronomi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai segala fenomena dalam kaitannya dengan pertanian, mencangkup pengelolaan tanah dan produksi tanaman.

Sedangkan teknologi ini berkaitan dengan sains alam di sekitar kita (ekologi) dan bukan mengenai teknik bertani maupun perakit mesin untuk keperluan dalam pertanian. Sederhananya, Agroteknologi ini merupakan ilmu yang mempelajari seputar pertanian yang mencangkup bibit hingga menjadi produk akhir.

 

Kuliah Pertanian di Jurusan Agroteknologi

Penasaran dengan apa yang dipelajari di jurusan Agroteknologi.? Di jurusan Agroteknologi ini, kamu akan mempelajari mengenai tentang tanaman, pangan, hortikultura, dan tumbuhan. Kamu juga akan mempelajari mengenai bagaimana cara menanam, memproses panen, mengolah hasil panen, hingga memproduksinya hasil akhir yang baik.

Dengan kata lain, tujuan belajar mengenai sains dan perekayasaan produksi tanaman maupun pengelolaan tanah di jurusan Agroteknologi adalah agar mendapatkan hasil pertanian yang lebih baik. Dari hasil pertanian yang baik ini tentu juga akan mempengaruhi ketersediaan pangan dan kualitas hidup manusia yang lebih berkualitas.

Ketika berada di jurusan ini, kamu akan bertemu dengan beberapa macam mata kuliah yang menarik di bidang pertanian yang meliputi Sistem Pertanian Berkelanjutan, Teknologi Pasca Panen, Bioteknologi Pertanian, Teknologi Perlindungan Tanaman, Teknologi Pembenihan, Kesuburan Tanah dan Nutrisi Tanaman, Pengantar Ilmu Pertanian, dan masih banyak lagi mata kuliah yang berkaitan dengan pertanian yang akan kamu temui di jurusan ini.

 

Prospek Kerja Jurusan Agroteknologi

Nah bagi kamu yang selalu beranggapan mengenai jurusan Agroteknologi yang akan membuat para lulusannya hanya menjadi petani, berikut beberapa prospek kerja dari lulusan Agroteknologi yang mungkin tidak pernah terlintas di pikiranmu.

 

Peneliti

Prospek kerja yang pertama untuk para lulusan Agroteknologi adalah menjadi seorang peneliti. Sesuai dengan bidangnya, tentu saja disini kamu dapat memperoleh peluang karir untuk menjadi peneliti di bidang yang berkaitan dengan pertanian seperti produksi bidang pertanian.

Seperti yang kita ketahui, seorang peneliti memiliki peran penting dan menjadi indikator kemajuan dari suatu negara. Sehingga dapat prediksi hingga beberapa tahun mendatang, peneliti terkait bidang pertanian akan semakin banyak dibutuhkan sehingga akan membuka peluang kerja yang lebih luas untuk para lulusan jurusan Agroteknologi.

 

Konsultan Pertanian

Prospek kerja lain dari seorang lulusan Agroteknologi ini dapat menjadi seorang konsultan, di sini, kamu akan bertugas untuk memberikan saran, nasihat atau masukkan terkait industri pertanian. Seorang Konsultan Pertanian harus bisa memberikan bimbingan terkait manajemen SDM dalam pertanian beserta pengelolaan keuangan.

Seorang konsultan pertanian ini akan membuat program unggulan pertanian terutama dalam diversifikasi berbagai usaha tani. Di posisi ini tidak hanya akan membutuhkan wawasan yang baik seputar pertanian saja, namun juga komunikasi yang baik akan dibutuhkan guna mempermudah para client dalam memahami arahan atau masukkan yang akan kamu berikan.

Baca juga Mengenal Jurusan Kuliah Rekayasa Pertanian Hingga Prospek Kerjanya

Jurnalis Agroteknologi

Untuk kamu yang mungkin kurang merasa nyaman terikat dengan sebuah perusahaan atau pekerjaan, kamu bisa memilih untuk menjadi seorang jurnalis atau penulis terkait ilmu ilmu Agroteknologi. Kamu dapat merangkum pengetahuan yang telah kamu peroleh semasa kuliah untuk menjadi sebuah buku yang nantinya bisa kamu jual dalam bentuk buku cetak maupun e–book.

Nah setelah kamu mengenal jurusan Agroteknologi ini, apakah mau tertarik ingin menjadikannya sebagai jurusan pilihan kamu dibangku perkualiahan.? apapun jurusan yang akan kamu pilih nantinya, pastika jurusan tersebut sesuai dengan minat kamu agar proses belajarnya bisa jadi menyenangkan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here