Mengenal Jurusan Kehutanan Buat Pecinta Alam

389

Kampung Inggris – Jurusan kehutanan merupakan satu jurusan yang akan mempelajari mengenai fungsi dan penggunaan ekosistem hutan. Ekosistem yang dimaksud dalam hal ini mulai dari teknologi kehutanan, hukum pembangunan, keanekaragaman hayati yang ada di hutan, pemanfaatan tanpa merusak hingga mengenai konservasi lingkungan.

Jurusan kehutanan ini sangat pas buat kamu yang memiliki jiwa petualang yang sekaligus juga mencintai keindahan alam. Di jurusan ini, kamu akan banyak mempelajari mengenai alam, terutama hutan. Proses belajar di jurusan ini juga akan banyak mengajak kamu menjelajah, mendaki dan menelusuri daerah daerah yang masih memiliki hutan guna materi praktikum.

 

Apa yang akan Dipelajari Di Jurusan Kehutanan.?

Nah sebelum kamu mengambil jurusan ini, kamu perlu tahu nih apa saja yang akan dipelajari di jurusan kehutanan ini. di jurusan ini, kamu akan mempelajari mengenai banyak hal yang berkaitan dengan hutan. Berikut ini terdapat beberapa departemen kehutanan yang mungkin bisa kamu temui di beberapa universitas.

 

Manajemen Hutan

Di sini kamu akan belajar mengenai bagaimana cara melakukan pengelolaan ekosistem hutan yang lestari untuk kesejahteraan rakyat.

 

Silvikultur

Di departemen silvikultur ini, kamu akan belajar mengenai bagaimana cara mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembangunan dan rehabilitas hutan sehingga meningkatkan produktivitas dan memanfaatkan sumber daya hutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Teknologi Hasil Hutan

Sedangkan di teknologi hasil hutan ini, kamu akan belajar mengenai cara mengembangka nilmu pengetahuan an teknologi yang dapat mengelola hasil hutan.

 

Lantas apa prospek kerja yang tersedia bagi para lulusan jurusan kehutanan.?

Nah bagi kamu yang penasaran dengan prospek kerja yang bisa kamu dapatkan setelah lulus nanti, berikut beberapa peluang kerja yang bisa kamu pilih jika lulus dari jurusan kehutanan.

Rekayasa Genetika

Prospek kerja yang pertama bagi kamu yang berhasil lulus dari jurusan kehutanan ini adalah rekayasa genetika. Rekayasa genetika ini bisa menjadi prospek kerja bagi kamu yang berhasil mengambil gelar sarjana kehutanan di bidang silvikultur.

Genetika hutan ini sebenarnya merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai bagaimana karakter diwariskan pada keturunannya dari sebuah tumbuhan. Dari materi pembelajaran mengenai genetika ini akan mempermudah kamu dalam melakukan mutasi atau pengembang biakan tumbuhan agar lebih menguntungkan. Jenis-jenis pohon yang melalui proses genetika bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam fungsi. 

 

Perusahaan Industri Hasil Hutan

Prospek kerja yang bisa kamu raih selanjutnya adalah bekerja di perusahaan industri hasil hutan. Perusahaan yang dimaksud di sini adalah perusahaan industri yang mengandalkan hasil hutan untuk bisnis atau usaha, seperti halnya dengan pabrik kertas.

 

Wirausaha

Sebagai lulusan jurusan kehutanan, tentu kamu juga akan memiliki peluang menjadi wirausaha, yang dimana kamu bisa membuka usaha atau berwirausaha dalam hal mengelola hasil hutan. Berbekal ilmu yang kamu pelajari semasa di bangku kuliah, kamu bisa membedakan mana hasil hutan yang berkualitas dan mana yang tidak, sehingga kamu akan lebih mudah mendapatkan hasil hutan yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

 

Petani Hutan

Prospek kerja selanjutnya, kamu bisa menjadi petani hutan yang dimana di sini kamu akan bekerja layaknya seperti petani pada umumnya yaitu memanfaatkan lahan. Namun bedanya, kamu pemanfaatan lahan dan hasil dari hutan.

Menjadi petani hutan ini sebenarnya sama saja dengan menjadi pengusaha, dimana kamu juga akan mendapatkan penghasilan setiap bulannya yang tentu akan dapat meningkat lebih banyak ketika pasca panen.

Baca juga Mengenal Jurusan Agroteknologi Sampai Prospek Kerja Lulusannya

Perusahaan Tambang

Lulusan jurusan kehutanan bisa bekerja di tambang.? Tentu saja bisa. Namun di profesi ini kamu tidak akan bekerja mencari hasil tambang melainkan kamu akan bekerja dalam mengembalikan fungsi hutan sebagaimana mestinya dari bekas bekas tambang yang sudah digarap.

Nah bagaimana setelah kamu mengenal lebih jauh mengenai jurusan kehutanan ini.? apakah kamu tertarik ingin memilihnya sebagai jurusan kuliah kamu nanti.? Apapun jurusan kuliah yang akan kamu pilih, pastikan jika jurusan tersebut sesuai dengan minat kamu, agar nantinya kamu dapat menikmati proses belajarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here