Mengenal Jurusan Fisioterapi di Bangku Perkuliahan

392

Kursus Toefl Bandung – Memasuki bangku perkuliahan, kita akan dihadapkan dengan beragam pilihan jurusan yang dapat dipilih yang berdasarkan minat masing masing dari para calon mahasiswa. Salah satu jurusan yang cukup populer dan banyak diminati adalah jurusan fisioterapi. Nah apa itu jurusan fisioterapi.? Bagi anda yang mungkin tertarik untuk berencana mengambil jurusan yang satu ini, yuk simak informasi lengkap mengenai jurusan fisioterapi ini.

 

Apa Itu Jurusan Fisioterapi?

Fisioterapi merupakan satu layanan kesehatan yang ditujukan untuk individu atau kelompok dalam upaya mengembangkan, memelihara serta memulihkan gerak serta fungsi sepanjang kehidupan dengan menggunakan modalitas fisik, agen fisik, mekanis, gerak dan komunikasi.

 

Sekilas Tentang Jurusan Fisioterapi

Bagi anda yang mungkin masih bertanya tanya apa itu sebenarnya jurusan Fisioterapi, nah jurusan Fisioterapi itu merupakan jurusan atau study yang akan mempelajari mengenai cara mengembangkan, memelihara serta memulihkan berbagai fungsi gerak pada tubuh manusia, dimulai dari pembentukan otot, sendi dan tulang. Sederhananya, jurusan ini akan mempelajari anatomi tubuh manusia. Tertarik dengan jurusan Fisioterapi.? Simak dulu informasi lebih dalam mengenai jurusan Fisioterapi ini.

 

Mata Kuliah Jurusan Fisioterapi

Ketika duduk di bangku perkuliahan tepatnya di jurusan Fisioterapi, para mahasiswa akan mempelajari materi terkait bagaimana cara menyembuhkan bagian bagian tubuh manusia akibat kecacatan, penyakit maupun cedera. 

Maka dari itu lah, pada jurusan Fisioterapi ini, secara tidak langsung anda juga akan diolah untuk mempelajari ilmu tentang anatomi, fisiologi, pergerakan otot dan sendi, serta ilmu lain yang terkait dengan fungsi tubuh manusia.

 

Prospek Kerja Lulusan Fisioterapi

Sebagai satu jurusan yang mempelajari mengenai tubuh manusia, maka jurusan Fisioterapi masuk ke dalam cabang ilmu kedokteran dengan prospek yang cukup menawan. Ada beberapa yang mengatakan jika profesi sebagai fisioterapis itu berat, namun dengan profesi ini anda akan mendapatkan peluang yang cukup besar untuk memperoleh gaji yang lebih besar setelah lulus kuliah nanti.

Nah apa saja prospek kerja dari para lulusan Fisioterapi ini? berikut beberapa diantaranya.

 

Fisioterapis klub olahraga

Pada suatu klub, kelompok atau tim olahraga akan membutuhkan seorang yang ahli dan berpengalaman di Fisioterapi guna mengatasi masalah cedera yang mungkin dapat terjadi ketika latihan atau melakukan pertandingan. Dengan begitu, anda sebagai lulusan kuliah dengan jurusan Fisioterapi ini dapat memperoleh peluang bekerja sama dengan klub olahraga.

 

Fisioterapis rumah sakit

Seorang lulusan Fisioterapi ini sudah cukup identik dengan bekerja di rumah sakit atau klinik kesehatan dalam hal membantu pasien rumah sakit yang mengalami masalah gerak yang diakibatkan oleh cedera, penyakit, cacat atau lainnya.

 

Fisioterapis mandiri

Tidak hanya bekerja dengan perusahaan saja, namun seorang lulusan Fisioterapi ini juga memiliki kesempatan membuka praktek sendiri. Namun untuk hal yang satu ini, setidaknya anda merupakan lulusan Fisioterapi K3 dan Neuromuscular, Pediatric dan lain-lain.

 

Dosen

Seperti halnya dengan jurusan lain pada umumnya, seorang lulusan Fisioterapi ini juga akan memperoleh kesempatan untuk menjadi guru pembimbing atau menjadi dosen di bangku perkuliahan. Selain akan memberikan gaji, profesi ini juga akan melatih kemampuan anda untuk terus belajar lebih dalam mengenai Fisioterapi.

Baca juga Pengen Kuliah Jurusan Dokter Gigi.? Yuk Kenali Lebih Dekat Jurusan ini

Konsultan

Sebagai lulusan kuliah jurusan Fisioterapi, anda juga akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi seorang konsultan fisioterapi pribadi untuk atlet atau orang yang punya kemampuan terbatas dalam melakukan aktivitas harian. Pilih profesi terapis okupasi yang membantu pasien sembuh dan bisa melakukan fungsi gerak lebih optimal yang disebabkan oleh cedera atau penyakit tertentu.

Nah bagaimana setelah mengetahui prospek kerja  dan materi kuliah dari Fisioterapi ini.? apakah anda masih tertarik untuk menjatuhkan pilihan anda pada Fisioterapi.? Apapun pilihan jurusan kuliah yang akan anda pilih nantinya, pastikan jika hal tersebut didasari dengan minat yang tinggi agar proses pembelajaran bisa jadi menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here