Mengenal Jurusan Astronomi Hingga Prospek Kerjanya

402

Les Bahasa Inggris di Bandung – Meskipun jurusan astronomi ini merupakan jurusan yang tidak terlalu banyak diminati dari para calon mahasiswa di bangku perkuliahan, akan tetapi bukan berarti jurusan ini tidak memiliki prospek kerja yang baik. Agar kamu tidak salah menilai jurusan astronomi ini, yuk kita kenalan lebih dekat mengenai jurusan yang satu ini.

 

Apa Itu Jurusan Astronomi.?

Astronomi merupakan salah satu jurusan yang akan terfokus pada program studi yang mempelajari mengenai benda benda langit. Ilmu dasar yang akan dipelajari di sini adalah menggunakan dasar ilmu fisika. 

Selama di bangku perkuliahan, para mahasiswa akan menerapkan ilmu fisika terhadap benda benda langit. Selain dari itu juga akan mempelajari secara mendetail tentang struktur dan sifat fisik alam semesta beserta dengan isinya.

Di jurusan ini akan dibagi menjadi tiga keahlian yang mencangkup tata surya yang akan berfokus untuk mempelajari tata surya seperti planet, bintang, dan sebagainya. Kedua, fisika bintang dan yang ketiga adalah kosmologi. 

 

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Astronomi

Beberapa universitas yang saat ini menyediakan jurusan astronomi, beberapa diantaranya sudah menyediakan tiga jenjang pendidikan yaitu S1, S2 dan S3. Awal masuk jurusan ini, akan mengisi data fakultas MIPA yang barulah ketika memasuki semester kedua akan mengisi jurusan astronomi.

Selama dibangku kuliah dengan jurusan astronomi ini, kamu akan mendapatkan beberapa mata kuliah yang meliputi.

 

Ilmu MIPA

Mata kuliah pertama yang akan kamu dapatkan selama proses pendidikan di jurusan ini adalah MIPA yang akan meliputi materi matematika, fisika dan lain lain. Mata kuliah ini pada dasarnya akan mengulang materi yang pernah diperoleh semasa berada di SMA, guna mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi semester berikutnya.

 

Astrofisika

Selanjutnya, kamu akan mendapatkan mata kuliah astrofisika yang dimana kamu akan mempelajari mengenai fisika alam semesta dan juga sifat fisik yang dimilikinya seperti suhu, tingkat kepadatan, luminositas, dan sebagainya.

 

Tata Surya

Memasuki materi pembelajaran mengenai tata surya, kamu akan diperkenalkan dengan isi alam semesta dan fenomena yang ada di dalamnya, sehingga kamu akan mempelajari mengenai planet, satelit, bintang dan lain lain.

 

Pengantar Kosmologi

Mahasiswa jurusan astronomi ini juga akan memperoleh mata kuliah pengantar kosmologi, yang dimana mata kuliah ini akan mempelajari mengenai sejarah alam semesta yang mencangkup asal muasal terbentuknya semesta.

 

Sejarah Astronomi

Kamu juga akan mempelejari mengenai sejarah dan astronomi yang termasuk mengenai penemuan dari segala hal di bidang astronomi seperti planet, satelit dan lain lain.

 

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Astronomi

Berbekal beberapa materi pembelajaran tersebut, setelah berhasil menyelesaikan pendidikan di bangku perkuliahan, selanjutnya kamu akan mendapatkan beberapa prospek kerja yang meliputi

 

Bidang Penelitian

Di berbagai negara Asia Tenggara yang memiliki SEAN atau South East Asia Networking masih membutuhkan banyak tenaga ahli untuk melakukan penelitian terkait antariksa dan berbagai benda benda langit. Maka dari itu bagi para lulusan jurusan astronomi ini kamu memiliki kesempatan untuk menjadi seorang peneliti di SEAN.

Baca juga Pengen Masuk Jurusan Teknologi Pangan.? Cek Dulu Prospek Kerjanya

Dosen atau Guru Pembimbing

Sama halnya dengan jurusan lainnya yang dimana kamu juga akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi seorang dosen atau guru pembimbing selepas kuliah nanti. Namun untuk menjadi seorang dosen, kamu harus menyelesaikan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

 

Bekerja di Berbagai Media

Setelah lulus nanti, kamu juga bisa menjadi seorang editor atau penulis jurnal sains, majalah maupun media elektronik dengan menyampaikan berita terkait astronomi maupun memaparkan konsep konsep sains.

Nah bagaimana setelah kamu mengenal jurusan astronomi ini.? apakah kamu tertarik ingin memilihnya sebagai jurusan pilihan kamu di bangku kuliah nanti.? Apapun pilihan jurusan yang kamu ambil, selama didasari dengan minat yang besar tentunya akan memberikan hasil yang lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here